Prihatin Orang Bertubuh Mini Sering Diperlakukan Tak Adil, Ucok Baba Bentuk Komunitas UBI

| 12 Nov 2022 14:33
Prihatin Orang Bertubuh Mini Sering Diperlakukan Tak Adil, Ucok Baba Bentuk Komunitas UBI
Ucok Baba (YouTube)

ERA.id - Ucok Baba mengaku prihatin dengan orang-orang bertubuh mini sepertinya sering diperlakukan tidak adil. Berangkat dari keprihatinan tersebut, Ucok Baba akhirnya membantu komuntas yang khusus untuk membantu orang bertubuh mini.

"Iya, saya ada perkumpulannya (orang mini). Kami ini adalah orang-orang yang dimarginalkan di Indonesia. Ketika aku ke Malaysia, aku lihat terprogram sekali orang yang punya fisik berbeda, sangat dipedulikan di sana. Aku berpikir, di Indonesia kenapa tidak?" ujar Ucok Baba saat tampil di Tonight Show, dilansir dari YouTube Net TV.

"Jadi aku kumpulin (orang bertubuh mini), saya buka komunitas UBI, Unik Berkarya Indonesia," tambahnya.

Tujuan Ucok Baba membentuk komunitas tersebut adalah untuk memberi ruang kepada orang bertubuh mini bisa berkarya. Ia ingin menunjukkan bahwa orang spesial seperti mereka juga memiliki kesempatan yang sama dengan orang pada umumnya.

"Jadi tujuannya itu dibuat karena banyak orang-orang mini ini, teman-teman saya mereka sarjana, tapi setelah itu tidak tahu arahnya ke mana. Inilah aku mau buktikan, kalau mereka punya kesempatan yang sama sebenarnya," jelasnya.

Melalui komunitas tersebut, Ucok Baba mengaku sudah mempekerjakan sejumlah orang bertubuh mini dengan gaji memadai. Ia juga sempat membawa sejumlah orang mini di komunitas tersebut ke Malaysia, untuk melihat orang seperti mereka di negara tersebut.

"Orang-orang mini itu sekarang sudah hampir 30 orang saya pekerjakan dengan gaji UMR, jadi itu tujuan saya. Bahkan kemarin saya bawa mereka ke Malaysia, 62 orang, supaya ada pertukaran budaya. Supaya mereka tahu orang-orang mini di Malaysia juga," pungkas Ucok Baba.

Rekomendasi