Biodata Putu Ayu Saraswati, Putri Indonesia Lingkungan yang Pandu Petinggi G20

| 18 Nov 2022 18:03
Biodata Putu Ayu Saraswati, Putri Indonesia Lingkungan yang Pandu Petinggi G20
Putu Ayu Saraswati, Putri Indonesia Lingkungan 2020 (Instagram @ayusarasw)

ERA.id - Putu Ayu Saraswati menjadi pemandu para delegasi G20 ketika berkeliling di Tahura Bali. Biodata Putu Ayu Saraswati pun menjadi perhatian. Tak hanya cantik, Ayu juga memiliki berbagai prestasi yang membanggakan.  

Ayusa, sapaan Putu Ayu Saraswati, pernah mewakili Bali dalam ajang Putri Indonesia 2020. Ketika itu, dia menjadi runner up 1 dengan gelar Putri Indonesia Lingkungan 2020.

Dia juga menjadi Duta Majelis Permusyawarahan Rakyat (MPR) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kementerian LHK). Untuk mengenal Ayusa lebih jauh, simak penjelasan berikut, dikutip Era dari Suara.

Biodata Putu Ayu Saraswati

Putu Ayu Saraswati atau Ayusa lahir di Denpasar, Bali, pada 6 Juli 1997. Usianya saat ini 25 tahun. Ayusa beragama Hindu.

Dia pernah menempuh pendidikan di Universitas Udayana. Meski masih terbilang muda, beberapa profesi pernah dia jalani, antara lain model, penulis, dokter, dan Duta MPR RI.

Dia juga pernah menjadi mega favorit para pageant lovers di Indonesia. Tak heran, sebab dia pernah berhak mewakili Bali untuk mengikuti Miss International. Sayangnya, langkahnya ke tingkat internasional terhenti akibat pandemi COVID-19.

Prestasi Putu Ayu Saraswati

1. Jegeg Bali

Ayusa memulai karier pageant dengan mengikuti Pemilihan Jegeg Bagus Bali 2015 dan memenangkannya. Hasilnya, dia dinobatkan sebagai Duta Pariwisata Bali selama 1 tahun.

Setelah menjuarai Pemilihan Jegeg Bagus Bali 2015, Ayusa kerap tampil dalam berbagai proyek pariwisata dan sosial.

2. Puteri Indonesia Bali 2020

Lima tahun berlalu, Ayusa menapaki karier pageant ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu ajang Puteri Indonesia 2020. Untuk mewakili provinsinya, dia berjuang dalam waktu yang lama. Akhirnya, Ayusa berhak membawa nama Bali ke kompetisi Puteri Indonesia 2020.

3. Puteri Indonesia Lingkungan 2020

Putri Indonesia 2020 berpelukan dengan Putu Ayu Saraswati (Antara)

Sejauh ini, Puteri Indonesia 2020 menjadi kompetisi terbesar yang pernah diikuti Ayusa. Beberapa waktu berjalan, namanya menjadi salah satu hot pick untuk pageant lovers. Akhirnya, dia meraih runner up 1 Puteri Indonesia 2020. Dengan demikian, dia mendapatkan gelar Puteri Indonesia Lingkungan 2020.

Capaian tersebut membuat karier Ayusa semakin cerah. Gelar yang disandang Ayusa membuatnya berhak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu menjadi perwakilan Indonesia di Miss International Indonesia 2020.

Setelah menjalani berbagai persiapan untuk mengharumkan nama Indonesia, langkahnya terhenti. Gelaran Miss International 2020 harus ditunda karena terjadi pandemi COVID-19.

Miss International yang sedianya dilaksanakan pada Oktober 2020 ditunda dan dijadwalkan ulang menjadi November 2021. Sayangnya, pandemi belum mereda sehingga panitia penyelenggara Miss International kembali melakukan penundaan.

Perwakilan 50 negara akhirnya harus menunggu lagi hingga akhir tahun 2022. Hal tersebut kemudian membuat Ayusa merasa bimbang.

4. Mengundurkan diri dari Miss International 2022

Ayusa pernah menempuh pendidikan di Ilmu Biomedis Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Kariernya di dunia kedokteran mesti tertunda karena akan berkompetisi di Miss Internasional.

Setelah 2 tahun menunggu kepastian, Ayusa akhirnya membuat keputusan untuk menarik diri. Dengan kata lain, Putu Ayu Saraswati mengundurkan diri dari Miss International 2022.

Keputusan ini dia ungkapkan saat memberikan pidato terakhir sebagai pemegang gelar Miss International Indonesia 2020. Dia kemudian menyerahkan jabatannya kepada Cindy May McGuire sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2022.

Itulah biodata Putu Ayu Saraswati dan berbagai prestasti yang diraihnya. Meski urung mengikuti Miss Internastional, saat ini dia terpilih sebagai orang yang mendampingi para petinggi dunia G20. Hal tersebut termasuk prestasi tinggi yang berhasil dia catatkan. 

Rekomendasi