Ada Makna di Baliknya, 5 Ide Dekorasi Bernuansa Imlek Usai Puncak Perayaan Cap Gomeh yang Membawa Keberuntungan

| 06 Feb 2023 07:57
Ada Makna di Baliknya, 5 Ide Dekorasi Bernuansa Imlek Usai Puncak Perayaan Cap Gomeh yang Membawa Keberuntungan
Dekorasi imlek (Foto: Dok. IKEA)

ERA.id - Puncak perayaan Cap Gomeh, aru saja berlangsung kemarin, Minggu (5/2/2023), pada imlek tahun ini jatuh pada tanggal 22 Januari 2023 dan hadirnya tahun kelinci. Dalam budaya Tiongkok, tahun kelinci melambangkan umur panjang, kedamaian, dan kemakmuran. Orang-orang yang memiliki shio kelinci pun dipercaya memiliki kepribadian yang cerdas, tangkas, dan pandai.

2023 diprediksi akan menjadi tahun yang penuh harapan dan untuk merayakan hal tersebut, kota-kota dan rumah-rumah biasanya mengadakan parade, menikmati berbagai makanan bersama kerabat, membeli baju baru sebagai lambang awal yang baru, serta saling memberikan angpao merah dan kado. 

Perayaan tidak hanya dilakukan melalui makanan dan pakaian, namun juga melalui dekorasi rumah yang biasanya bertema merah. Untuk menambah keriaan tersebut, IKEA hadir dengan koleksi FÖSSTA, sebuah lini produk yang indah dan praktis dengan menggabungkan sisi modern dan tradisional, terinspirasi dari budaya dan teknik kesenian Tiongkok.

Koleksi FÖSSTA menghadirkan desain embossed khas Dinasti Tang dan motif plum blossom (bunga prem) yang terinspirasi dari lukisan tinta dan kuas tradisional Tiongkok. Tentunya koleksi ini dilengkapi dengan desain kelinci untuk mendatangkan keberuntungan dan kebahagiaan ke hunian kamu sepanjang tahun. 

Simak 5 dekorasi beserta maknanya yang cocok untuk mempercantik rumahmu di tahun Kelinci dari keterangan resmi IKEA yang diterima oleh Era.id.

1. Ciptakan energi yang tenang dengan bantal yang cozy

Dekorasi imlek (Foto: Dok. IKEA)
Dekorasi imlek (Foto: Dok. IKEA)

Lelah merapikan rumah ketika sedang menunggu tamu-tamu hadir? Jangan lupa beristirahat sejenak karena perayaan yang panjang menunggumu. Bantal kursi kelinci ini sangat cocok untuk kamu gunakan saat bersantai di sofa dan untuk menciptakan vibe yang homey di ruang tamu selama perayaan berlangsung. 

"Imlek tahun ini merayakan kedatangan tahun kelinci dan sebagai bagian dari koleksi FÖSSTA, kami menggabungkan kelinci menggemaskan ini dalam desain produk-produk kami. Kami berharap dapat meningkatkan semangat Tahun Baru Imlek di rumah kamu sekaligus membawa nuansa yang rileks nan meriah di era pasca-pandemi ini," kata Desainer IKEA Willy Chong dan Zhelin Lian.

2. Lampion untuk mengundang kesuksesan dan keberhasilan di tahun yang baru

Dekorasi imlek (Foto: Dok. IKEA)
Dekorasi imlek (Foto: Dok. IKEA)

Selama Tahun Baru Imlek kamu akan sering melihat lampion karena mereka dipercaya dapat mengusir nasib yang kurang baik. Berdasarkan ilmu Feng Shui, kamu dianjurkan untuk menggantung lampion di kedua sisi pintu secara sejajar untuk menyeimbangkan yin dan yang dalam hidupmu. Merah merupakan lambang keberuntungan dan kebahagiaan, apabila kamu menggantungkan lampion merah di pintu masuk, artinya keberhasilan dan peluang akan mendatangimu. 

Ketika siang berganti malam, lampion dari koleksi FÖSSTA akan menghidupkan suasana yang spektakuler untuk perayaan Imlek-mu. Dengan menggantungkan lampion, diharapkan kesuksesan dan keberhasilan akan datang bagimu di tahun baru ini.

3. Atur ruang tamu dan gunakan organizer untuk bangun energi yang positif dan nyaman bagi kerabat

Dekorasi imlek (Foto: Dok. IKEA)
Dekorasi imlek (Foto: Dok. IKEA)

Suasana yang nyaman dan positif bagi keluarga dan teman sangat penting, terutama di ruang tamu yang harus bersih dan rapih. Menurut Feng Shui, ruangan yang tertata akan membawa aliran energi dan keseimbangan yang baik. Storage box FÖSSTA bisa membantu kamu merapihkan majalah, buku, dan benda-benda lain untuk membuat ruangan menjadi lebih apik.

"Ketika mendesain kain untuk koleksi FÖSSTA saya terinspirasi dari lukisan plum blossom khas Tiongkok yang dibuat dengan teknik ink wash, yang digunakan untuk kaligrafi. Fitur yang paling menonjol dari desain ini adalah bunga-bunga berwarna putih yang kontras dengan background yang polos,"ujar Desainer IKEA Jennifer Idrizi.

4. Table runner merah dengan lukisan plum blossom melambangkan tekad kuat dan ketekunan

Dekorasi imlek (Foto: Dok. IKEA)
Dekorasi imlek (Foto: Dok. IKEA)

Meja makan tentunya merupakan salah satu fokus utama dalam rangkaian perayaan Imlek. Table runner merah dari IKEA cocok untuk menghias meja makanmu dan juga bisa digunakan untuk mempercantik meja lain di rumah.

Dalam budaya Tiongkok, merah merupakan warna yang populer untuk melambangkan keberuntungan, sukacita, dan kebahagiaan. Sedangkan plum blossom adalah salah satu pohon buah yang mekar di akhir musim dingin, sehingga dianggap menjadi lambang harapan setelah melewati musim dingin yang panjang. 

5. Sumpit cantik menandakan umur panjang, kebersamaan, dan momen penuh keceriaan

Dekorasi imlek (Foto: Dok. IKEA)
Dekorasi imlek (Foto: Dok. IKEA)

Bukan Tahun Baru Imlek namanya kalau tidak dipenuhi dengan beragam hidangan lezat seperti bakmi yang mewakili kesehatan dan kuo tie yang melambangkan kekayaan. Ketika makananmu yang mengumpulkan semua orang, dekorasi cantiklah yang akan membuat kerabatmu semakin betah. Salah satu cara untuk memperindah meja makanmu adalah dengan sumpit berdesain indah.

Sumpit merupakan tanda peradaban dan lambang sejarah Tiongkok. Sumpit juga menjadi bagian penting dari adat istiadat Tiongkok, di mana untuk para lansia, sumpit melambangkan umur panjang dan kesehatan. Bagi orang tua dan pasangan, sumpit menandakan kebersamaan sedangkan untuk anak-anak, hal ini merupakan lambang masa kecil yang bahagia. 

Terdiri dari empat pasang, kamu bisa menggunakan sumpit FÖSSTA ini untuk menyantap seluruh makanan khas Imlek dengan orang-orang kesayanganmu!

Rekomendasi