Halo Cat Lover! Ini Alasan Kenapa Kucing Tidak Bisa Masuk Surga, Simak Penjelasannya

| 04 Dec 2022 12:05
Halo Cat Lover! Ini Alasan Kenapa Kucing Tidak Bisa Masuk Surga, Simak Penjelasannya
Ilustrasi Kucing (Pexels/Matt A)

ERA.id - Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang cukup banyak disukai khalayak umum. Bahkan untuk sebagian orang kucing sudah menjadi bagian hidupnya karena sudah dipelihara sedari kecil, juga kadang bisa jadi moodbooster saat stres.

Maka tidak heran jika ada orang yang gundah, bahkan tidak jarang pula ada yang menangis saat kucing peliharaannya hilang atau mati. Konon, kucing juga merupakan salah satu hewan yang disukai oleh Nabi Muhammad, menjadi peliharann Nabi. Tetapi banyak yang berpendapat bahwa kucing tidak bisa masuk surga.

Pendapat Ulama

Ilustrasi Kucing (Freepik/master1305)

Menurut pendapat salah seorang ulama yang menjadi Ketua Tanfidziyah PBNU, Ahmad Fahrurrozi mengatakan, bahwa kucing memang tidak bisa masuk surga. Namun hal tersebut bukan karena kucing merupakan hewan yang tidak layak masuk surga, tetapi karena memang kodratnya semua hewan tidak bisa masuk surga.

"Yang harus dipahami itu, bukan hanya kucing (yang tidak masuk surga), melainkan semua hewan memang tidak masuk surga," kata pria yang kerap disapa Gus Fahrur.

Perbedaan kondisi di dunia dan di akhirat menjadi alasan mendasar mengapa kucing tidak bisa masuk surga. Sebab kondisi di akhirat tidak bisa dicerna oleh akal manusia, pun dengan kondisi hewan nantinya saat di akhirat. Seperti yang sudah dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. Berikut arti dari hadis yang terdapat dalam kitab Tafsir Al Thabari tersebut:

"Sesungguhnya Allah akan mengumpulkan semua makhluk pada hari akhirat kelak. Yaitu setiap hewan, burung-burung, dan juga manusia. Lalu Allah berkata kepada hewan-hewan dan juga burung, 'Jadilah kamu tanah”.

Menurut Gus Fahrur, hadis tersebut begitu menjelaskan gambaran mengenai kondisi hewan di akhirat nanti. Hadis ini juga menjelaskan, kondisi hewan di akhirat nantinya juga akan berbeda dengan manusia. Surga itu memang hanya untuk makhluk Allah SWT yang beribadah," kata Gus Fahrur.

Bisa bertemu dengan kucing kesayangan di surga

Namun bagi para cat lover tak perlu khawatir sebab Gus Fahrur menyebutkan bahwa pemilik kucing masih bisa bertemu dengan kucingnya di surga, saat ia memintanya. Karena di surga nanti Allah SWT akan mengabulkan apapun keinginan hambanya yang beriman dan taqwa.

"Penghuni surga dijanjikan mendapat banyak kenikmatan, termasuk peluang tinggal bersama hewan kesayangan," kata dia. Ucapan Gus Fahrur sendiri merujuk pada sebuah hadis, yang kurang lebih artinya sebagai berikut:

"Wahai Rasulullah sesungguhnya aku mencintai unta. Adakah di surga nanti ada unta?" Lalu Nabi SAW. menjawab, "Wahai Arab Badui, sekiranya Allah memasukkan kamu ke dalam surga Insya Allah, maka di dalamnya terdapat apa saja yang kamu kehendaki dan melezatkan pemandangan matamu."

Nah, demikianlah jawaban dari pertanyaan kenapa kucing tidak bisa masuk surga. Itu karena hewan memang tidak masuk surga, tidak hanya kucing. Tapi bagi teman-teman pecinta kucing tak perlu khawatir deh, karena kalian nanti masih bisa bertemu dengan hewan lucu peliharaan kalian itu saat di surga nanti, asalkan teman-teman memintanya kepada Allah SWT.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : kucing ulama
Rekomendasi