Profil Rudy Salam, Aktor Lawas Kakak Roy Marten yang Meninggal Dunia di Usia 73 Tahun

| 18 Nov 2022 11:13
Profil Rudy Salam, Aktor Lawas Kakak Roy Marten yang Meninggal Dunia di Usia 73 Tahun
Rudy Salam (Foto: Instagram/@runasalam)

ERA.id - Aktor senior berbakat Rudy Salam meninggal dunia di usia 73 tahun di Rumah Sakit Harum pada hari ini, Jumat (18/11/2022) pukul 06.04 WIB. Kini, Rudy Salam disemayamkan di rumah duka PGI Cikini, Jakarta Pusat.

Kabar duka ini disampaikan langsung oleh Gading Marten dan Roy Marten di Instagram pribadinya. Roy Marten membagikan foto kenangannya bersama Rudy Salam ketika masih muda. Ia mengabarkan bahwa pria bernama lengkap Rudy Sutantio Abdul Salam ini sudah kembali ke hadapan sang pencipta. 

"Tuhan yang memberi Tuhan pula yang mengambil telah berpulang kerumah Bapa disurga tertidur dalam keabadian ditempat dimana tdk ada lagi penderitaan dan kesedihan kakakku yang tercinta Rudy salam kekallah kenanganmu," tulis Roy Marten, dikutip dari akun Instagram @roymarten5213.

Sementara itu, Gading Marten juga membagikan kabar duka itu lewat unggahan di Instagram pribadinya. Mantan suami Gisel ini membagikan potret lawas Rudy Salam ketika masih muda. Ia juga berdoa agar mendiang mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan.

"Rest In Peace om Rudy Salam. Kekallah kenangannya Tuhan kasihanilah," tulis Gading Marten, dikutip dari akun Instagram @gadiiing.

Rudy Salam nampaknya sudah tak asing lagi di dunia film. Pria yang memeluk agama Kristen Protestan ini hidup bahagia bersama istrinya, Marina Gardena. Dari pernikahan itu, keduanya memiliki dua orang anak, Runa Salam dan Rama Prakarsa Salam.

Kakak kandung dari Roy Marten ini menjadi salah satu aktor ternama di Indonesia. Pria yang lahir pada 3 Desember 1948 ini masa mudanya sangat tampan rupawan dan banyak digilai para wanita. Selain aktor, ia juga pernah menjadi model. 

Aktor lawas ini mempunyai saudara yang terjun di industri hiburan Tanah Air, yakni Roy Marten dan Chris Salam. Rudy Salam mengawali karier sebagai aktor pada 1970-an, dengan perdana membintangi film Jakarta yang dirilis pada 1977.

Ditahun yang sama, ia membintangi sejumlah film, diantaranya Kisah Cinta Nyi Blorong, Sejuta Duka Ibu, Ketika Cinta Harus Memilih, Sundel Bolong, Serigala, Garis-Garis Hidup, Mama Cake, Rosita, Sejuta Serat Sutera hingga Siapa di Atas Presiden?.

Selain perfilman, Rudy Salam juga memainkan sejumlah sinetron, yakni Pernikahan Dini, Buku Harian Nayla, Pengantin Remaja hingga Candy. 

Selain itu, Rudy Salam juga pernah menjadi pengacara. Selain menjadi aktor, ia pernah menjajakan kariernya sebagai pengacara. Ia pernah menjadi pengacara saat kasus menimpa adiknya, Roy Marten terkait kasus penyalahgunaan narkoba. Ia sangat setia membantu adiknya supaya mendapatkan keringanan hukuman.

Rekomendasi