Tips Jitu Dalam Mengembangkan Toko Sepeda

| 21 Sep 2022 21:29
Tips Jitu Dalam Mengembangkan Toko Sepeda
Ilustrasi sepeda (Pexels)

ERA.id - Semenjak wabah COVID-19 menyerang banyak negara, berbagai kalangan pun memulai gaya hidup baru dengan bersepeda. Maka tak heran jika saat ini banyak kalangan yang membutuhkan sepeda. Moment seperti tentu perlu Anda manfaatkan sebagai ladang bisnis dengan membuka toko sepeda. Jika modal Anda masih kurang maka silahkan memanfaatkan pinjaman bunga rendah untuk menutupinya.

Tips Membuka Toko Sepeda

Berikut merupakan beberapa tips yang perlu Anda lakukan saat ingin membuka toko sepeda. Silahkan simak penjelasannya lewat poin-poin berikut.

● Menyiapkan Budget

Biaya yang dibutuhkan untuk membuka toko sepeda tentulah tidak sedikit. Untuk menyediakan stok sepeda saja Anda membutuhkan modal puluhan hingga ratusan juta. Pasalnya, merek sepeda di pasaran mulai makin beragam sehingga Anda pun perlu menyetok sepeda dari beragam jenis merek.

Tak hanya persoalan budget untuk membeli sepeda, Anda juga perlu menyiapkan budget untuk kebutuhan biaya sewa toko, listrik dan air hingga gaji karyawan.

● Memilih Lokasi Strategis

Lokasi strategis sangat mempengaruhi pemasaran toko Anda. Pastikan untuk membangun atau menyewa ruko ataupun toko di area yang ramai penduduk. Akan lebih baik jika Anda memilih lokasi di sekitar jalan raya atau di pusat perbelanjaan.

Namun, lokasi yang strategis juga membutuhkan biaya sewa yang cukup mahal. Jika Anda terkendala budget sewa toko maka silahkan menggunakan pinjaman online bunga rendah bayar bulanan yang sudah banyak ditawarkan oleh pihak perbankan.

● Gunakan Brand atau Nama Usaha Toko Sepeda

Penggunaan brand juga sangat berpengaruh dalam mempromosikan toko sepeda. Dalam menjalankan sebuah bisnis, brand menjadi semacam identitas tersendiri sehingga bisnis dapat diketahui dan dikenali oleh konsumen secara luas.

Pemilihan nama toko juga sangat penting agar toko Anda dapat melekat kuat di tengah masyarakat. Oleh sebab itu, gunakanlah logo atau simbol yang unik dan mewakili bisnis yang Anda jalankan. Dengan begitu, konsumen pun akan lebih tertarik dengan toko Anda.

Pastikan untuk memilih logo dan nama toko yang sesuai dengan bisnis Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan jasa desain grafis untuk membuat logo toko sepeda.

● Menganalisis Berbagai Hambatan dan Risiko Usaha Toko Sepeda

Apapun bisnis yang dijalankan tentulah memiliki risiko dan hambatannya tersendiri. Oleh karena itu setiap pebisnis perlu melakukan analisa pasar untuk meminimalisir risiko yang akan dihadapi nantinya.

Beberapa rintangan yang mungkin akan hadapi saat memulai bisnis toko sepeda di antaranya seperti beberapa merek sepeda yang memiliki suku cadang yang sulit ditemukan, hingga persaingan dengan toko sepeda yang sudah lama berjalan cukup ketat.

● Sediakan Berbagai Merk Produk Sepeda dan Perlengkapannya di Toko Anda

Toko yang menawarkan berbagai jenis dan merek sepeda tentu akan lebih dipilih oleh para pembeli dibandingkan toko sepeda yang hanya memajang satu atau dua merek saja. Jadi, saat memulai bisnis sepeda, usahakan untuk menjual beragam jenis sepeda sesuai kebutuhan pasar saat ini.

Di pasaran sendiri, banyak kalangan yang mulai mencari jenis sepeda khusus untuk bertualang, khusus olahraga hingga sepeda khusus anak-anak. Oleh sebab itu, pastikan untuk melengkapi semua jenis dan merek sepeda yang paling banyak dicari saat ini.

Anda bisa menyediakan berbagai merek sepeda paling populer dan banyak dicari seperti merek Polygon, Police Texas dan lain sebagainya. Jika toko sepeda Anda menyediakan berbagai merek maka sudah pasti para calon pembeli lebih betah berlama-lama untuk memilih sepeda mana yang mereka inginkan.

● Segera Siapkan Perekrutan Calon Pegawai untuk Toko Sepeda

Langkah selanjutnya yang harus Anda persiapkan ialah mencari pegawai toko yang kompeten sesuai bidang atau jobdesk yang akan mereka kerjakan. Saat ingin mempekerjakan kasir misalnya, pilihlah kasir yang sudah ahli dalam melakukan penghitungan. Akan lebih baik lagi jika kasir yang Anda rekrut memiliki latar belakang di bidang administrasi ataupun akuntansi.

Kemudian, Anda juga perlu merekrut ahli reparasi yang sudah berpengalaman di bidang reparasi sepeda. Pastikan jika orang yang Anda rekrut memang paham betul tentang seluk-beluk sepeda. Selektiflah dalam memilih ahli reparasi, pasalnya service yang baik berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.

Penjaga toko juga dibutuhkan dalam menjalankan bisnis toko sepeda. Carilah kandidat baik itu laki-laki maupun perempuan, yang jelas mereka mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada para konsumen. Tak hanya ramah, penjaga toko juga wajib memahami deskripsi setiap merek sepeda. Dengan begitu, pelanggan pun bisa mendapatkan informasi yang akurat terkait sepeda yang mereka inginkan.

Merk Sepeda Paling Laku di Pasaran

Saat mulai menjalankan toko sepeda, cobalah untuk menawarkan berbagai merek dan jenis sepeda berikut ini. Beberapa rekomendasi sepeda berikut merupakan merek sepeda yang sangat populer dan selalu dicari oleh konsumen.

● Pacific Noris

Pacific Noris termasuk merek sepeda yang patut  dipasarkan di toko sepeda Anda. Sepeda yang satu ini dipatok dengan harga 4 hingga 5 jutaan dan termasuk jenis sepeda yang paling banyak dicari.

Desain yang kokoh serta bahan yang ringan karena terbuat dari alumunium alloy membuat Pacific Noris digemari oleh kalangan milenial. Tak hanya itu saja, sepeda ini juga memiliki fitur pedal yang sangat fleksibel, sehingga sangat nyaman digunakan.

Bila Anda ingin mengembangkan toko sepeda, maka belilah sepeda dengan brand ini dalam jumlah yang banyak. Karena sepeda merek ini, terbukti banyak dicari dan sepeda yang Anda jual akan laku keras.

● Polygon Urbano 3

Merek Polygon Urbano 3 termasuk ke dalam mid-range brand sepeda lipat terbaik saat ini. Untuk urusan kualitas, merek Polygon tak perlu diragukan lagi. Komponen-komponen pada sepeda lipat yang satu ini sudah diakui oleh banyak konsumen.

Tak heran meskipun harganya terbilang mahal, banyak kalangan tetap mengincarnya. Anda bisa memanfaatkan pinjaman online bunga rendah bayar bulanan untuk memperbanyak koleksi merek Polygon Urbano 3 pada toko sepeda berhubung pangsa pasarnya terbilang cukup tinggi.

● Wimcycle

Wimcycle termasuk merek sepeda yang terbilang legend di tanah air. Pasalnya, merek yang satu ini telah hadir sejak tahun 1972 silam. Karena sudah memiliki nama yang besar maka Wimcycle menjadi merek yang sangat populer hingga hari ini.

Hal ini tentu akan memberikan keuntungan tersendiri pada toko sepeda Anda jika menjual sepeda keluaran Wimcycle. Adapun jenis sepeda unggulan dari Wimcycle di antaranya ialah Adrenaline Agent dan Thrill Agent.

● Police Texas

Pecinta sepeda tentu sudah sangat akrab dengan merek yang satu ini. Police Texas sendiri merupakan jenis sepeda lipat yang mengusung konsep stylish dan sporty. Elemen pada sepeda yang satu ini membuat frame alloy, rim double wall alloy dan Shimano 7 SP Tourney. Merek sepeda yang satu ini dijamin akan membuat toko sepeda kamu menjadi laku keras.

 

● Evergreen 16

Meskipun memiliki harga yang relatif lebih murah dari merek sepeda lainnya, Evergreen 16 tetaplah menjadi merek sepeda yang menawarkan desain dan fitur yang tak murahan. Menariknya lagi, merek sepeda yang satu ini menyediakan berbagai macam warna sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli dari kalangan perempuan dan juga anak-anak.

● United Stylo

United Stylo juga diklasifikasikan sebagai merek sepeda lipat dengan kualitas super. Sepeda lipat ini telah dilengkapi dengan Revoshifter Power Index System serta fitur 5 Speed Power Index System di area pengoper gigi dan pemindah gigi bagian belakangnya.

Tak hanya elemen-elemennya yang super berkualitas, desain sporty dari sepeda ini juga menjadi daya tarik bagi banyak pembeli.

● Dahon SUV D6

Jangan lupa memasukkan merek Dahon SUV D6 di antara deretan merek sepeda lainnya untuk dijual di toko sepeda Anda. Dahon SUV D6 menjadi salah satu jenis sepeda yang paling banyak diincar oleh para petualang.

Kehadiran fitur frame Hi-Ten Steel membuat sepeda lipat yang satu ini semakin tangguh dalam berbagai jenis medan yang dilaluinya. Harganya juga masih tinggi, sehingga Anda akan untung besar.

● Element Ecosmo 10

Jika dibandingkan dengan jenis sepeda lipat lainnya, Element Ecosmo 10 memang memiliki tampilan yang berbeda dan cukup unik.  Bisa dibilang konsep yang diusung cukup simple tanpa memasukkan unsur motif dan hal-hal yang mencolok lainnya.

Desain simple dan minimalis inilah yang membuat banyak orang jatuh cinta dengan desainnya. Seperti yang diketahui jika konsumen dari kalangan anak muda saat ini cenderung menyukai gaya minimalis yang lebih sederhana.

Meskipun tampilannya cukup sederhana akan tetapi, kualitas dari sepeda Element Ecosmo 10 ini tak usah diragukan lagi. Sepeda ini mampu melintasi medan yang terjal sekalipun.

● Brompton M6R

Brompton M6R menjadi merek sepeda yang sangat laku di pasaran. Harga yang dibandrol untuk satu sepeda Brompton M6R memang cukup mahal yaitu berkisar 10 hingga 50 juta. Harga yang cukup fantastis ini tentu saja berbanding lurus dengan kualitas yang ditawarkan. Karena harga sepeda ini cukup mahal maka Anda perlu menyiapkan budget lebih untuk memasarkannya di toko sepeda Anda.   

Total Budget yang Dibutuhkan untuk Membuka Toko Sepeda

Berikut merupakan perkiraan rata-rata modal yang perlu Anda siapkan saat memulai bisnis toko sepeda:

Biaya sewa toko         = 30 juta

Gaji karyawan            = 8 juta (@ 2 juta untuk 4 pegawai)

Listrik dan air             = 2 juta

Pacific Noris               = 25 juta (@ 5 juta untuk 5 sepeda)

Polygon Urbano 3       = 30 juta (@ 6 juta untuk 5 sepeda)

Wimcycle                   = 30 juta (@ 3 juta untuk 10 sepeda)

Police Texas               = 25 juta (@ 2,5 juta untuk 10 sepeda)

Evergreen 16             = 15 juta (@ 1,5 juta untuk 10 sepeda)

United Stylo               = 30 juta (@ 3 juta untuk 10 sepeda)

Dahon SUV D6           = 30 juta (@ 6 juta untuk 5 sepeda)

Element Ecosmo 10    = 40 juta (@ 4 juta untuk 10 sepeda)

Brompton M6R           = 20 juta (@ 10 juta untuk 2 sepeda)

Total modal                = ± 285 juta

Pinjaman Bunga Rendah DBS KTA untuk Membuka Toko Sepeda Idaman

Berikut ini merupakan beberapa keunggulan yang bisa dinikmati oleh para nasabah saat mengajukan kredit lewat DBS KTA.

● Jumlah pinjaman yang ditawarkan hingga sebesar 300 juta.

● Bunga flat mulai 0,88 persen setiap bulannya.

● Cicilan kredit hingga 36 bulan.

● Persyaratan yang ditawarkan sangat mudah. Anda hanya perlu memastikan jika Anda merupakan nasabah yang berdomisili di wilayah Jabodetabek. Anda juga hanya perlu melampirkan bukti berupa e-KTP dan NPWP. Nasabah juga wajib memiliki pendapatan  sebesar 5 juta rupiah. Pastikan untuk memiliki kredit dari bank lain dengan limit minimal 10 juta rupiah.  

Cek  informasi selengkapnya melalui link berikut ini:  https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page. Yuk, segera ajukan pinjaman bunga rendah bersama DBS KTA untuk mewujudkan impian Anda  membuka toko sepeda.

Rekomendasi