Penuh Keutamaan, Ini 7 Amalan Hari Jumat untuk Mendapatkan Rida Allah

| 20 Jan 2023 12:51
Penuh Keutamaan, Ini 7 Amalan Hari Jumat untuk Mendapatkan Rida Allah
Ilustrasi orang berdoa (freepik)

ERA.id - Jumat adalah hari yang penuh keutamaan bagi umat Islam. Oleh sebab itu, muslim dan muslimah dianjurkan melakukan berbagai amalan hari Jumat.

Ini merupakan hari yang baik untuk beribadah dan melakukan amalan-amalan yang mendatangkan pahala. Selain itu, kita berharap agar dosa-dosa kita diampuni oleh Allah Swt. Dikutip Era dari yatimmandiri.org, berikut adalah berbagai amalan yang baik dilakukan pada hari Jumat.

Berbagai Amalan Hari Jumat untuk Dikerjakan

1.    Memperbanyak doa dan zikir

Doa dan zikir bisa dilakukan kapan saja, tetapi amalan ini dianjurkan untuk diperbanyak pada hari Jumat. Pahala berzikir pada hari Jumat akan dilipatgandakan. Hal tersebut telah disebutkan dalam Al-Qur’an, tepatnya surah Al-Jumu’ah: 9. Berikut adalah arti dari ayat tersebut.

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Selain itu, terdapat pula hadis yang menekankan keutamaan berdoa pada hari Jumat karena Allah akan mengabulkannya.

“Pada hari itu ada saat yang tidaklah seorang hamba muslim bertepatan dengannya dalam keadaan dia berdiri salat yang ia meminta sesuatu kepada Allah Swt. melainkan akan dikabulkan oleh-Nya,” (HR Bukhari).

2.    Memperbanyak membaca Al-Qur’an

Umat muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak membaca Al-Qur’an pada hari Jumat. Membaca Al-Qur’an mendatangkan pahala dan menambah pengetahuan kita mengenai Islam, kehidupan, dan kematian.

3.    Memperbanyak selawat

Membaca selawat Nabi pada hari Jumat akan mendapatkan pahala yang dilipatgandakan. Selain itu, Rasulullah saw. menjanjikan posisi yang dekat dengannya pada hari akhir. Hal itu terdapat dalam hadis berikut.

“Perbanyaklah selawat kepadaku pada setiap hari Jumat. Karena selawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barang siapa yang banyak berselawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti,” (HR Al-Baihaqi).

4.    Membersihkan diri

Ilustrasi membersihkan diri (unsplash)

Amalan hari Jumat yang selanjutnya adalah membersihkan diri, baik pria maupun wanita. Selain itu, Rasulullah saw. menganjurkan untuk bersiwak.

Pada dasarnya, bersiwak adalah membersihkan gigi dengan siwak. Inti dari kegiatan tersebut adalah menjaga kebersihan dan kesehatan gigi serta gusi. Masyaraat saat ini bisa melakukannya dengan menggosok gigi dengan pasta gigi.

“Hendaklah juga ia menyikat gigi dengan siwak,” (HR Bukhari dan Muslim).

Hal lain yang disunahkan pada hari Jumat terkait kebersihan adalah memotong kuku.

5.    Memakai pakaian dan wewangian

Nabi Muhammad saw. menganjurkan umatnya untuk mengenakan pakaian terbaiknya saat salat Jumat. Selain itu, orang yang akan salat Jumat juga dianjurkan untuk menggunakan wewangian.

“Wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk salat Jumat, kecuali pakaian untuk bekerja,” (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah, dinilai sahih oleh Al Albani).

“Barang siapa yang mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu salat sesuai dengan kemampuan dirinya. Dan ketika imam memulai khotbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jumat ini sampai Jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

6.    Membaca surah Al-Kahfi

Membaca surah Al-Kahfi termasuk dalam amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada hari Jumat. Amalan ini bisa dilakukan sejak awal hari Jumat, yaitu setelah matahari tenggelam pada hari Kamis. Hal tersebut telah disebutkan oleh Rasulullah saw. dalam hadisnya.

“Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dua Jumat,” (HR Al-Hakim dan Al-Baihaqi, disahihkan Al-Albani).

7.    Salat Zuhur awal waktu

Perempuan tidak diwajibkan melaksanakan salat Jumat, tetapi tetap wajib melaksanakan salat Zuhur. Salah satu amalan yang bisa dilakukan oleh perempuan pada hari Jumat terkait salat adalah melaksanakan salah Zuhur pada awal waktu.

Allah lebih menyukai salat yang dikerjakan pada awal waktu sebab hal tersebut menunjukkan bahwa orang yang melakukannya memprioritaskan ibadah.

Itulah berbagai amalan hari Jumat yang baik untuk dilakukan. Semoga dengan rutin dan membiasakannya, kita bisa menjadi umat yang lebih dekat dengan Allah Swt.

Rekomendasi