Perlengkapan Balita Saat Perjalanan Jauh yang Wajib Dibawa, Ibu Harus Paham

| 22 Jan 2023 08:20
Perlengkapan Balita Saat Perjalanan Jauh yang Wajib Dibawa, Ibu Harus Paham
Ilustrasi (Sarah Chai/Pexels)

ERA.id - Sebagai seorang ibu, Anda tentunya paham bahwa bepergian dengan bayi tidaklah sesederhana ketika Anda bepergian sendiri. Banyak sekali perlengkapan balita saat perjalanan jauh yang harus Anda sediakan, mulai dari makanan, baju ganti, botol air minum, dan lain-lain.

Walaupun banyak peralatan bayi yang wajib Anda bawa, bukan berarti bepergian dengan si Kecil menjadi hal yang rumit untuk dilakukan. Jangan hanya karena sulit membawa peralatan bayi, Anda jadi tidak mampu bepergian keluar bersama si Kecil.

Ilustrasi bayi. (Unsplash/@britishbabybox)

Sebab, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan saat bepergian dengan buah hati, antara lain dapat memperkuat bonding, membuat jalan-jalan lebih berkesan, mengenalkan si Kecil dengan lingkungan sekitar, dan lain sebagainya.  

Bagi sebagian Ibu, mungkin merasa bingung apa saja peralatan bayi yang harus disiapkan saat bepergian. Sebab, Anda mungkin menganggap akan banyak sekali peralatan yang harus disediakan. Namun, ternyata mempersiapkan peralatan bayi untuk bepergian tidak serumit itu, asalkan Anda memahami daftar peralatan bayi secara prioritas.

Nah, untuk mempermudah Anda dalam memilih peralatan bayi yang harus dibawa saat bepergian, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Daftar Perlengkapan Balita Saat Perjalanan Jauh

Berikut merupakan beberapa peralatan bayi yang sebaiknya Anda bawa saat hendak bepergian ke luar rumah, antara lain:

Popok

Peralatan bayi yang sangat penting untuk dibawa adalah popok. Saat bepergian, apalagi jika dalam waktu yang cukup lama, si Kecil pasti akan buang air kecil atau bahkan buang air besar, sehingga Ibu memerlukan popok pengganti agar menjadikannya tetap nyaman. Agar lebih nyaman, sebaiknya Ibu membawa 2-3 buah popok ke dalam tas yang berisi perlengkapan bayi untuk durasi bepergian setengah hari atau selama seharian.

Baju Ganti

Peralatan bayi pertama yang harus Ibu bawa adalah baju ganti si Kecil. Kondisi pakaian yang tidak nyaman seperti terkena bekas muntahan dan minuman dapat menjadikan si Kecil menjadi rewel dalam perjalanan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk membawa baju ganti sekitar dua atau tiga pasang ke dalam tas berisi peralatan bayi.

Peralatan Makan

Peralatan makan termasuk perlengkapan bayi yang harus tersedia jika si Kecil sudah mengonsumsi MPASI. Peralatan bayi ini dapat mencakup sendok dan tempat makan khusus MPASI si Kecil. Ketika ia lapar, Ibu dapat menyediakan makanan yang mudah dipersiapkan seperti pisang, alpukat, atau MPASI yang disiapkan dari rumah. Membawa peralatan makan sendiri dapat mengurangi kemungkinan si Kecil mengalami masalah sanitasi.

Toiletries

Dalam toiletries ini, peralatan bayi pada urutan pertama yaitu tisu basah. Saat Ibu kesulitan mendapatkan air untuk membersihkan bekas makan atau menggantikan popok si Kecil, peralatan bayi yang satu ini tentu akan sangat membantu.

Namun, Anda perlu memperhatikan pemakaian tisu basah pada si Kecil. Pastikan tisu tersebut tidak terdapat kandungan bahan kimia berbahaya yang dapat membuat alergi. Selain itu, Anda juga dapat menyiapkan peralatan bayi lain, seperti minyak telon, bedak, sabun, dan lain sebagainya agar si Kecil terus merasa nyaman.  

Alas atau perlak kecil

Alas atau perlak ini juga tidak boleh ketinggalan di dalam tas berisi peralatan bayi. Saat hendak menggantikan baju dan popok si Kecil, alas ini bermanfaat agar tidak ada noda yang tertinggal di kursi mobil ataupun di tempat nursery room umum.

Kantong Plastik

Ketika si Kecil dibersihkan setelah makan, muntah, atau buang air besar di dalam mobil, tentunya Anda membutuhkan wadah sementara untuk membuang bekas tisu dan popok sekali pakai. Dalam kondisi itulah Anda memerlukan kantong plastik. Selain dapat menyimpan pakaian basah, peralatan bayi yang satu ini dapat mencegah bau tak sedap baju dan popok kotor.

Selimut

Saat musim pancaroba, cuaca sangat sulit untuk diprediksi. Sebagai antisipasi, Anda dapat membawa peralatan bayi berupa selimut untuk berjaga-jaga jika temperatur udara secara tiba-tiba menurun. Bayi masih mempunyai lapisan kulit yang sangat tipis, sehingga sulit untuk menangkal suhu ekstrem.

Stroller

Peralatan bayi lain yang tak kalah penting adalah stroller. Saat sudah lelah menggendong si Kecil, Anda dapat meletakkannya di dalam stroller. Selain itu, Anda juga dapat menyertakan mainan di kantung atau kolong stroller untuk menghibur si Kecil ketika bosan.

Pompa ASI

Anda juga dapat memasukkan pompa ASI ke dalam tas peralatan bayi. Barang ini sangat dibutuhkan untuk membantu aliran ASI tetap lancar saat Ibu kembali ke rumah. Selain itu, memompa ASI juga menjadi langkah tepat untuk memastikan kebutuhan si Kecil terpenuhi dengan baik.

Demikianlah penjelasan tentang perlengkapan balita saat perjalanan jauh yang harus disiapkan. Semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi