Film-Film Andibachtiar Yusuf, Sutradara yang Diduga Lakukan Kekerasan Terhadap Kru Perempuan

| 02 Sep 2022 21:03
Film-Film Andibachtiar Yusuf, Sutradara yang Diduga Lakukan Kekerasan Terhadap Kru Perempuan
Andi Bachtiar Yusuf [Instagram/@andibachtiar]

ERA.id - Nama Andibachtiar Yusuf tengah ramai dibicarakan karena disebut-sebut telah melakukan kekerasan terhadap kru perempuan.

Hal ini berawal dari postingan Juandini Liesmita di Story Instagramnya yang menyatakan bahwa salah satu sutradara yang menyebut dirinya sendiri sebagai "Sutradara Terganteng" telah melakukan penamparan dan mendorong salah satu kru perempuan.

Sutradara Andibachtiar Yusuf. Foto: Instagram/@andibachtiar

Andibachtiar Yusuf, sutradara yang menampar kru perempuannya, Cut Qitha akhirnya mengeluarkan klarifikasi. Dalam penjelasan panjangnya, ia memberikan bantahan atas tuduhan yang ditujukan kepadanya tersebut.

Andibachtiar Yusuf menyebutkan, sebelum insiden tersebut terjadi, ia memang sudah merasa kesal karena jumlah figuran yang sebelumnya disepakati tidak sesuai dengan kenyataan. Karena itulah ia memaksa talent coordinator agar jumlahnya dilengkapi.

Andi Yusuf Bachtiar juga tidak menyangka, jika insiden tersebut berimbas ke media sosial dan juga menyebabkan dirinya dikeluarkan dari Indonesian Film Directors Club (IFDC) atau Asosiasi Sutradara Film Indonesia.

Andibachtiar Yusuf sendiri pernah meraih beberapa penghargaan bergengsi sejak ia mengawali karier sebagai sutradara dari tahun 2003, antara lain:

-  Festival Film Indonesia 2008 kategori Film Dokumenter Terbaik

- JAFF Indonesian Screen Awards 2018 kategori Skenario Terbaik

- Piala Maya 2019 kategori Skenario Asli Terpilih

Selain itu, ia juga sudah membuat beberapa film, berikut 7 daftar film karya Andibachtiar:

Hari Ini Pasti Menang (2013)

Film ini diadaptasi dari novel karya Estu Ernesto yang bercerita tentang seorang jurnalis yang menginvestigasi bahan berita mengenai korupsi di liga utama sepak bola. penyelidikannya mengarah kepada pemain bintang yang berpotensi terlibat.

Garuda 19 (2014)

Film ini menyajikan perjalanan untuk menemukan dan mempersatukan tim nasional sepak bola U-19 Indonesia yang berambisi untuk memenangkan Kejuaraan Remaja U-19 AFF 2013 di Sidoarjo.

Love for Sale (2018)

Film drama romantis Indonesia ini bercerita mengenai seorang pria lajang dewasa yang mendapat tantangan dari teman-temannya untuk membawa pacar ke pernikahannya. Karena tidak ingin dipermalukan, ia terpaksa menggunakan situs kencan. Ia selanjutnya membawa seorang gadis yang mau menemaninya ke pesta pernikahan.

Pariban Idola dari Tanah Jawa (2019)

Film ini berkisah tentang seorang pemuda Batak bernama Moan yang sudah lama tinggal di Jakarta dan belum mempunyai pacar. Situasi ini menjadikan ibunya yang tinggal di Samosir memaksanya untuk pulang dan memintanya menikah dengan sepupunya.

Love for Sale 2 (2019)

Film ini menyajikan cerita tentang seseorang bernama Ican yang bosan dengan perjodohan yang dilakukan ibunya. Ia pun selanjutnya membawa seorang wanita dari aplikasi kencan dan mengenalkannya kepada Ros. Hubungan keluarga mereka menjadi hangat karena Arini dan Ican pun mulai senang dengannya.

Bridezilla (2019)

Film ini berkisah mengenai seorang wedding organizer yang memiliki obsesi sejak kecil untuk menggelar pernikahan yang paling mewah. Ia memiliki ambisi menjadikan pernikahan yang diselenggarakannya menjadi wedding of the year dari majalah Wedding Star.

Baby Blues (2022)

Film komedi keluarga ini ditulis oleh Imam Darto yang bercerita tentang pasangan orangtua baru yang bergelut dengan Baby Blues Syndrome setelah diberi amanah seorang anak.

Demikianlah ulasan sekilas tentang Andibachtiar Yusuf dan daftar film yang pernah dibuatnya.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi