Urutan Jabatan dalam Perusahaan, di Mana Posisimu Saat Ini?

| 10 Oct 2022 21:02
Urutan Jabatan dalam Perusahaan, di Mana Posisimu Saat Ini?
Ilustrasi meeting (Unsplash)

ERA.id - Saat mengisi posisi di sebuah perusahaan, maka Anda melakukan semua tugas yang didelegasikan bos kepada Anda. Lantas apa saja urutan jabatan dalam perusahaan?

Terdapat banyak tingkatan dan jenis pekerjaan yang berbeda, tetapi semua posisi membantu membantu operasi perusahaan sehari-hari. Dalam bisnis mana pun akan ada sebuah hierarki jabatan.

Apa Saja Urutan Jabatan dalam Perusahaan

Berbagai posisi pekerjaan memiliki wewenang atas orang lain karena posisi tingkat yang lebih tinggi akan mengelola seluruh tim orang. Terdapat tiga tingkatan utama jenis posisi perusahaan: eksekutif, manajemen, dan operasional.

Karyawan eksekutif atau C-suite menjalankan perusahaan pada tingkat setinggi mungkin. Pelajari lebih lanjut tentang lima jabatan eksekutif tingkat C ini dan tugasnya berikut

  1. Chief executive officer (CEO)

CEO memiliki wewenang atas semua karyawan lain di sebuah perusahaan. Semua eksekutif C-suite lainnya dan tim mereka harus melapor kembali ke CEO. Terkadang, chief executive officer adalah anggota dewan direksi—badan pemangku kepentingan terpilih yang memiliki sebagian besar saham di perusahaan tertentu—atau pemilik bisnis tunggal. Di lain waktu, CEO hanya bekerja untuk pemilik atau dewan.

  1. CFO

Chief financial officer bertugas mengawasi semua urusan keuangan perusahaan dan melapor kepada CEO serta ketua dewan. Dibutuhkan pengalaman bertahun-tahun di bidang akuntansi, manajemen, dan banyak pendidikan yang relevan (dicontohkan dengan sertifikasi atau gelar lanjutan) untuk mendapatkan posisi manajemen senior sebagai chief financial officer.

  1. CIO

Chief information officer (CIO) mengawasi semua teknologi informasi yang berhubungan dengan komputer untuk sebuah perusahaan. Sebagai wakil presiden senior atau chief officer di sebuah perusahaan, CIO melapor langsung kepada CEO (atau presiden) sambil mengelola tim manajer dan spesialis TI.

  1. CMO

    CMO mengawasi semua pengambilan keputusan untuk departemen pemasaran (Unsplash)

Chief marketing officer (CMO) mengawasi semua pengambilan keputusan untuk departemen pemasaran. Di bawah kepemimpinan chief marketing officer, berbagai spesialis dan manajer pemasaran menerapkan strategi media sosial, kampanye pemasaran digital, dan upaya periklanan.

  1. COO

Chief Operations Officer (COO) mengawasi semua operasi bisnis di perusahaan sebagai manajer senior. Sebagai manajer operasi harian tertinggi, mereka bekerja dengan manajer menengah (terutama manajer proyek dan manajer kantor) serta sesama karyawan C-suite untuk memastikan proses sehari-hari beroperasi dengan efisiensi maksimum.

5 Posisi Tingkat Manajemen di Perusahaan

Berikut adalah lima kemungkinan posisi di perusahaan yang mungkin Anda temukan di tim manajemen menengah:

  1. Manajer sumber daya manusia

Manajer SDM memastikan setiap karyawan menerima pelatihan dan orientasi yang memadai dan memiliki kesempatan untuk menyampaikan kekhawatiran tentang tempat kerja mereka. Mereka yang berada di manajemen sumber daya manusia mungkin juga mengawasi perekrut.

  1. Manajer teknologi informasi

    Satu manajer TI juga memungkinkan mengawasi keamanan siber (Unsplash)

 Manajer TI mungkin melapor ke CIO atau CTO. Satu manajer TI juga memungkinkan mengawasi keamanan siber, sementara yang lain mungkin secara khusus menjalankan jaringan internal untuk bisnis.

  1. Manajer pemasaran

Dengan CMO sebagai manajer umum mereka, manajer pemasaran menjalankan departemen pemasaran individu. Seseorang mungkin mengawasi tim pemasaran hubungan masyarakat yang berdedikasi, sedangkan manajer pemasaran lain mungkin mengawasi tim spesialis pemasaran khusus SEO.

  1.  Manajer produk

Manajer produk bertanggung jawab untuk mengawasi pengembangan dan peningkatan produk dalam bisnis, baik yang mencakup barang, jasa, atau keduanya.

  1. Manajer penjualan

Pemimpin tim ini memastikan perwakilan penjualan memenuhi kuota mereka, meningkatkan promosi penjualan mereka, dan beroperasi sebagai duta perusahaan yang ideal. Manajer penjualan juga mengawasi perencanaan strategis untuk tujuan penjualan jangka panjang yang lebih luas.

5 Jabatan Tingkat Operasional di Perusahaan

Posisi tingkat operasional berperan vital dalam industri tertentu untuk karyawan pemula atau karyawan baru. Pertimbangkan lima judul pekerjaan ini dan tugas profesional mereka:

  1. Asisten administrasi

Kadang-kadang juga dikenal sebagai asisten eksekutif, asisten administrasi mengatur dan merencanakan jadwal staf tingkat manajerial atau eksekutif. Mereka mungkin hanya melapor ke atasan langsung mereka atau ke kepala petugas administrasi juga.

  1. Pembukuan

Bisnis membutuhkan orang untuk melacak status keuangan mereka pada tingkat yang terperinci—di situlah tugas pemegang pembukuan. Para profesional akuntansi ini pada akhirnya dapat naik ke tingkat manajemen untuk menjadi CFO dengan hak mereka sendiri suatu hari nanti.

  1. Analis bisnis

 Perusahaan mendapat manfaat dari analisis internal untuk melihat bagaimana mereka dapat meningkatkan proses. Analis bisnis bekerja dengan COO dan departemen di bawah pengawasan mereka untuk mendorong pengembangan bisnis di semua lini.

  1. Perwakilan penjualan

Para profesional ini berada di garis depan, mewakili hari demi hari perusahaan. Bekerja sebagai tenaga penjualan membutuhkan keterampilan yang kuat dalam jaringan dan persuasi selain ketekunan.

  1. Software engineer

Programmer ini merancang perangkat lunak baru untuk perusahaan, meningkatkan program yang ada, dan memberikan jaminan kualitas untuk setiap inisiatif yang akan datang yang dikembangkan dalam kode. Insinyur perangkat lunak dapat naik peringkat untuk menjadi CTO atau bahkan CEO dari waktu ke waktu.

Selain urutan jabatan dalam perusahaan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi