Mau Cabai di Rumah Subur? Lakukan Langkah-langkah Penting Berikut

| 01 Oct 2022 08:08
Mau Cabai di Rumah Subur? Lakukan Langkah-langkah Penting Berikut
Image Credit: Dok. NASA

ERA.id - Walaupun rasanya cukup pedas, ternyata cabai mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Mulai dari manfaat kesehatan, hingga manfaat bagi kecantikan.

Ilustrasi. (Foto: Dok Antara)

Dalam satu buah cabe, terkandung nutrisi sebagai berikut; Natrium, Kalium, Serat, Kalori, Kalsium, Protein, Zat Besi, Magnesium, Vitamin A, B6, B12, C, dan Vitamin D. Dengan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, serta banyak juga orang-orang yang menggemari makanan pedas, cabai menjadi salah satu komoditas bisnis yang menguntungkan bagi para petani cabe.

Namun, untuk mendapatkan panen cabai yang bermutu, tentunya harus dipahami pula cara-cara yang harus dilakukan saat menanam atau menyebar benih cabai. Sebab, cabai yang bagus kualitasnya, ditentukan pula oleh cara menanam, dan juga perawatannya. Untuk info selengkapnya, simak penjelasan berikut.

Pilihlah Benih Cabai Berkualitas Baik

Agar cabai yang kita tanam cepat berbuah, hal pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan benih cabai yang berkualitas bagus. Untuk mendapatkan benih cabai, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Misalnya, dengan membeli benih cabai di toko tanaman atau langsung ke petani cabai, atau mengambilnya langsung dari buah cabai pilihan.

Jika Anda memilih untuk mengambil benih cabai dengan cara mengambil dari buahnya, pastikan cabai tersebut berasal dari induk yang berkualitas. Cirinya adalah berdaun lebat dan berbuah lebat, apabila sudah masuk fase berbuah, ambillah bagian buah cabe yang sudah benar-benar tua serta kulit bagian luar yang terlihat merah mengkilap. Tidak disarankan mengambil benih dari buah cabe yang sudah busuk.

Pisahkan Biji Cabe dari Buahnya

Jika Anda sudah memilih satu buah cabai pilihan, selanjutnya sayatlah buah cabai tersebut menjadi dua bagian. Langkah ini harus dilakukan dengan hati-hati, sebab sayatan yang keliru akan melukai biji cabai yang akan Anda gunakan sebagai bibit. Kemudian keluarkanlah biji cabe yang ada di bagian dalamnya, pilih biji yang ada di bagian tengah, sebab biji pada bagian itulah yang berkualitas.

Melakukan Penjemuran Biji Cabe

Langkah selanjutnya adalah menjemur biji cabai di bawah sinar matahari. Anda harus memastikan biji cabai tersebut berada dalam kondisi kering dengan cara diangin-anginkan. Gunakanlah tampah atau nampan dalam melakukan proses tersebut.

Seleksi Biji Cabe

Sebelum Anda menyemai bibit cabai, terlebih dulu lakukan seleksi untuk memilih bibit cabai berkualitas dan pisahkanlah bibit cabai yang tidak cocok digunakan sebagai bibit. Anda dapat melakukan cara ini dengan memasukkan biji cabe dalam air satu gelas, dan diamkan selama satu malam. Keesokan harinya, Anda bisa melihat dan memilih bibit cabai yang tenggelam sebagai bibit tanaman. Bibit yang mengambang tidak bagus untuk dipilih karena bersifat kopong.

Mulai Melakukan Penyemaian

Cara cepat yang dapat dilakukan agar bibit cabai cepat bertunas adalah dengan memanfaatkan media semai berupa tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang dan sekam. Anda bisa menggunakan perbandingan 2:1:1.

Taburkan benih di atas media tanam, tutup tipis dengan tanah campuran sehingga benar-benar tertutup. Letakkan media di ruangan yang kurang terjangkau sinar, dan tutup permukaan media semai dengan kain hitam yang berpori-poribesar. Benih akan muncul kurang lebih sekitar 3 sampai 5 hari, namun untuk bisa dipindahkan ke media tanam, tunggulah hingga tunas mencapai ketinggian 5 sampai 10 cm.

Pindahkan tunas ke Media Tanam

Anda bisa memilih dua media tanam agar cabai yang ditanam cepat berbuah. Pertama dengan media tanam pot, yang kedua dengan cara hidroponik. Namun, lebih baik Anda menanam cabe di dalam pot agar umurnya lebih panjang.

Lakukan Perawatan yang Tepat untuk Tanaman Cabai

Proses selanjutnya agar cabai yang ditanam cepat berbuah adalah dengan menerapkan proses perawatan yang tepat. Bagian ini sangat penting dan harus benar-benar dipahami karena hasil panen akan ditentukan oleh proses perawatan yang dilakukan. Semakin bagus proses perawatan yang diterapkan, maka semakin baik dan cepat pula cabai dipanen.

Nah, demikianlah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menyemai bibit cabai. Selain menjalani langkah-langkah di atas, tentunya kita butuh keuletan dan kesabaran dalam melakukan proses ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca artikel-artikel dan informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terbaru dari ERA, Media Terpercaya dan Pilihan Anda.

Rekomendasi