5 Rekomendasi Cairan Penghilang Karat dan Penyebab Besi Mudah Berkarat

| 23 Oct 2022 10:05
5 Rekomendasi Cairan Penghilang Karat dan Penyebab Besi Mudah Berkarat
Ilustrasi besi berkarat (unsplash)

ERA.id - Besi yang sudah tua sangat mudah untuk berkarat. Salah satu cara untuk menanganinya adalah dengan cairan penghilang karat. Namun, Anda juga perlu tahu penyebab karat tersebut muncul sehingga bisa melakukan pencegahan.

Ilustrasi pagar besi (unsplash)

Terkadang, besi lebih cepat berkarat karena kesalahan sendiri. Jika Anda tahu apa saja yang menyebabkan besi tersebut berkarat, perabotan atau alat-alat lain bisa lebih awet dari karat. Dikutip Era dari CekList.ID, berikut adalah beberapa penyebab besi berkarat dan rekomendasi cairan penghilang karat.

Beberapa Penyebab Besi Mudah Berkarat

1. Kualitas besi

Penyebab pertama adalah besi tak memiliki kualitas yang bagus. Anda perlu tahu seperti apa kualitas besi yang bagus dan kurang bagus. Salah satu ciri dari besi yang kualitasnya bagus adalah besi SNI.

2. Penyimpanan

Jika Anda telah memilih besi yang bagus, penyimpanan tetap harus diperhatikan. Jika cara penyimpanan yang Anda lakukan tidak tepat, besi bisa mudah berkarat. Tips penyimpanan besi agar tidak mudah berkarat adalah menyimpannya di ruang ber-AC dan minim ventilasi. Anda juga menyimpan besi di ruangan dengan kadar CO2 yang tinggi.

3. Tanpa lapisan pelindung

Salah satu cara agar besi tidak mudah berkarat adalah memberikan lapisan pelindung. Besi bisa mudah berkarat jika tidak dilapisi dengan pelindung. Salah satu contoh yang mudah dilihat, lihatlah pagar besi. Pagar yang dicat akan lebih awet (dari karat) dibandingkan besi yang tak dicat.

4. Terpapapar udara dan air

Air dan udara memiliki kemampuan untuk mempercepat pengaratan besi. Anda perlu menyimpan dan menjauhkan besi dari paparan air dan udara agar besi tidak mudah berkarat.

Rekomendasi Cairan Penghilang Karat

1. Noverox

Ini merupakan cairan penghilang karat buatan Swiss yang bisa menghilangkan dan mencegah karat pada logam besi. Cairan ini tidak mengandung bahan beracun, seperti seng, timbal, kromat, dan asam mineral. Oleh sebab itu, cairan ini dikenal ramah lingkungan.

Bahan yang digunakan tidak mudah terbakar sehingga aman dioleskan pada seluruh peralatan rumah tangga pada bagian yang berkarat. Kandungan dalam Noverox akan membentuk senyawa hitam yang stabil untuk menjaga kelembaban dan udara agar tidak terjadi karat baru.

2. Rust Combat

Merek ini tersedia dalam bentuk literan. Rust Combat tidak menyebabkan polusi saat digunakan. Bahan yang digunakan organik yang aman dan bebas bahan pelarut.

3. Carplan Rust in Peace

Cairan penghilang karat ini bisa bekerja dengan cepat dan efektif. Selain itu, Carplan Rust in Peace juga memiliki fungsi untuk mencegah karat datang lagi. Cairan ini bisa digunakan pada benda-benda otomotif, alat-alat rumah tangga, dan beli pada alat industri.

4. Waxo Tech Sports Rim

Cairan penghilang karat yang satu ini tak hanya menghilangkan karat, tetapi juga noda oksidasi dan korosi pada velg. Cara penggunaannya, cukup dioleskan pada bagian berkarat, kemudian bersihkan dengan kain halus. Cairan ini bisa digunakan pada barang-barang perkakas rumah.

5. Turtle Wax Chrome Polish & Rust Remover

Ini merupakan produk yang dikhususkan untuk menghilangkan karat pada mobil. Cara menggunakannya adalah menuangkan cairan ini sedikit demi sedikit pada kain, kemudian usapkan kain tersebut pada bagian besi yang berkarat.

Tunggu beberapa menit, kemudian seka bagian tersebut menggunakan kain microfiber. Cairan penghilang karat ini tak hanya menghilangkan karat, tetapi juga memberikan perlindungan agar kendaraan terhindar dari pemudaran dan oksidasi.

Rekomendasi