Deretan Kasus KDRT Artis Indonesia, Ada yang Hampir Dilempar dari Balkon!

| 12 Oct 2022 16:08
Deretan Kasus KDRT Artis Indonesia, Ada yang Hampir Dilempar dari Balkon!
Nindy Ayunda dan Suami Askara Parasady Harsono (Instagram/nindyparasadyharsono)

ERA.id - Akhir-akhir ini, kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) sedang disoroti oleh orang banyak. Sebenarnya kasus ini banyak dialami para wanita Indonesia yang sudah berumah tangga. Namun, fenomena ini bisa dikatakan sebagai fenomena gunung es, dimana kasus yang terungkap hanyalah segelintir dari kasus kebanyakan.

Fenomena ini juga terjadi serta dialami oleh beberapa artis di Indonesia. Ada yang memutuskan untuk melaporkan kasus ini ke polisi, dan ada pula yang akhirnya mengajukan gugatan cerai ke pengadilan agama. Siapa saja artis-artis tersebut? Berikut sederetan seleb yang pernah menjadi korban KDRT.

Vinessa Inez

Pada 2017 lalu, pesinetron Vinessa Inez melangsungkan pernikahan di usia yang masih muda, 21 tahun, dengan Ryan Deye. Namun, pernikahan mereka hanya sanggup bertahan sekitar satu tahun saja.

Vinessa menetapkan untuk menggugat cerai Ryan pada bulan Januari 2019. Ia mengaku menerima kekerasan dari Ryan. Selain itu, ada pula dugaan perselingkuhan, dan upaya untuk menjauhkan Vinessa dari orangtuanya.

Vinessa menyebutkan jika dia sempat merasa trauma setelah mendapatkan tindak KDRT. Ia bahkan tak berani melaporkan kejadian tersebut ke pihak yang berwajib.

Thalita Latief

Thalita Latief mengajukan gugatan cerai atas Dennis Lyla ke Pengadilan Agama Jakarta Pusat. Perceraian tersebut dilandasi alasan karena sang suami kerap melakukan tindak KDRT dan juga pernah melakukan perselingkuhan.

Mirisnya, Dennis menjalankan tindakan kasar tersebut di depan anak mereka yang baru berumur delapan tahun.

Kabarnya, Thalita pernah dilempar dengan handphone hingga mengenai wajahnya, dan menyebabkan luka pada bibir, dan gigi yang patah. Keningnya juga pernah diadu dengan kepala mantan suaminya hingga benjol dan berdarah.

Walaupun mempunyai banyak bukti, aktris berusia 33 tahun tersebut tidak melaporkan Dennis ke polisi. Ia mengaku masih memberikan maaf untuknya.

Nindy Ayunda

Nindy Ayunda dan Suami Askara Parasady Harsono (Instagram/nindyparasadyharsono)

Pada awal tahun 2021, gugatan cerai Nindy Ayunda terhadap suaminya, Askara Parasady Harsono cukup mengejutkan netizen. Di tengah kasus narkoba yang menjerat Askara, Nindy menggugat cerai suaminya ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Tentunya banyak pihak yang terkejut mendapatkan kabar tersebut. Apalagi, selama ini, Nindy dan Askara dikenal sebagai pasangan romantis dalam berbagai kesempatan.

Namun, di balik keromantisan tersebut, pelantun lagu Buktikan tersebut memiliki luka yang cukup mendalam. Ia mengatakan sering menerima perlakuan kekerasan dari Askara, bahkan sejak keduanya memutuskan menikah.

Nindy pun selanjutnya melaporkan kasus ini ke polisi. Polisi mengonfirmasi kebenaran bahwa Nindy menjadi korban KDRT. Askara pun kemudian diresmkikan sebagai tersangka.

Yuyun Sukawati

Aktris senior Yuyun Sukawati juga menjadi salah satu artis yang pernah mendapat perlakuan kasar dari suaminya, Fajar Umbara. Bahkan ia pernah hampir dilempar dari balkon. Sebelumnya, ia pernah diludahi, dicekik, dipukul dengan frekuensi yang cukup sering. Belum lagi kata-kata kasar yang menyakiti hatinya.

Yuyun Sukawati sendiri mengaku tak pernah membalas perlakuan ataupun perkataan kasar Fajar Umbara. Selama ini ia hanya pasrah dan berusaha untuk memaafkan.

Menurut Yuyun Sukawati, tindak KDRT sudah diterimanya sejak 2019, setelah mereka menikah. Fajar Umbara disebut tak hanya sering melemparkan caci-maki dan hinaan, tetapi juga melakukan penganiaayan terhadap dirinya.

Pada akhirnya, Yuyun Sukawati tak hanya tinggal diam saat anaknya ikut menjadi korban. Saat itu, sang buah hati berupaya membelanya, dan kemudian didorong oleh Fajar Umbara.

Anak Yuyun Sukawati membalas karena tak tahan melihat ibunya selama ini diperlakukan begitu kasar. Keduanya pun kemudian adu pukul. Apa yang dialami buah hatinya juga menjadi laporan ke pihak kepolisian.

Nah, demikianlah penjelasan terkait kasus KDRT artis indonesia yang pernah terjadi. Hingga kapan pun, tindak kekerasan atau KDRT tidaklah dibenarkan secara hukum dan agama.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi