Kampung Korea Bandung: Tempat Wisatanya Para Pecinta Korea

| 23 Aug 2022 15:06
Kampung Korea Bandung: Tempat Wisatanya Para Pecinta Korea
Kampung Korea Bandung. (Foto: intipseleb.com)

ERA.id - Kampung Korea Bandung merupakan salah satu destinasi wisata di Bandung yang wajib dikunjungi para pecinta musik, drama, ataupun budaya Korea Selatan. Di Kampung Korea Bandung ini, pengunjung akan disuguhi berbagai macam hal yang khas dan mewakili Korea Selatan.

Nuansa Korea Selatan yang begitu kuat akan Anda rasakan dari beberapa hal, seperti penataan tempat, gaya arsitektur, hingga kuliner yang dihadirkan. Dengan demikian, Anda tidak perlu jauh-jauh terbang ke Negeri Ginseng tersebut untuk merasakan nuansa seperti yang ada di dalam drama Korea.

Karena fasilitas dan nuansa yang mirip seperti negara aslinya, Kampung Korea Bandung pun dijuluki dengan sebutan Little Korea. Bagi Anda yang penasaran dan mau menyaksikan daya tarik yang dihadirkan di Kampung Korea Bandung, simak pembahasannya di bawah ini hingga selesai.

Sejarah Kampung Korea Bandung

Kampung Korea Bandung didirikan pada tahun 2017 atas gagasan Ridwan Kamil yang pada masa itu menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Seperti dengan sebutannya, tempat ini didirikan dengan sebisa mungkin tetap mirip dengan nuansa dan karakter kota Seoul asli. Hal ini dilakukan karena Kampung Korea Bandung juga menjadi bagian dari program Sister City yang disepakati Kota Bandung dan Seoul.

Program Sister City ini diharapkan akan menciptakan kerjasama pariwisata yang baik antara warga di Kota Bandung dengan Kota Seoul. Selain itu, Kampung Korea Bandung juga menjadi destinasi yang bertujuan untuk menyosialisasikan budaya Korea Selatan kepada warga lokal Bandung.

Akibat pandemi Covid-19, destinasi ini sempat ditutup pada tahun 2020 lalu. Namun, Anda tak perlu khawatir, sebab pada saat ini Kampung Korea sudah beroperasi seperti semula.

Destinasi wisata ini dibagi menjadi dua area, yaitu area tradisional area modern. Area tradisional adalah area yang di dalamnya dihadirkan suasana dan nuansa Korea Selatan tempo lama. Bangunan-bangunan yang dibangun juga masih terbuat dari kayu sehingga kesan tradisional semakin kuat.

Anda juga akan melihat Bunga Mugunghwa dengan warna merah mudanya. Cocok sekali dijadikan sebagai tempat berwisata dengan orang yang spesial dalam hidup Anda.

Sedangkan area modern merupakan area yang menghadirkan suasana dan nuansa khas kota Seoul pada masa kini dengan semua kemegahannya. Pada area ini Anda akan menyaksikan bangunan-bangunan yang didesain dengan dinding berwarna cerah, kaca yang lebar, kursi taman yang dapat Anda jadikan tempat makan, dan juga hiasan lampu yang unik dan indah.

Fasilitas yang Ada di Kampung Korea Bandung

Fasilitas wisata yang dihadirkan dalam Kampung Korea Bandung cukup banyak, antara lain:

Spot Foto Estetik

Ada banyak spot foto yang estetik yang ditata pada area kawasan wisata ini. Dengan demikian, Anda bisa membawa pulang kenangan yang diabadikan dalam foto untuk diunggah di akun media sosial milik Anda. Tidak heran jika banyak para wisatawan yang mendatangi tempat ini dan bergantian mengambil foto.

Bahkan, sejak masuk kawasan wisata ini, Anda sudah menemukan spot foto. Pada area masuk Kampung Korea, Anda akan mendapati gerbang masuk yang gaya arsitekturnya mirip dengan bangunan khas Korea Selatan yang materialnya terbuat dari kayu besar dan atap yang melengkung.

Setelah melewati gerbang utama itu, selanjutnya deretan pohon Mugunghwa buatan akan Anda saksikan. Walaupun bukan termasuk pohon asli, tetapi pohon-pohon tersebut juga terlihat indah karena sudah ditata semirip mungkin dengan taman-taman di Korea Selatan pada umumnya.

Wisata Kuliner

Tentu tidak akan lengkap jika tidak mencicipi makanan khas Korea jika Anda berwisata ke tempat ini. Anda akan bisa menikmati makanan-makanan Korea yang biasanya Anda saksikan dalam drama dan film Korea seperti odeng, ramyeon, kimbap, toppoki, dan lainnya.

Berpose dengan Pakaian Tradisional Korea

Pecinta budaya Korea pastinya sudah tidak asing lagi dengan pakaian tradisional Korea Selatan yang disebut hanbok. Hanbok populer dengan desainnya yang cantik dan terdiri dari jenis-jenis warna yang indah.

Tidak hanya merasakan nuansa khas Korea Selatan, Anda juga dapat merasakan dengan langsung rasanya mengenakan pakaian tradisional mereka. Para wisatawan dapat menyewa hanbok ini selama satu jam. Dengan demikian, Anda bisa berfoto dengan pakaian tradisionalnya dan semakin membuat wisata Anda semakin menyenangkan.

Mempelajari Budaya Korea

Jika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda juga tidak hanya bisa berfoto ria, budaya Korea Selatan juga dapat Anda pelajari di kantor Hansamo yang di dalamnya terdapat komunitas pecinta budaya Korea terbesar di Indonesia. Hansamo juga sudah menerima dukungan sepenuhnya dari Konsulat Jenderal Korea Selatan. Dengan demikian, komunitas sudah aktif menggelar beragam festival atau acara kebudayaan Korea Selatan.

Dalam acara yang diselenggarakan ini, akan Anda temukan berbagai kegiatan, antara lain kursus menari tradisional, kursus bahasa, kursus menari K-Pop, dan belajar huruf Hangul.

Demikianlah pembahasan mengenai Kampung Korea Bandung yang menarik untuk dijadikan destinasi wisata bagi Anda yang menggemari budaya Korea. Tentukan hari untuk berlibur dan selamat bersenang-senang! (Reddy Suzayzt)

Rekomendasi