Beberapa Rest Area Jakarta-Bandung yang Bisa Dijadikan Pilihan

| 28 Oct 2022 21:20
Beberapa Rest Area Jakarta-Bandung yang Bisa Dijadikan Pilihan
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

ERA.id - Bagi Anda yang pernah merencanakan bepergian atau mudik menggunakan kendaraan pribadi, tentunya memahami dengan baik apa yang disebut rest area. Rest area sendiri merupakan tempat yang biasanya difungsikan untuk beristirahat selama perjalanan berlangsung. Bagi yang bepergian dari jauh tentunya memerlukan istirahat untuk menjaga kondisi tubuh. Selain itu juga agar mesin kendaraan tetap dalam keadaan stabil.

Dalam Peraturan Menteri PUPR Nomor 10 Tahun 2018 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan pada Jalan Tol,  disebutkan setidaknya ada tiga tipe rest area yang ada di Indonesia, antara lain tipe A, B, dan C. Tipe A merupakan rest area dengan tempat yang luas serta fasilitas yang lengkap.

FOTO VIA ANTARA

Luas areanya dapat mencapai minimal 3 hektar dengan lebar minimal 100 meter. Fasilitas yang disediakan di dalamnya antara lain ATM, minimarket, toilet, kios, tempat ibadah, area parkir, restoran, hingga ruang terbuka hijau.

Untuk tipe B, terdiri dari area yang lebih kecil daripada tipe A, sedangkan fasilitas rest area  yang disediakan di dalamnya meliputi ATM center, toilet,  mushola, restoran, warung atau kios, minimarket, ruang terbuka hijau, serta tempat parkir.

Tipe C mempunyai area paling kecil, dengan luas minimal 2.500 meter persegi dengan lebar minimal 25 meter.

Rest Area Jakarta-Bandung

Tol Jakarta - Bandung merupakan ruas yang diperkirakan akan sangat padat setiap momen mudik. Sebab, di masa ini, volume kendaraan yang masuk terbilang sangat besar. Oleh karena itulah, keberadaan rest area Jakarta - Bandung akan sangat bermanfaat sebagai tempat istirahat untuk pemudik.

Dalam artikel kali ini akan disajikan secara singkat daftar rest area Jakarta - Bandung yang tersedia, baik ke arah Jakarta ataupun ke arah Bandung. Rest area yang terdapat di ruas tol ini tentu berbeda-beda tipenya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya di bawah ini.

Arah Jakarta

Untuk rest area Jakarta - Bandung menuju arah Jakarta, sebenarnya ada beberapa lokasi yang dapat Anda gunakan.

Diantaranya rest area KM 125, KM 72B, KM 88B, KM 97, dan beberapa rest area lain yang disediakan di sepanjang ruas jalan tol tersebut. Namun, dari sekian banyak rest area yang tersebar di berbagai titik strategis, rest area KM 97 dan rest area KM 88B merupakan rest area yang memiliki area luas dan lega.

Fasilitas yang disediakan antara lain SPBU, tempat makan yang lengkap, ATM Center,  toilet yang banyak dan bersih, dan juga area parkir yang luas. Namun, rest area ini dapat dikatakan cukup padat karena fasilitas yang lengkap dan letaknya pun strategis.

Untuk singgah dan beristirahat di sana, pastikan Anda sudah merencanakan jadwal perjalanan yang tepat sehingga ketika  beristirahat cenderung sepi.

Arah Bandung

Dengan waktu tempuh ideal 3 hingga 4 (dapat mencapai 6 jam saat macet), keberadaan rest area ke arah Bandung tentunya sangat diperlukan untuk beristirahat. Ada beberapa rest area yang berposisi di titik strategis, antara lain rest area KM 32, KM 52, KM 42, dan KM 72.

Bagi Anda yang hendak istirahat dalam waktu yang lama dan ditunjang dengan fasilitas lengkap, dapat menggunakan rest area yang berlokasi di KM 72. Rest area ini tersedia area parkir yang luas sehingga daya tampungnya besar.

Hal ini juga didukung dengan tersedianya berbagai fasilitas penunjang, seperti toilet yang banyak, tempat ibadah, serta fitur pembayaran yang memanfaatkan dompet digital.

Demikianlah ulasan mengenai rest area Jakarta-Bandung yang bisa dijadikan pilihan saat Anda melakukan perjalanan. Tidak kalah penting, hindari mengemudi di saat Anda sudah diserang kantuk.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi