Perlengkapan Camping Keluarga yang Wajib Dibawa Saat Vakansi di Alam Terbuka

| 30 Oct 2022 11:05
Perlengkapan Camping Keluarga yang Wajib Dibawa Saat Vakansi di Alam Terbuka
Ilustrasi perlengkapan camping keluarga (Freepik/Tirakard)

ERA.id - Camping atau berkemah menjadi kegiatan yang mengasyikan bersama keluarga atau teman. Aktivitas camping kini bisa dinikmati oleh siapa saja tidak harus pendaki gunung atau pecinta alam. Telah ada banyak wisata camping ground yang mudah didatangi baik di daerah pedesaan, pegunungan, maupun pesisir pantai.

Camping bersama keluarga menjadi pilihan aktivitas liburan untuk healing dan refreshing sejenak dari kesibukan bekerja. Selain itu, berkemah bareng keluarga juga bermanfaat meningkatkan keakraban orang tua dengan anak dan saudara-saudara. Sebelum berangkat, anda perlu menyiapkan perlengkapan camping keluarga. 

Perlengkapan camping keluarga menjadi hal penting untuk keamanan dan kenyamanan saat di tempat berkemah. Perlengkapan tersebut digunakan untuk melindungi diri dari cuaca dan suhu, serta menyesuaikan medan area camping ground. 

Perlengkapan Camping Keluarga yang Wajib Dibawa

Ada beberapa peralatan dan perlengkapan camping yang wajib anda bawa ketika berkemah bersama keluarga. Anda bisa mendapatkannya di toko peralatan outdoor atau bisa menyewanya saja agar lebih hemat. 

Tenda

Tenda camping (Freepik)

Tenda menjadi salah satu perlengkapan wajib saat camping. Anda bisa membawa tenda sendiri dari rumah. Banyak store peralatan camping yang menyewakan tenda dengan biaya per hari yang bisa anda jadikan pilihan untuk memangkas pengeluaran. Jika malas membawa dari rumah, biasanya camping ground juga menyediakan penyewaan tenda. 

Pastikan kapasitas tenda yang anda pilih mampu menampung jumlah keluarga anda. Ada beragam tenda dengan kapasitas berbeda-beda, mulai dari untuk 4 orang hingga 8 orang. Sebelum menyewanya, cek terlebih dahulu kondisi tenda dan pastikan tidak ada robekan lubang atau tiang yang patah.

Matras

Perlengkapan lain yang wajib anda bawa saat camping, yaitu matras. Matras adalah lembaran alas yang berfungsi sebagai alas di dalam tenda. Matras bisa anda dapatkan dengan menyewa di toko peralatan outdoor. Harga sewa matras per satu gulungannya pun terhitung sangat terjangkau. 

Pastikan matras yang anda bawa cukup memenuhi seluruh ruang dalam tenda. Dengan adanya matras maka anda dan keluarga bisa beristiraha dengan nyaman. Tanpa lapisan matras, tidur anda akan terganggu karena tekstur tanah yang tidak rata dan dingin.

Sleeping Bag

Berkemah di tempat outdoor atau alam terbuka menuntut anda menyesuaikan diri dengan kondisi alam. Terlebih jika camping di area pegunungan, anda akan diserang dengan hawa dingin. Untuk menghangatkan tubuh, anda perlu membawa sleeping bag. 

Sleeping bag memiliki lapisan kain yang tebal sehingga dapat melindungi tubuh dari paparan udara dingin. Pakailah sleeping bag saat tidur dengan cara membungkus tubuh anda di dalamnya mulai dari ujung kaki sampai kepala. Dengan begitu, anda mendapatkan kehangatan dan dapat tidur dengan nyaman.

Alat Makan dan Masak

Alat masak camping (Freepik)

Salah satu momen menyenangkan saat camping adalah memasak dan makan bersama di alam terbuka. Oleh karena itu anda wajib membawa peralatan masak dan makan. Anda tidak perlu repot membawa alat masak rumahan karena ukurannya terlalu besar. 

Ada peralatan masak dan makan khusus outdoor atau camping yang ukurannya minimalis sehingga tidak merepotkan. Anda bisa menyewanya di toko peralatan outdoor untuk lebih hemat dibanding membelinya. Pada umumnya persewaan alat masak dan makan disediakan secara lengkap, mulai dari kompor, wajan, panci, hingga nesting. 

Senter dan Headlamp

Peralatan penting lainnya yang perlu anda bawa saat camping adalah penerangan. Lokasi camping biasanya memiliki penerangan yang terbatas karena di alam terbuka dan jauh dari pemukiman warga. 

Oleh karena itu anda perlu membawa peralatan penerangan sendiri berupa senter dan headlamp. Peralatan ini akan memudahkan anda saat beraktivitas di malam hari, misalkan memasak, pergi ke toilet, atau berjalan keliling area perkemahan. 

Demikianlah perlengkapan camping keluarga yang wajib dibawa saat berkemah. Berkemah bisa menjadi pilihan agenda liburan untuk menyepi atau bersantai di tempat yang tidak ramai. Anda bisa melakukannya bersama keluarga di akhir pekan atau waktu libur.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi