Sentil Ria Ricis Bawa Moana Naik Jetski, Komnas PA Arist Merdeka Sirait: Hentikan Eksploitasi Anak Demi Konten

| 11 Jan 2023 13:00
Sentil Ria Ricis Bawa Moana Naik Jetski, Komnas PA Arist Merdeka Sirait: Hentikan Eksploitasi Anak Demi Konten
Artist Merdeka Sirait (Foto: YouTube/Arist Merdeka Official)

ERA.id - Aksi YouTuber Ria Ricis mengajak bayi naik jet ski tanpa jaket pelampung dibanjiri kritikan dari netizen. Tak hanya netizen, Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait menyentil YouTuber Ria Ricis yang membawa anak naik jetski. 

Menurutnya, aksi yang dilakukan adik Oki Setiana Dewi ini dapat membahayakan anaknya, Cut Raifa Aramoana atau Moana yang masih berusia 5 bulan. 

"Yang viral Ibu Ria Ricis membawa anaknya, Moana bersama suaminya naik jetski. Ketika saya melihat tayangan ini sudah sangat takut, dimungkinkan bisa terjadi kecelakaan," ujar Arist Merdeka Sirait, dikutip dari kanal YouTube Arist Merdeka Official pada Rabu (11/1/2023). 

Artist Merdeka Sirait (Foto: YouTube/Arist Merdeka Official)
Artist Merdeka Sirait (Foto: YouTube/Arist Merdeka Official) 

Maka dari itu, Arist meminta istri Teuku Ryan untuk tidak mengeksploitasi anaknya demi kepentingan konten YouTube-nya. Baginya, anak usia 5 bulan harusnya mendapatkan pelayanan terbaik. 

"Oleh sebab itu, Ria Ricis jangan mengeksploitasi anaknya sendiri hanya (demi) konten," kata Arist. 

"Kalau ada niatan hanya sekedar konten, itu adalah eksploitasi. Karena anak lima bulan itu sungguh-sungguh harus mendapat pelayanan yang baik untuk tumbuh kembangnya," lanjutnya. 

Maka dari itu, Arist mengingatkan agar YouTuber berusia 27 tahun ini tidak kebablasan dalam membuat konten. Hal ini agar Ria Ricis tak dianggap mengeksploitasi anak. 

"Semua orang tahu bahwa Ria Ricis adalah sosok yang digemari para netizen. Namun satu lagi saya tidak menghalangi hak anak untuk mendapatkan rekreasi. Tidak pada konteks," jelas Arist. 

Tak hanya Ria Ricis, pria berusia 62 tahun ini juga menghimbau Teuku Ryan untuk tidak mengajak anaknya bermain jet ski lagi. 

"Saya tidak mengurangi hak anak untuk mendapat rekreasi, dibawa ke tempat-tempat untuk hiburan untuk menyenangkan anak tidak (masalah). Tapi, sekali lagi kami mengimbau kepada ibu Ria Ricis untuk untuk menghentikan termasuk pada suaminya,"  imbuhnya. 

Maka dari itu, pihak Komnas PA secara tegas meminta Ria Ricis dan suaminya untuk tidak mengeksploitasi anak demi konten. Ketika melihat video Moana main jet ski, Arist merasa khawatir karena sangat membahayakan. 

"Sekali lagi Komnas Perlindungan Anak menghimbau dan meminta dengan hormat pada ibu Ria Ricis dan juga suaminya untuk menghentikan mengeksploitasi demi konten," ucap Arist Merdeka Sirait.

"Itu videonya saya lihat sangat menakutkan, saya saja khawatir," kata Arist Merdeka Sirait.

"Dengan rasa hormat saya, (agar) tidak mengeksploitasi hanya karena konten," tutupnya.

Rekomendasi