Rudy Salam Alami Depresi Sebelum Meninggal Dunia, Chris Salam: Dia di Rumah, Malas Ngapa-ngapain

| 18 Nov 2022 16:13
Rudy Salam Alami Depresi Sebelum Meninggal Dunia, Chris Salam: Dia di Rumah, Malas Ngapa-ngapain
Chris Salam (Foto: YouTube/Jakartashowbiz)

ERA.id - Aktor senior Rudy Salam meninggal dunia pada Jumat (18/11/2022) di usia 73 tahun. Saat ini, jenazah berada di rumah duka Rumah Sakit Primaya PGI Cikini. Rencananya, jenazah akan dimakamkan di Salatiga, Jawa Tengah pada Sabtu (19/11/2022).

Istri Rudy Salam, Marina Gardena mengatakan suaminya ini mengalami depresi semenjak 7 tahun lalu. Sama seperti pernyataan dari Marina, adik Rudy Salam, Chris Salam mengatakan bahwa kakaknya mengalami depresi. 

Chris Salam mengatakan bahwa kakaknya awalnya malas untuk melakukan aktivitas dan lebih nyaman berada di rumah. 

"Mas Rudy itu sakitnya sebenarnya pertama ada istilahnya malas ngapa-ngapain, mungkin istilahnya depresi. Jadi dia di rumah aja," ujar Chris Salam, saat dikutip dari kanal YouTube Jakartashowbiz.

Chris Salam (Foto: YouTube/Jakartashowbiz)
Chris Salam (Foto: YouTube/Jakartashowbiz)

Terlalu nyaman berada di rumah dan malas beraktivitas, Chris Salam menyebut bahwa paman Gading Marten ini mengalami susah gerak selama tiga tahun belakangan ini.

"Dia nggak mau gerak, lama kelamaann masa ototnya hilang. Kalau kita nggak pernah gerak ya itu dia jadi makin pesimis hidup. Sakit dia nggak mau gerak, hampir 3 tahun. Makanya dia menghilang sama sekali dari dunia hiburan Tanah Air," kata Chris Salam.

Chris Salam menduga susah gerak itu menjadi pemicu wafatnya Rudy Salam. Sebelumnya, pihak keluarga juga sudah membawa Rudy Salam ke rumah sakit untuk pemeriksaan. Ketika diperiksa, Rudy tidak mengidap penyakit apa-apa.

"Semuanya sehat sudah dicek, semuanya sehat. Katanya dia dulu sih dia selalu pusing, jadi senangnya tidur. Karena senang tidur, masa ototnya hilang. Pas dia pengen gerak udah nggak bisa, itu kan tahunan ya kayak gitu. Tapi waktu diperiksa semua ya normal," jelas Chris Salam.

Bintang film Ratu Buaya Putih ini mengatakan bahwa susah gerak yang dialami Rudy Salam ini karena pengaruh psikis. 

"Tapi waktu diperiksa semua ya normal, menurut saya lebih banyak psikis," kata Chris Salam.

Sang aktor senior menyebut jika kakaknya akan dimakamkan di Salatiga. Rencananya, jenazah Rudy bakal diberangkatkan dari Jakarta ke Salatiga malam ini. Ia dikuburkan dekat makam ayah, ibu dan kakaknya di Salatiga.

"Iya dimakamkan Salatiga. Karena kalau nggak salah dari istrinya, (Rudy Salam) pengin di Salatiga. Ada papi, mami, kakak saya disana. Mungkin dia ingin merasa dekat dengan keluarga. Nanti setelah ibadah, diberangkatkan besok," ujar Chris Salam.

Rekomendasi