Biaya Hidup di Bali Ternyata Tidak Terlalu Mahal-Mahal Banget

| 16 Nov 2022 21:00
Biaya Hidup di Bali Ternyata Tidak Terlalu Mahal-Mahal Banget
Ilustrasi Bali (Freepik)

ERA.id - Biaya hidup di Bali bagi kebanyakan orang akan menganggap tinggi. Padahal tidak selalu demikian, ERA akan mencoba untuk menguraikan beberapa skenario berbeda tentang biaya hidup Anda di Bali.

Apabila Anda memilih untuk pindah ke Bali. Artikel ini adalah perkiraan biaya hidup yang akan berfluktuasi dan beberapa orang akan hidup lebih murah dari yang disebutkan di sini.

Artikel ini akan memberi Anda gambaran tentang hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan saat membuat anggaran untuk kemungkinan hidup di Bali.

Biaya Hidup di Bali

  1. Tempat Tinggal

Banyak pilihan yang luas dan beragam soal tempat tinggal di Bali. Anda dapat menyewa kamar sederhana di dalam homestay, hingga vila mewah dengan fasilitas lengkap. Memiliki tempat tinggal di di salah satu daerah wisata utama di Bali umumnya lebih mahal.

Kamar sederhana di home stay di pusat wisata utama di Bali akan dikenakan biaya sekitar Rp4 juta per bulan. Tempat tinggal tersebut sudah termasuk AC, air panas, dapur kecil, dan koneksi WIFI.

  1. Transportasi di Bali

Ada beberapa pilihan untuk memutuskan bagaimana Anda akan berkeliling di Pulau Bali. Anda dapat sewa skuter atau sepeda motor yang bisa menjadi pilihan yang paling ramah anggaran.

Untuk sewa sepeda motor harga mulai dari sekitar Rp600 ribu tiap bulannya, yang sudah meliputi asuransi dan servis.

Kemudian Anda dapat menyewa mobil dengan tarif mulai dari sekitar Rp3 juta per bulannya, yang juga sudah termasuk asuransi dan servis. Namun semakin besar dan mewah mobil yang Anda sewa, maka harga sewa bulanan Anda akan semakin mahal.

  1. Makanan di Bali

    Makanan di Bali masih tergolong murah (Freepik)

Makanan adalah bagian besar lain dari anggaran Anda dan soal berapa banyaknya yang dibelanjakan juga bisa sangat bervariasi. Jika menyewa tempat dengan dapur, Anda dapat memilih untuk memasak dan beberapa di antaranya dengan membeli.

Sebagai patokan nasi goreng ukuran sedang dengan daging di bali dijual dengan harga Rp10 ribuan hingga Rp20 ribuan. Selain itu masih banyak pilihan makanan lokal di daerah Anda seperti warung atau pasar malam.

Selain itu, Bali juga penuh dengan restoran, kafe, dan tempat berstandar dunia. Kuliner adalah bagian dari gaya hidup di Bali. Dan rata-rata makanan restoran di Bali sekitar Rp50 ribuan namu soal harga bisa sangat bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Angka tersebut adalah biaya makan rata-rata di banyak tempat makan.

  1. Hiburan

    Pantai Nusa Penida Bali (Freepik)

Poin Ini tergantung pada bentuk hiburan pilihan Anda. Jika Anda ingin nongkrong di pantai atau menjelajahi air terjun, minum bir, dan makan makanan lokal, anggaran hiburan Anda mungkin sekitar Rp100 hingga Rp200 ribuan seminggu.

Namun jika Anda suka berpesta di bar, klub, dan klub pantai yang lebih mewah, atau menikmati Brunch Minggu yang mewah, anggaran hiburan Anda harus jauh lebih tinggi.

Sebagaimana diketahui, minuman beralkohol di Indonesia mahal, jadi jika Anda ingin minum anggur dan minuman beralkohol impor, maka akan berdampak banyak pada anggaran yang diperlukan untuk hiburan.

  1. Olahraga

Keanggotaan gym di Bali juga bervariasi di sekitar Pulau, tetapi Anda dapat menemukan gym yang cukup lengkap dan lengkap dengan harga sekitar Rp200 ribuan per bulan. Namun jika gym bukan pilihan Anda, masih ada kelas tari, panahan, selancar, dan lainnya untuk membuat Anda tetap bugar dan terhibur.

Selain biaya hidup di Bali, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi