Tips Solo Camping untuk Pemula yang Harus Diketahui

| 23 Jul 2023 12:10
Tips Solo Camping untuk Pemula yang Harus Diketahui
Ilustrasi solo camping (Pixabay)

ERA.id - Solo camping adalah istilah keren dari hobi berkemah yang dilakukan seorang diri. Solo camping juga bisa Anda pilih sebagai cara sempurna untuk memanfaatkan waktu berkualitas dengan diri sendiri atau quality time. Kegiatan ini memberikan beberapa manfaat daripada kemah yang biasanya dilakukan bersama-sama, antara lain dari segi waktu lebih fleksibel, dapat dilakukan sesuai dengan kadar kemampuan fisik dan lebih bisa menikmati alam secara lebih lama. Apa saja tips solo camping yang dapat dilakukan?

Tips Solo Camping

Bagi seorang pemula, solo camping mungkin menjadi hal yang menakutkan sebab semua hal harus disiapkan secara mandiri tanpa bantuan orang lain. Padahal, ketika Anda memahami ilmu yang benar mengenai solo camping, aktivitas ini sangatlah seru dan tentunya membuat ketagihan.

Ilustrasi Solo Camping (Pixabay)

Di bawah ini adalah lima tips solo camping yang bisa Anda terapkan:

Menentukan lokasi camping yang aman dan nyaman

Salah satu aspek terpenting dari solo camping yaitu memilih tempat perkemahan yang aman dan nyaman. Hal itu penting terutama bagi seorang pemula agar mampu beradaptasi dengan karakter solo camping dan mendapatkan kesan yang baik dalam aktivitas ini.

Tentukanlah tempat perkemahan di tanah yang datar dan sudah aman dari kehadiran predator liar dan tanaman beracun. Selain itu, jangan lupa untuk meminta izin yang mungkin diperlukan untuk berkemah di lokasi tersebut, karena tak jarang ada beberapa tempat yang dilarang untuk berkemah.

Buat perencanaan rute dan perhatikan prakiraan cuaca

Karena Anda tidak ada pemandu atau teman yang akan menemani, pengetahuan akan rute yang akan dituju juga merupakan hal krusial. Sebelum solo camping, pastikan Anda survei rute atau minimal sudah memahami rute lokasi yang hendak digunakan untuk camping.

Jangan sampai tujuan Anda untuk berlibur dan bersenang-senang, justru mendapatkan insiden buruk seperti tersesat. Dengan mengerti rute, Anda juga bisa menentukan jalan yang paling efektif untuk mencapai lokasi yang dituju. Selain itu, penting juga Anda mengecek prakiraan cuaca di lokasi tersebut, agar bisa menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan.

Bawa perlengkapan sesuai dengan kebutuhan

Idealnya solo camping tidak dilakukan dalam jangka waktu yang lama, yaitu dalam rentang 1-3 hari saja. Tentu dengan waktu yang tidak begitu lama, Anda tidak perlu membawa barang bawaan dan perbekalan yang begitu banyak, termasuk pakaian.

Bawalah perlengkapan sesuai kebutuhan dan bekal makanan secukupnya, serta peralatan keselamatan seperti P3K. Peralatan tenda, sleeping bag, matras dan barang lain usahakan masuk kategori barang ultralight atau berbobot ringan, hal itu dilakukan agar tidak terlalu terbebani dan tidak memakan banyak ruang.

Jangan lupa memberi tahu orang terdekat sebelum solo camping

Komunikasikan agenda solo camping kalian kepada orang dekat, teman atau orangtua Anda. Hal itu juga penting agar Anda diketahui keberadaannya dan memudahkan pencarian apabila kemungkinan buruk terjadi.

Karena, ketika solo camping termasuk aktivitas yang cukup berisiko, tentu perlu peran dari teman Anda atau orangtua untuk mendukung dan mendoakan Anda agar lancar dan selamat selama kegiatan berlangsung.

Bawa barang kesukaan dan jaga kebersihan lingkungan

Suasanaya yang sunyi dan hening saat camping tentu akan menjadi hal yang membosankan bahkan menakutkan untuk sebagian orang. Maka, tidak ada salahnya Anda membawa barang favorit Anda seperti buku, kamera, music player atau permainan lainnya agar Anda punya aktivitas untuk mengisi waktu selain menikmati keindahan alam.

Hal yang terakhir, sebagai bentuk tanggung jawab kepada alam, maka jangan tinggalkan satu pun sampah di lokasi kamping Anda. Hal itu menjadi kewajiban yang harus Anda perhatikan, agar lokasi yang Anda tempati tetap bersih dan terjaga kelestariannya.

Demikianlah penjelasan tentang tips solo camping yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi