Tips Memilih Mainan Anak untuk Mendukung Tumbuh Kembang

| 31 Dec 2023 08:05
Tips Memilih Mainan Anak untuk Mendukung Tumbuh Kembang
Tips memilih mainan anak (unsplash)

ERA.id - Memilih mainan untuk anak tidak boleh sembarangn dan menjadi sebuah keputusan yang memerlukan perhatian khusus. Lantas bagaimana tips memilih mainan anak?

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa tips penting yang perlu dipertimbangkan ketika memilih mainan untuk anak-anak, mulai dari aspek keselamatan hingga pertimbangan perkembangan.

Tips Memilih Mainan Anak

Ada beberapa tips yang dapat membantu orang tua memilih mainan yang sesuai untuk anak-anak mereka.

  1. Pilihlah mainan yang dapat digunakan dalam berbagai hal

Balita memang senang memecah, merakit kembali, menarik keluar, memasukkan, menambahkan, dan membangun. Untuk itu, mainan seperti blok kayu atau plastik yang saling mengunci memungkinkan anak bermain dengan banyak permainan yang berbeda.

Mainan jenis ini juga dapat memacu imajinasi mereka, dan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah.

  1. Carilah mainan yang akan tumbuh bersama anak

Beberapa mainan hanya menyenangkan untuk jangka waktu tertentu, tetapi mainan yang dapat menghibur pada tahap perkembangan yang berbeda akan memberikan nilai lebih.

Contohnya, figur binatang plastik bisa menjadi mainan yang menyenangkan untuk anak kecil yang membuat rumah boneka untuk mereka. Sementara itu anak yang lebih besar dapat menggunakannya untuk membuat cerita yang mereka buat sendiri.

  1. Pilih mainan yang mendorong eksplorasi dan pemecahan masalah

Bermain memang memberikan kesempatan bagi anak untuk mengembangkan keterampilan baru secara berulang. Maka dari itu, pilih ,mainan yang memungkinkan anak mencari tahu sesuatu sendiri, seperti puzzle atau blok. Mainan ini akan membantu mereka menjadi penyelesaian masalah dan mengembangkan keterampilan motorik halus mereka.

Mainan seperti puzzle dapat melatih ingatan anak Anda (unsplash)
  1. Mainan yang membangkitkan imajinasi anak

Pada usia tiga tahun, kreativitas anak sedang berkembang pesat. Untuk itu mainan seperti pakaian berpura-pura, blok, atau mainan makanan dapat membantu anak menggunakan imajinasi mereka saat mereka mengembangkan dan memainkan cerita.

  1. Berikan anak mainan yang menyerupai benda nyata

Balita selalu ingin tahu bagaimana objek di dunia mereka bekerja dan sering kali tertarik untuk bermain dengan benda-benda nyata seperti alat-alat dapur mini atau ponsel mainan. Mainan ini akan membantu mereka memecahkan masalah, belajar tentang hubungan spasial, dan mengembangkan keterampilan motorik halus.

  1. Sisipkan mainan yang mendukung kesiapan membaca

Buku, huruf abjad magnet, dan alat tulis seperti spidol atau crayon membantu anak mengembangkan keterampilan membaca dan menulis di tahap awal. Selain itu, majalah anak-anak juga dapat membangun keakraban dengan huruf dan cetakan.

  1. Pilih mainan yang mendorong anak untuk bergerak aktif

Balita biasanya akan melakukan berbagai trik fisik, untuk itu mainan seperti bola, sepeda tiga roda, atau mainan tarik dapat membantu mereka berlatih keterampilan fisik dan mengembangkan keterampilan baru.

  1. Pilih mainan yang mendukung permainan lintas generasi

Permainan papan yang melibatkan ingatan dan permainan yang tidak memerlukan membaca sangat cocok untuk dimainkan bersama anak usia 3 tahun ke atas. Permainan ini mendorong keterampilan matematika, memori, dan sosial, serta mengajarkan anak menjadi pemenang yang baik dan mengatasi kekalahan.

Dapat disimpulkan, memilih mainan yang sesuai untuk anak-anak memang melibatkan pemahaman akan tahap perkembangan mereka dan memberikan dukungan positif bagi pertumbuhan mereka. Mainan yang memenuhi kriteria ini dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan kognitif, fisik, dan sosial secara optimal.

Selain tips memilih mainan anak, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : tips mainan anak
Rekomendasi