5 Tips untuk Backpacker Pemula yang Ingin ke Singapura

| 11 Sep 2022 21:02
5 Tips untuk Backpacker Pemula yang Ingin ke Singapura
Ilustrasi Singapura. (Foto: VOI.id)

ERA.id - Singapura merupakan negara tetangga yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan Indonesia. Selain Kuala Lumpur dan Thailand, Singapura menjadi negara favorit yang kerap disinggahi oleh wisatawan asal Indonesia.

Namun, beberapa backpacker pemula biasanya masih mempunyai keraguan untuk menjelajahi Singapura, sebab biaya hidup di negeri singa ini memang cukup tinggi.

Ilustrasi liburan ke Singapura. (Foto: TripAdvisor.com)

Meskipun biaya hidup di Singapura lebih tinggi dari Indonesia dan Thailand, tapi para backpacker masih bisa berlibur di negara ini. Ada beberapa tips backpacker ke Singapura yang akan menjadikan liburan Anda terasa menyenangkan walaupun dengan budget terbatas.

Dapatkan Tiket Murah Ke Singapura

Tiket promo dengan harga yang sangat hemat bisa Anda dapatkan jika Anda membelinya untuk keberangkatan jauh-jauh hari, yaitu sekitar beberapa bulan atau bahkan satu tahun sebelum hari H. Beberapa maskapai penerbangan low cost carrier seperti Air Asia, Scoot, dan Jetstar Asia merupakan maskapai yang paling sering menawarkan tiket promo tujuan Singapura.

Anda harus rajin-rajin memantau dan berburu tiket pesawat, baik dengan cara online ataupun langsung datang ke acara travel fair yang diselenggarakan oleh beberapa maskapai penerbangan.

Saat Di Indonesia, Lekas Booking Penginapan Murah

Gunakan situs booking hotel yang sudah banyak tersedia untuk memesan penginapan murah di Singapura. Meskipun biaya hidup di Singapura cukup tinggi, tapi Anda masih dapat mendapatkan tempat menginap sejenis hostel dengan konsep dormitory dan juga shared bathroom dengan tarif 200 ribuan per malam.

Jika Anda ingin menginap di hotel tapi tetap hemat, maka sangat disarankan berangkat dengan teman agar bisa sharing cost untuk sewa kamar hotel yang dibanderol mulai dari 700 ribuan.

Anda dapat memilih penginapan di kawasan Bugis, Lavender, atau di Little India. Tidak direkomendasikan memesan hotel di kawasan elit, seperti Marina Bay, sebab harga hotel di kawasan tersebut cukup tinggi, sementara sebagai backpacker Anda harus sering-sering menghemat pengeluaran.

Sebelum Berangkat, Siapkan Itinerary

Setelah Anda mempunyai tiket pesawat dan penginapan murah, saatnya untuk merencanakan perjalanan selama Anda berada di Singapura. Itinerary sangat penting agar daftar tempat yang hendak Anda kunjungi dapat dijadwalkan dengan waktu yang Anda miliki serta perhitungan budget yang jelas.

Catatlah daftar tempat wisata dengan lokasi yang berdekatan sehingga dapat Anda kunjungi dalam satu waktu. Selanjutnya pelajarilah dan catat terlebih dahulu terkait rute perjalanan, jam operasional, dan transportasi menuju tempat tersebut beserta biaya masuknya jika ada. Hal ini untuk mengantisipasi agar Anda tidak tersesat dan waktu liburan tidak menjadi sia-sia. Selain itu, itinerary juga mengantisipasi agar Anda tidak over budget saat traveling.

Tukarkan Uang Ketika Masih Di Indonesia

Tips backpacker ke Singapura ini juga berlaku ketika Anda hendak berlibur ke negara lain. Saat Anda masih berada di tanah air, usahakan untuk menukar rupiah dengan dollar Singapura. Di Singapura, tentunya Anda bisa menemukan money changer, tetapi akan lebih baik membawa dollar Singapura dari tanah air untuk berjaga-jaga, siapa tahu saat baru menginjakkan kaki di Singapura Anda harus mengeluarkan dana mendadak.

Beli Sim Card Lokal

Karena Anda menjadi seorang backpacker, maka tidak ada tour guide yang akan memberikan panduan perjalanan untuk Anda selama di Singapura. Jadi, meskipun Anda sudah mempersiapkan itinerary yang lengkap, tetapi tidak menutup kemungkinan hal tak terduga dapat terjadi sehingga rencana perjalanan Anda akan berubah. Oleh sebab itu, penting sekali untuk mendapatkan akses internet guna mencari opsi pengganti.

Daripada menggunakan roaming kartu seluler tanah air yang sangat mahal, sebaiknya Anda membeli sim card lokal khusus turis yang cukup terjangkau, yaitu sekitar 12 SGD. Dengan masa aktif kurang lebih selama 7 hari, Anda juga dapat berbagi akses internet dengan teman-teman seperjalanan Anda.

Ada beberapa merk sim card lokal yang dapat Anda temukan, antara lain M1, Star Hub, dan Sing Tel. Ketiganya kurang lebih menawarkan kecepatan internet yang relatif sama dan bonus telepon gratis selama beberapa puluh menit. Anda dapat membeli sim card ini lebih murah via online, dan selanjutnya Anda tinggal mengambilnya ketika tiba di bandara Changi. Atau, Anda pun dapat langsung membelinya di counter bandara Changi.

Demikianlah tips-tips yang bisa Anda terapkan jika ingin backpacker-an ke Singapura. Semoga informasi ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi