Sering Dikaitkan dengan Janda, Apa Saja Makna Warna Ungu di Dunia?

| 30 Oct 2022 12:05
Sering Dikaitkan dengan Janda, Apa Saja Makna Warna Ungu di Dunia?
Ilustrasi makna warna ungu (unsplash)

ERA.id - Kita hidup dengan berbagai tanda, simbol, dan pemaknaannya. Salah satu hal yang menjadi simbol bermakna adalah warna. Lalu, apakah makna warna ungu?

Ungu terbilang unik sebab warna ini jarang ditemukan di alam. Warna ini terbentul dari gabungan warna merah dan biru. Warna merah punya panjang gelombang tertinggi sekitar 700 nanometer, tetapi panjang gelombang warna ungu hanya sekitar 380 nanometer. Hal tersebut membuat warna ungu bisa diproses oleh mata tanpa adaptasi.

Setiap warna memiliki dampak terhadap psikologis dan mood. Warna juga dimaknai tertentu oleh suatu komunal atau masyarakat. Sebagian masyarakat Indonesia memaknai warna ungu sebagai lambang janda. Namun, apakah hal tersebut berlaku di masyarakat lain? Dikutip Era dari SehatQ, berikut adalah beberapa makna ungu.

Berbagai Makna Warna Ungu

Berbagai faktor berpengaruh terhadap pemaknaan warna. Budaya dan pengalaman manusia adalah salah satu hal yang memengaruhi pemaknaan warna, termasuk warna ungu.

1. Kemewahan dan kekayaan

Ungu merupakan warna yang identik dengan kemewahan atau dunia kerajaan. Pada zaman dahulu, pewarna ungu dibuat dari siput laut jenis tertentu. Untuk menghasilkan warna ini, usaha yang dibutuhkan sangat besar, salah satunya adalah kelangkaan sumber daya alam (siput laut). Warna ini kemudian memiliki harga yang sangat mahal.

Oleh sebab itu, hanya bangsawan yang bisa memiliki dan menggunakan warna ini. Warna ini biasanya digunakan oleh para raja dan petinggi kerajaan zaman dahulu. Oleh sebab itu, warna ungu kemudian dimaknai dengan kemewahan dan kekayaan.

2. Kebijaksanaan

Ungu juga menjadi warna yang melambangkan kebijaksanaan dan aspek spiritual. Hal yang melatarbelakangi pemaknaan ini juga berkaitan dengan langkanya sumber warna ungu di alam. Akibatnya, warna ini kerap dihubungkan dengan sesuatu yang misterius atau sulit ditebak.

Namun, warna ungu yang berbeda memiliki makna spiritual yang juga berbeda. Contoh adalah warna ungu muda yang dimaknai sebagai energi romantis, sedangkan warna ungu gelap dimaknai kesedihan dan rasa frustrasi.

3. Unik dan eksotis

Masih dilatarbelakangi kelangkaan sumber daya alam, warna ungu juga dianggap unik dan eksotis. Tak heran jika kemudian tidak semua orang bisa menerima warna ini. Terdapat polarisasi dari orang-orang yang sangat suka dengan warna ungu dan ada pula yang tidak menyukainya sama sekali.

Berdasarkan tinjauan visual, ungu merupakan warna yang paling sulit dibedakan. Selain itu, warna ini memiliki gelombang elektromagnetik yang paling kuat, bahkan di atas x-ray dan gamma ray.

4. Keberanian

Medali Purple Heart (pixabay)

Di Amerika Serikat, terdapat penghargaan tertinggi untuk tentara bernama Purple Heart. Dahulu, penghargaan ini disebut sebagai Badge of Military Merit. Orang yang membuat penghargaan ini adalah George Washington, yaitu pada 1782. Penghargaan berwarna ungi ini melambangkan keberanian dan keteguhan hati.

5. Kreativitas

Persepsi psikologis juga menilai warna ungu punya efek memancing kreativitas. Pada waktu bersamaan, efek yang dihasilkan oleh warna ungu memberikan sensasi yang menenangkan.

6. Duka

Di sebagian negara memaknai warna ungu dengan kedukaan atau kematian,  seperti Brazil. Budaya Thailand juga menghubungkan warna ungu dengan momen kedukaan.

Biasanya, wanita yang kehilangan suaminya (karena meninggal) akan memakai pakaian berwarna ungu saat berduka. Sementara, para tamu mengenakan pakaian berwarna hitam. Tak heran jika kemudian makna warna ungu di sebagian masyarakat adalah lambang janda. 

Rekomendasi