Apa Itu Sedekah Subuh, Keutamaan, dan Cara Melakukannya

| 21 Oct 2022 23:05
Apa Itu Sedekah Subuh, Keutamaan, dan Cara Melakukannya
Ilustrasi sedekah subuh (unsplash)

ERA.id - Beberapa waktu ini istilah sedekah subuh menjadi hal yang ramai di media sosial. Sebenarnya, apa itu sedakah subuh?

Ini merupakan sedekah yang dilakukan pada waktu subuh, tepatnya setelah menjalankan salat Subuh atau sebelum matahari muncul. Subuh merupakan waktu yang memiliki banyak keutaman untuk beribadah.

Apa Itu Sedekah Subuh?

Dalam pandangan Islam, sedekah sangat dianjurkan karena punya banyak sekali manfaat, baik bagi si pemberi maupun si penerima. Dikutip Era dari laman resmi Baznas,  sedekah bisa menyucikan harta dan jiwa. Manfaat lain dari sedekah dalam Islam adalah menolak bala, menyuburkan pahala, menahan musibah (dan kejahatan), serta mendapatkan rezeki yang berlipat dari Allah Swt.

Rasulullah saw. bersabda:

“Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.” (H.R. Imam Baihaqi).

Anjuran untuk bersedekah juga telah diperintahkan oleh Allah Swt. seperti firman Allah Swt. dalam beberapa surat di Al-Qur’an, salah satunya Al-Baqarah Ayat 261:

Artinya: "Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui."

Sebenarnya, bersedekah tidak perlu berpatokan pada waktu. Manusia, apalagi umat muslim, bisa menebar kebaikan di mana saja dan kapan saja.

Namun, terdapat kebaikan lebih ketika sedekah dilakukan saat subuh. Pada waktu tersebut, malaikat yang turun ke bumi segera mendoakan orang yang bersedekah. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah saw. bersabda:

"Setiap pagi, dua malaikat turun mendampingi seorang hamba. Yang satu mendoa: Wahai, Tuhan! Berikanlah ganti rugi bagi dermawan yang menyedekahkan hartanya. Dan Malaikat yang satu lagi berkata: ‘Ya Allah, musnahkanlah harta orang-orang yang bakhil.’" (H.R. Bukhori & Muslim).

Cara Melakukan Sedekah Subuh

Ilustrasi pemberian bantuan atau donasi (unsplash)

Ada banyak bentuk sedekah yang bisa dilakukan dalam sedekah subuh. Kebaikan bisa dibagikan dalam bentuk uang secara langsung ataupun dalam bentuk yang lain. Berikut ini adalah beberapa contoh sedekah subuh yang bisa dilakukan.

1.    Mengisi kotak amal

Setelah menunaikan salat Subuh di masjid, Anda bisa memasukkan uang ke dalam kotak amal yang tersedia di masjid tersebut. Anda tak perlu risau mengenai jumlah yang Anda masukkan. Niatkan dalam hati untuk bersedah, jumlah berapa pun akan sangat berarti nantinya.

2.    Memberikan sumbangan

Setelah menjalankan salat Subuh, Anda bisa memberikan sumbangan kepada orang yang membutuhkan. Bantuan tersebut akan sangat berharga bagi orang yang membutuhkan, bahkan beberapa orang mungkin sedang kebingungan karena tidak ada beras yang akan dimasak untuk keluarganya hari itu.

3.    Memberikan makanan

Sedekah subuh juga bisa berupa makanan. Anda bisa memberikan makanan kepada tetangga, panti asuhan, atau pondok pesantren setelah Anda menjalankan salat Subuh. Pemberian makanan pada waktu tersebut bisa menjadi sarapan yang sangat berarti bagi orang-orang yang membutuhkan.

4.    Menabung untuk orang yang membutuhkan

Anda bisa menabung setiap setelah subuh dengan niat diberikan kepada orang yang membutuhkannya. Mungkin Anda ingin memberikan uang dalam jumlah banyak kepada seseorang, panti asuhan, atau keluarga yang membutuhkan. Namun, jika kondisi keuangan Anda belum memungkinkan, Anda bisa menabungnya setiap selepas subuh. Setelah terkumpul cukup banyak, segera berikan uang tersebut kepada pihak yang Anda kehendaki tersebut.

5.    Bersedekah secara online

Setelah salat Subuh, Anda bisa memberikan uang kepada orang lain yang jaraknya jauh secara online. Sebagai contoh, orang tua yang berada di kampung halaman, sedangkan Anda sedang merantau. Saat ini sedekah subuh bisa dilakukan secara langsung dan secara online.

Rekomendasi