Penyebab Rem Blong pada Truk dan Kendaraan Besar Lainnya

| 19 Oct 2022 20:27
Penyebab Rem Blong pada Truk dan Kendaraan Besar Lainnya
Ilustrasi truck (Unsplash)

ERA.id - Dalam hal ukuran dan berat, truk komersial cenderung mengalahkan kendaraan berpenumpang. Banyak dibutuhkan daya untuk menghentikan truk dan dan kendaraan besar, namun sayangnya tidak semua truk memiliki sistem pengereman yang baik. Lantas apa saja penyebab rem blong pada truk?

Sistem rem udara pada truk seringkali mengalami kegagalan fungsi dan menjadi penyebab kecelakaan maut. Pada beberapa kasus, sistem tersebut juga dapat mengalami kegagalan fungsi karena kesalahan pengemudi truk.

Banyak kecelakaan truk yang melibatkan masalah kegagalan rem yang melibatkan pengemudi truk yang lebih muda dan kurang berpengalaman. Untuk itu, perusahaan truk saat ini harus memastikan pengemudi mereka terlatih dengan baik dan paham tentang cara menghindari masalah kegagalan rem.

Penyebab Rem Blong pada Truk Secara Umum

Dalam beberapa kasus, pengemudi truk mengalami kegagalan rem karena kerusakan di dalam sistem rem udara. Agar sistem bekerja dengan baik dan tetap terbuka saat pengemudi truk mengemudi, rem udara membutuhkan pasokan udara bertekanan yang stabil.

Ketika sistem rem udara tidak berfungsi, maka udara terkompresi dapat berhenti masuk dan dapat menyebabkan rem terkunci.

Penyebab umum lain dari kegagalan rem udara adalah pengemudi truk menggunakan rem secara berlebihan saat menuruni bukit yang curam. Ketika seorang pengemudi truk terlalu mengandalkan rem, maka dapat panas berlebih sehingga gagal rem bahkan terbakar.

Biasanya, pengemudi truk yang berpengalaman dan terlatih menyadari bahaya menekan rem terlalu lama saat berjalan menuruni bukit. Oleh karena itu, mereka mungkin lebih mampu menghindari masalah ini daripada pengemudi truk yang lebih baru dan kurang berpengalaman.

Masalah gagal rem sangat umum terjadi di industri truk dan memainkan peran dalam hampir 30% kecelakaan truk. Oleh karena itu, perusahaan harus merekrut sopir profesional yang berpengalaman menghindari masalah kegagalan rem sehingga dapat menyelamatkan banyak nyawa setiap tahunnya.

Penyebab Rem Truk Tidak Berfungsi Secara Khusus

1. Ketidakseimbangan rem

Sederhananya, ketidakseimbangan dalam sistem pengereman truk adalah ketika satu atau lebih rem mengerahkan lebih banyak (atau lebih sedikit kekuatan) daripada rem yang lain.

Kesalahan ini biasa terjadi dalam sistem pneumatik yang menerapkan tekanan udara secara tidak merata. Ketidakseimbangan rem adalah salah satu penyebab paling umum rem blong.

2. Rem terlalu panas

Panas berlebih pada rem Anda terkadang bisa menjadi penyebab rem blong, tetapi penyebab utamanya adalah pengemudi yang menggunakan teknik pengereman yang buruk saat melakukan perjalanan menuruni bukit.

Selain mengurangi masa pakai rem Anda, teknik pengereman yang salah dapat menyebabkan kerusakan sementara saat mengontrol kecepatan kendaraan Anda.

3. Suspensi rusak

Sistem suspensi yang salah konfigurasi dapat merusak rem Anda dan menyebabkan masalah serupa pada ketidakseimbangan rem. Melembutkan suspensi Anda dapat mengurangi tekanan pada rem dan juga menghasilkan pengalaman berkendara yang lebih mulus di jalan.

4. Kelebihan Muatan

Muatan berlebih menjadi penyebab rem blong (Unsplash)

Bahkan rem terbaru dan terbaik truk tidak akan bisa menahan beban yang terlalu berat. Kelebihan muatan membuat jarak putus yang dibutuhkan menjadi terlalu besar, sehingga sistem pengereman tidak maksimal.

Bahkan satu kelebihan beban trailer saja sudah cukup untuk menyebabkan kegagalan rem. Dengan demikian, jangan mengambil resiko membahayakan jalan raya umum untuk muatan yang melebihi daya angkut truk.

5. Pelumasan

Pelumasan yang tidak memadai pada pin kaliper, klip, tab pemasangan, dan sisi belakang rem dapat membuat rem truk menjadi aus lebih cepat dari yang diperkirakan.

Selain penyebab rem blong , ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi