Cara Merebus Daun Pepaya Agar Tidak Pahit, Lakukan Langkah-langkah Berikut

| 14 Jul 2024 08:06
Cara Merebus Daun Pepaya Agar Tidak Pahit, Lakukan Langkah-langkah Berikut
Ilustrasi pepaya. (Freepik)

ERA.id - Pepaya atau Carica papaya adalah jenis buah manis dengan warna jingga yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, khususnya untuk saluran pencernaan. Tidak hanya buahnya, manfaat daun pepaya untuk kesehatan juga dicari banyak orang.

Ada banyak cara mengonsumsi daun pepaya, mulai dari jus sampai olahan makanan seperti tumis. Namun, tulang daun pepaya mengandung getah yang memberikan sensasi rasa pahit. Rasa pahit inilah yang menjadikan banyak orang enggan untuk mengonsumsi daun pepaya. Tak perlu khawatir, sebab ada cara merebus daun pepaya agar tidak pahit.

Cara Merebus Daun Pepaya Agar Tidak Pahit

Cara mengolah daun pepaya yang benar tidak hanya dapat menghilangkan rasa pahit, tetapi juga menambah rasa sedap tanpa kehilangan nutrisi. Dibandingkan daun yang lebih muda, daun pepaya tua mempunyai rasa yang cenderung lebih pahit. Oleh sebab itu, jika Anda memetik daun pepaya sendiri, sebaiknya pilihlah daun muda yang biasanya ada di bagian atas pohon. Sebelum Anda olah, pastikan Anda mencuci daun pepaya yang sudah dipetik sampai bersih.

Ilustrasi daun pepaya. (Pixabay)

Di bawah ini adalah cara merebus daun pepaya agar tidak pahit, dilansir dari laman resmi Kuliner:

  • Remas daun pepaya yang sudah Anda cuci hingga keluar getah berwarna putih
  • Cuci daun pepaya sambil tetap meremas-remasnya
  • Cucilah dengan air bersih hingga air hasil remasannya tidak berwarna hijau
  • Selanjutnya, rebus air dengan sedikit garam
  • Masukkan 3-5 ikat daun pepaya dalam campuran air garam
  • Diamkan atau tunggu kurang lebih selama 30-45 menit

Merebus daun pepaya dengan garam berguna untuk membuang rasa pahit dalam waktu relatif singkat. Selain ditambah dengan garam, rasa getir yang terkandung dalam daun ini juga dapat dikurangi dengan merebusnya tanpa penggunaan bahan lain.

Simak langkah-langkahnya berikut:

  • Rebus daun pepaya selama satu jam
  • Buang air bekas rebusan
  • Cuci dengan air dingin mengalir
  • Rebus kembali selama 45 menit
  • Buang air rebusan daun pepaya, selanjutnya siram dengan air dingin mengalir
  • Terakhir, rebus lagi 30 menit, angkat, dan masak daun pepaya sesuai dengan selera Anda

Manfaat Daun Pepaya

Mengonsumsi daun pepaya tentunya memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Ini dia manfaat makan daun pepaya:

Menguatkan fungsi pencernaan

Seperti buahnya, bagian daun pepaya memiliki kandungan banyak serat, nutrisi yang mendukung fungsi pencernaan. Dilansir Healthline, daun pepaya juga mengandung senyawa unik yang disebut sebagai papain. Papain adalah enzim yang memecah protein besar ke dalam bentuk protein dan asam amino lebih kecil dan mudah dicerna.

Senyawa ini diyakini mampu mengurangi masalah pencernaan. Bahkan, menurut studi pada tahun 2013, penggunaan bubuk papain dari daun pepaya dapat mengurangi gejala masalah pencernaan, diantaranya sembelit dan mulas pada orang dengan sindrom iritasi usus (IBS).

Menjaga kesehatan kulit

Konsumsi daun pepaya dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga kulit tetap lembut, bersih, dan terlihat awet muda. Hal ini terjadi karena kandungan enzim papain yang berperan sebagai exfoliant untuk mengangkat sel kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat. Selain itu, enzim yang terkandung dalam daun pepaya ini juga berguna untuk mempercepat penyembuhan luka, termasuk mengurangi jaringan parut pada kulit.

Memberikan efek antiinflamasi

Manfaat daun pepaya selanjutnya adalah memberikan efek anti-inflamasi atau antiperadangan. Daun pepaya mengandung berbagai nutrisi dan senyawa antiperadangan, seperti papain, flavonoid, dan vitamin E. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2008 disimpulkan, ekstrak daun pepaya secara signifikan mengurangi peradangan dan pembengkakan pada kaki tikus yang mengalami radang sendi. Meskipun demikian, belum ada penelitian khusus yang membuktikan manfaat daun pepaya dalam mengobati peradangan akut atau kronis pada manusia.

Demikianlah ulasan mengenai cara merebus daun pepaya agar tidak pahit, semoga ulasan ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi