Rekomendasi Tanaman yang Menyejukkan Rumah, Alami dan Bebas Zat Berbahaya

| 03 May 2023 23:06
Rekomendasi Tanaman yang Menyejukkan Rumah, Alami dan Bebas Zat Berbahaya
Tanaman lidah mertua, salah satu tanaman yang menyejukkan rumah (pexels)

ERA.id - Jika punya uang, cara termudah untuk membuat rumah sejuk adalah memasak AC. Namun, hal tersebut memiliki dampak kurang baik, misalnya terhadap pemanasan global. Jika ingin yang alami, Anda bisa menggunakan tanaman yang menyejukkan rumah.

Tanaman hias tertentu bisa diletakkan di dalam rumah untuk menjadi penyejuk alami, termasuk menurunkan suhu di dalam rumah. Penggunaan tanaman juga mengurangi tagihan listrik akibat penggunaan peralatan elektronik penyejuk atau pendingin ruangan.

Berdasarkan penjelasan NASA, tanaman mampu melepaskan kelembapan ekstra melalui daun saat lingkungan di sekitarnya menghangat. Proses ini disebut dengan transpirasi. Efeknya adalah membantu mengalirkan udara pengap dan menyejukkan ruangan. Dikutip Era.id dari Bobvila, ada beberapa jenis tanaman yang bisa digunakan untuk menyejukkan rumah.

Berbagai Tanaman yang Menyejukkan Rumah

·         Lidah buaya

Tanaman lidah buaya terkenal memiliki banyak manfaat, misalnya untuk rambut dan kulit. Manfaat tersebut bisa didapatkan dari gelnya. Sementara, lidah buaya secara utuh bisa bisa menyejukkan rumah. 

Lidah buaya punya kandungan air yang tinggi sehingga mampu mendinginkan ruangan, bahkan termasuk tanaman tingkat atas dalam kemampuan tersebut. Meski di dalam rumah, Anda perlu ingat bahwa lidah buaya suka dengan sinar matahari. Selain itu, tanaman ini juga perlu disiram secara teratur saat musim panas.

·         Pakis Boston

NASA Clean Air Study menemukan, tanaman pakis Boston sangat baik untuk menghilangkan polutan organik yang mudah menguap atau bahkan racun di dalam ruangan seperti formaldehida. Tanaman ini juga termasuk pelembap yang bagus.

Musuh terbesar dari pakis Boston adalah bintik-bintik kering dan cerah. Oleh sebab itu, Anda harus menempatkan tanaman ini di tempat dengan cahaya yang disaring dan menyiramnya secara teratur.

·         Ficus

Tanaman ficus memiliki daun yang lebat dan mengilap. Hal tersebut membuatnya bisa menjaga kelembapan udara di dalam ruangan dengan baik. Anda bisa mendapatkan efek layaknya pendingin mini dengan meletakkan beberapa tanaman hias di sekitar ficus. Tak beda jauh dengan sebelumnya, Anda perlu menjaga tanaman ini tetap terhidrasi jika diletakkan di bawah cahaya langsung.

·         Lidah mertua

Tanaman lidah mertua mengandung air yang banyak layaknya lidah buaya. Hal inilah yang membuatnya bisa menyejukkan rumah. Nama ilmiah dari tanaman ini adalah Sansevieria trifasciata.

Lidah buaya mampu tubuh baik di tempat yang cerah. Anda bisa mendapatkan efek penyejukkan dari tanaman ini dengan meletakkan beberapa lidah mertua di jendela.

·         Tanaman laba-laba

tanaman laba-laba, tanaman yang menyejukkan rumah (pexels)

Tanaman laba-laba merupakan tanaman hias yang mampu mendinginkan udara di dalam ruangan, bahkan menyerap racun seperti formaldehida dan xilena.

Tanaman dengan nama latin Chlorophytum comosum ini lebih cocok diletakkan di area semiteduh. Hal lain yang perlu diingat adalah menggunakan tanah yang sudah dikeringkan dengan baik sebagai media tanamnya.

·         Palem bambu

Palem bambu (Chamaedorea seifrizii) merupakan tanaman hias yang bisa menyejukkan rumah dan menjadi pelembap udara. Tanaman ini memiliki daun yang besar. Hal tersebut membuatnya bisa memberikan beberapa efek pendinginan yang baik.

Kemampuan lain dari tanaman ini adalah menyaring racun seperti benzena dan trikloretilen yang ada di udara rumah. Tanaman yang menyejukkan rumah ini bisa hidup di bawah matahari langsung, bisa juga di tempat teduh. Salah satu hal yang perlu diingat adalah penyiraman yang teratur saat musim panas.

Rekomendasi