8 Syarat Menjadi Pramugari yang Harus Diketahui, Anda Berminat?

| 16 Oct 2022 12:02
8 Syarat Menjadi Pramugari yang Harus Diketahui, Anda Berminat?
Foto Terbaik Pramugari Indonesia (Instagram @pramugari_indonesia)

ERA.id - Dalam dunia penerbangan, selain pilot, profesi pramugari merupakan salah satu profesi yang cukup diminati orang banyak. Tentunya ada beberapa faktor mengapa profesi ini diincar oleh sebagian besar perempuan.

Ilustrasi pramugari. (Pixabay/Surprising_Shots)

Salah satu di antaranya adalah karena pendapatannya yang cukup tinggi. Profesi pramugari juga kerap dianggap sebagai pekerjaan yang menyenangkan karena setiap bertugas bisa “jalan-jalan”, atau mengikuti penerbangan ke setiap destinasi di berbagai wilayah.

Namun, tidak setiap orang bisa menjadi pramugari dengan mudah. Sebab, untuk diterima sebagai pramugari, ada beberapa persyaratan yang harus terpenuhi. Lantas, apa saja syarat yang harus dipenuhi seseorang untuk menjadi pramugari?

Apa Saja Syarat Umum Menjadi Pramugari?

Dilansir dari laman AVIA Kampus Penerbangan, berikut ini adalah syarat umum yang harus terpenuhi untuk diterima sebagai pramugari.

1. Memiliki pendidikan terakhir minimal SMA/sederajat

Persyaratan ini ditentukan agar Anda mampu mengikuti pendidikan dan pelatihan pramugari, serta mendapatkan ilmu penerbangan yang berguna dengan mudah saat proses seleksi.

2. Mempunyai tinggi dan berat badan ideal

Persyaratan yang wajib dipenuhi selanjutnya adalah mempunyai tinggi dan berat badan ideal. Biasanya, standar tinggi badan yang ditetapkan adalah 160 cm. Namun, setiap maskapai tentunya menentukan standar yang beragam. Hal ini dimaksudkan agar pramugari mampu bertahan atau kuat berdiri selama berjam-berjam saat menjalankan tugas.

3. Sehat jasmani dan rohani

Setiap bidang pekerjaan, tidak hanya pramugari, tentunya menetapkan syarat ini sebagai syarat umum dan mutlak. Seorang pramugari yang memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang prima tentunya akan memberikan pelayanan lebih maksimal.

4. Mampu Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya

Bahasa Inggris merupakan salah satu bekal yang cukup penting untuk menjadi seorang pramugari. Sejak proses perekrutan, wawancara yang diadakan oleh maskapai, juga sudah aktif menggunakan bahasa Inggris.

Bahkan selama masa pelatihan pun, pramugari akan melewati tes tertulis dengan bahasa Inggris. Buku panduan pramugari yang wajib dipelajari oleh calon awak kabin pesawat pun diberikan dalam bahasa Inggris.

Selain itu, dalam satu maskapai kerap kali terdapat pilot atau pramugari dari luar Indonesia. Hal ini tentunya berguna untuk memudahkan komunikasi antarawak.

5. Sertifikat Sekolah Pramugari atau Flight Attendant Training

Setiap calon pramugari wajib mengikuti program pendidikan dan pelatihan profesi pramugari. Program ini diselenggarakan agar peserta menerima sertifikat resmi yang bisa dimanfaatkan untuk melamar jadi pramugari.

6. Tidak Mempunyai Kekurangan Fisik

Sudah menjadi pengetahuan umum jika seorang pramugari sangatlah wajib berpenampilan menarik. Dengan demikian, sangat tidak diperkenankan jika terdapat kekurangan fisik seperti cacat ataupun sejenisnya. Mengapa demikian? Sebab, tugas atau proses seorang pramugari di lapangan akan terhambat.

7. Tidak merokok

Pramugari pastinya wajib menjaga pola hidup sehat, agar selalu tampil prima. Nah, sebab itulah, merokok merupakan larangan dan menjadi salah satu syarat menjadi seorang pramugari.

8. Tidak mengonsumsi obat ataupun zat adiktif lainnya

Serupa dengan larangan merokok, seorang pramugari juga sudah seharusnya terbebas dari konsumsi obat-obatan terlarang dalam kesehariannya. Sangat mengerikan bukan, jika seorang pramugari menjalankan tugasnya dalam pengaruh obat-obatan terlarang?

Nah, demikianlah sejumlah syarat menjadi pramugari yang harus diketahui bagi Anda yang tertarik untuk melamarnya. Seperti profesi pilot, pramugari merupakan profesi yang cukup mulia karena bertugas memberikan pelayanan terbaik bagi para penumpang, bahkan di masa yang darurat sekalipun.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi