Umur Berapa Kamu Baru Tahu, Kalau Berang-Berang Laut Berpegangan Tangan Saat Tidur? Ternyata Ini Sebabnya..

| 08 Oct 2022 08:31
Umur Berapa Kamu Baru Tahu, Kalau Berang-Berang Laut Berpegangan Tangan Saat Tidur? Ternyata Ini Sebabnya..
Berang berang laut berpegangan tangan saat tidur (unsplash)

ERA.id - Pernahkah Anda melihat berang-berat laut tidur? Perlu Anda tahu, beberapa di antara mereka tidur sambil berpegangan tangan. Mengapa berang-berang laut berpegangan tangan?

Binatang ini termasuk anggota keluarga musang yang sebagian besar waktunya dihabiskan di air. Namun, beberapa berang-berat laut ada juga yang ke daratan untuk tidur.

Mengenal Berang-Berang Laut

Kondisi fisik berang-berang laut mendukung aktivitasnya untuk lebih sering di air. Berang-berang laut punya kaki yang berselaput, bulu yang anti-air sehingga tubuh tetap kering dan hangat, dan lubang hidung serta telinga yang bisa menutup saat di dalam air. Ketika di air, berang-berang laut sering mengapung dengan posisi telentang.

Dikutip Era dari National Geographic, hal tersebut menjadi cara berang-berang laut untuk tidur, biasanya dilakukan dalam sebuah kelompok. Kebiasaan lain dari berang-berang laut yang unik adalah berpegangan tangan dengan berang-berang lain. Ada alasan kenapa hal tersebut dilakukan.

Kenapa Berang-Berang Laut Berpegang Tangan?

Dilansir North American Nature, berang-berang laut berpegangan tangan agar tidak hanyut ketika ada di air. Alasan lain adalah mereka tidak ingin kehilangan betinanya (pasangannya).

Dalam dunia percintaan berang-berang, terdapat persaingan yang ketat dari para jantan saat mencari pasangan. Hal ini tentu membuat para jantan lebih waspada.

Alasan selanjutnya berang-berang laut berpegangan tangan satu sama lain adalah melindungi diri dari pemangsa. Berang-berang laut bisa menjauh dari daratan untuk menghindari pemangsa saat saling berpegangan tangan.

Berang-berang laut tidak asal-asalan dalam memilih pasangan untuk diajak berpegangan tangan. Mereka berpegangan tangan dengan pasangan atau keluarga.

Induk berang-berang laut biasanya menggendong bayinya yang belum bisa bergandengan tangan. Ketika anaknya itu sudah semakin besar, sang induk akan menggandeng tangan anaknya sambil telentang di permukaan air agar tidak hanyut dan terpisah dari kelompoknya. Hal tersebut juga dilakukan ketika mereka tidur.

Berang-berang laut tidak bisa selamanya terjaga. Ketika anak-anaknya tidur, sang induk menggandeng tangan mereka agar tidak hanyut dan terpisah.

Ketika induk berang-berang laut berburu, anak berang-berang laut akan dibungkus dengan rumput laut. Hal tersebut dilakukan agar si anak tidak hanyut dan mudah ditemukan oleh sang induk.

Berang-Berang Laut dan Perairan

Sebagian besar berang-berang laut menghabiskan hidupnya di perairan. Induk berang-berang laut bahkan melahirkan di dalam air. Dengan kondisi fisik mereka, berang-berang tetap bisa nyaman dan aman meski selalu di air.

berang-berang laut rebahan di permukaan air (unsplash)

Meski beberapa berang-berang laut menepi untuk beristirahat, sebagian besar dari binatang ini lebih sering hidup di air. Dijelaskan sebelumnya bahwa berang-berang laut juga tidur di air. Kegiatan lain yang mereka lakukan di air adalah makan.

Ada cara unik yang dilakukan oleh berang-berang laut saat mereka makan. Mereka mengambang dengan posisi telentang, kemudian meletakkan batu di atas perut mereka.

Selanjutnya, mereka akan memukul-mukulkan kerang hasil buruannya ke batu tersebut hingga kerang pecah dan bisa diambil isinya. Berang-berang tampak sedang makan sambil rebahan.

Berang-berang laut adalah binatang karnivora. Ada cukup banyak binatang yang menjadi makanan berang-berang laut, antara lain kerang, bulu babi, kepiting, ikan, gurita, dan cumi-cumi.

Kebiasaan lain yang menggemaskan dari berang-berang laut adalah bersih-bersih. Setelah selesai makan, berang-berang laut tidak langsung tidur. Berang-berang laut membersihkan diri di lautan menggunakan gigi dan cakar.

Rekomendasi