Merinding! Piala Dunia 2022 Dibuka dengan Lantunan Al-Qur’an, Ini Arti Ayat dan Maknanya

| 21 Nov 2022 10:25
Merinding! Piala Dunia 2022 Dibuka dengan Lantunan Al-Qur’an, Ini Arti Ayat dan Maknanya
Pembukaan Piala Dunia 2022 (instagram/roadto2022)

ERA.id - Pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar berlangsung meriah dan menarik perhatian. Acara tersebut dibuka dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an surat Al-Hujarat ayat 13. 

Malam pembukaan Piala Dunia 2022 ini digelar di Stadion Al Bayt, Al Khor, Minggu (20/11/2022). Sejumlah penampil turut memeriahkan malam pembukaan Piala Dunia 2022, termasuk Jungkook BTS. 

Namun satu hal yang menarik dari rangkaian acara tersebut ialah pembacaan ayat suci Al-Qur’an tepatnya surat Al-Hujarat ayat 13. Lantunan ayat suci Al-Qur’an itu dibawakan oleh Brand Ambassador Piala Dunia 2022, Ghanim Al Muftah. 

Yā ayyuhan-nāsu innā khalaqnākum min żakariw wa unṡā wa ja'alnākum syu'ụbaw wa qabā`ila lita'ārafụ, inna akramakum 'indallāhi atqākum, innallāha 'alīmun khabīr

Artinya: "Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal,"

Lantunan ayat tersebut secara garis besar memiliki makna tentang prinsip dasar hubungan antar manusia. Di mana ayat tersebut menekankan kebersamaan derajat antar manusia tanpa membeda-bedakan. 

Selama pembacaan lantunan ayat suci Al-Qur’an, Muftah juga turut didampingi oleh aktor Morgan Freeman. Stadion berkapasitas 60 ribu itu pun riuh dan antusias menyaksikan pembukaan Piala Dunia 2022. 

Selain lantunan ayat Al-Qur’an, rangkaian acara itu juga turut dimeriahkan oleh lagu-lagu Timur Tengah, tarian teatrikal Timur Tengah, hingga theme song Piala Dunia dari 1998 hingga 2022 berjudul “Hayya Hayya”. 

Begitu juga dengan penyanyi asal Korea Selatan, Jungkook BTS yang membawakan lagu “Dreamers”, yang merupakan lagu tema Piala Dunia 2022. 

Rekomendasi