Apa Itu Self Reward, Manfaat, dan Cara Terbaik untuk Melakukannya

| 28 Dec 2022 18:02
Apa Itu Self Reward, Manfaat, dan Cara Terbaik untuk Melakukannya
Ilustrasi self reward berupa bersantai di rumah membaca buku (unsplash)

ERA.idSelf reward merupakan istilah yang cukup sering digunakan oleh kaum milenial. Biasanya istilah ini digunakan oleh orang yang telah merasa bekerja keras. Sebenarnya, apa itu self reward?

Secara harfiah, self reward memiliki makna ‘penghargaan diri’. Maksudnya, sebuah apresiasi atau penghargaan kepada diri sendiri yang telah bekerja keras, misalnya dalam mencari uang. Apresiasi ini diberikan sebagai bentuk self love atau rasa cinta kepada diri sendiri. Untuk lebih jelas, simak penjelasan Era berikut ini.

Dampak Positif Self reward

Ada beberapa dampak positif yang bisa didapat saat seseorang memberikan self reward. Hal tersebut tidak terlepas dari upaya untuk menjaga kesehatan mental diri sendiri.

1.    Ungkapan terima kasih

Kita perlu memberikan ucapan terima kasih kepada diri sendiri yang telah bekerja keras dan berjuang dengan baik. Hargai pula diri yang masih terus berjuang hingga saat ini.

Kita bukanlah mesin yang bisa dipacu tanpa kenal lelah. Perjuangan yang telah dilakukan selama ini layak untuk diapresiasi, terlebih lagi jika kita telah berjuang dengan serius, bekerja keras, dan sepenuh hati.

2.    Motivasi diri

Tak semua proses dan usaha bisa berjalan dengan lancar dan mulus. Tak semua perjuangan bisa menemui hasil yang maksimal. Berbagai halangan bisa datang menghadang.

Persoalan dan kegagalan tak jarang membuat kita lemas dan tak bersemangat untuk kembali berjuang. Untuk mengatasi keloyoan tersebut, self reward setelah berjuang keras terkadang bisa menjadi jawaban. 

Self reward memberikan energi kepada diri untuk kembali semangat dalam menapaki jalan. Perjuangan belum usai. Kerja keras harus kembali dilakukan. Kalaupun Anda telah berhasil, self reward akan memberikan motivasi yang lebih besar untuk berjuang lagi di hal lain. Dengan demikian, perjuangan bisa kita lakukan dengan penuh semangat dan rasa senang.

3.    Pelepas penat

Self reward merupakan salah satu vitamin yang bisa meredakan penat dan stres setelah berjuang. Self reward akan membuat tubuh dan pikiran kembali segar sehingga bisa melanjutkan perjuangan dengan kondisi yang lebih baik.

Penat dan stres bisa terjadi saat kita terlalu banyak menerima tekanan. Untuk mengendurkan hal tersebut, self reward bisa menjadi salah satu alternatif untuk dipilih. Dengan demikian, kesehatan mental kita akan terus terjaga.

4.    Self love

Pada dasarnya, self reward tak hanya menjadi bentuk penghargaan kepada diri sendiri. Self reward juga menjadi bentuk cinta kita kepada diri sendiri. Jika kita masuk ke hati yang dalam dan jujur kepada diri sendiri, kita berharap ada orang yang menghargai, perhatian, menyayangi, dan mencintai kita, terlebih lagi setelah berjuang dengan baik.

Namun, hal tersebut tidak selamanya hadir. Atau, kita tidak tahu kapan cinta tersebut akan menghangatkan diri kita yang telah lelah. Oleh sebab itu, self reward menjadi alternatif self love sebab kita pantas dicintai.

Self reward Terbaik

Ilustrasi liburan sebagai self reward (unsplash)

Self reward memiliki dampak positif bagi kesehatan mental. Namun, istilah ini terkadang disalahgunakan untuk memanjakan diri secara berlebihan. Bentuk self reward ada banyak dan hal inilah yang perlu dipertimbangkan.

Beberapa orang memilih self reward berupa kegiatan belanja barang-barang bernilai tinggi atau berjumlah banyak. Hati memang merasa senang setelah mendapatkan apa yang diinginkan. Namun, apa yang terjadi dengan tabungan Anda?

Self reward tidak harus dilakukan dengan sesuatu yang menghabiskan banyak uang. Pemborosan adalah hal yang tidak baik, apalagi untuk orang dengan ekonomi pas-pasan. Sesaat setelah membeli barang yang diinginkan dan berharga mahal, diri diguyur kebahagiaan. Namun, selang beberapa waktu kita bisa lebih tertekan saat melihat nominal saldo yang berkurang banyak.

Selain faktor ekonomi, self reward juga harus dilakukan dengan sesuatu yang tidak mengganggu kesehatan. Makan dalam jumlah banyak, apalagi jenis makanannya tidak sehat, bisa memberikan dampak buruk bagi diri sendiri.

Oleh sebab itu, self reward terbaik adalah hal yang bisa membuat kita bahagia tanpa memberikan dampak buruk, baik secara langsung maupun tidak langsung. Ada banyak hal bisa menjadi self reward, misalnya membeli barang yang diinginkan dengan pertimbangan nilai guna dan kondisi dompet, berlibur ke tempat indah yang tidak mengharuskan keluar banyak uang, quality time bersama orang-orang tersayang, dan bersantai di rumah menikmati hari dengan berbagai hal yang disukai serta bermanfaat. 

Rekomendasi