Postingan Awkarin Pro Nikah Beda Agama Jadi Trending Twitter, Netizen: Lebih Memilih Pacar daripada Tuhan

| 06 Feb 2023 13:35
Postingan Awkarin Pro Nikah Beda Agama Jadi Trending Twitter, Netizen: Lebih Memilih Pacar daripada Tuhan
Awkarin (Foto: Instagram/@narinkovilda)

ERA.id - Selebgram Awkarin menjadi sorotan publik hingga menjadi trending topic Twitter Indonesia, Senin (6/2/2023). Hal ini lantaran postingan terbarunya menyoroti soal pernikahan beda agama.

Banyak netizen menghujat pemilik nama Karin Novilda ini karena dianggap pro pernikahan beda agama. Melalui unggahan Instagram-nya @awkarin, sang selebgram membagikan unggahan yang berjudul "Bisakah Kita Menjalin Hubungan Beda Agama?".

Pada unggahan itu, wanita berusia 25 tahun ini menyebut hubungan pasangan yang berbeda agama di Indonesia banyak mendapat penolakan, terutama bagi pemeluk agama Islam. Bukan hanya itu saja, dalam catatan sipil pun menurut Awkarin cukup sulit bila melaksanakan pernikahan beda agama.

"Mayoritas pemeluk Islam menentang pernikahan ini, baik wanita atau pria yang menikah dengan orang di luar Islam. Secara sipil pun tampaknya pernikahan ini masih rumit di negeri yang mayoritas beragama Islam. Alasan dasarnya, biasanya masalah imam dan keturunannya," tulis Awkarin, dikutip dari Instagram @awkarin pada Senin (6/2/2023).

Lalu, Awkarin mengungkapkan bahwa sebagian orang menjadi rumit apabila keluarga anggota memiliki agama berbeda-beda. Meski begitu, ia merasa banyak umat Muslim yang menjalin hubungan dengan pasangan non-Muslim.

"Dulu mungkin alasannya sangat jelas, karena perkembangan agama Islam yang baru, yang dimulai dari mulut ke mulut dengan susah payah. Ketika perkembangan itu terhambat karena perbedaan agama mempelai, maka jumlah pemeluk agama Islam akan sulit untuk tumbuh. Karena itu, menikah beda agama dilarang," kata Awkarin di unggahan selanjutnya.

"Di zaman awal Islam, mempertahankan iman tentu teramat sulit dibandingkan dengan zaman sekarang. Iman menjadi barang langka terkait dengan pertambahan jumlah Muslim pada saat itu," lanjutnya.

Di unggahan selanjutnya, Awkarin mengatakan saat ini kondisinya berbeda. Menurutnya, Islam menjadi salah satu agama paling terkenal di dunia. Menjadi umat Muslim baginya tidak sulit. Semuanya mengakui dan bisa lantang mengungkapkan identitas bahwa mereka beragama Islam.

Akan tetapi, menurut Awkarin masih banyak orang Muslim yang menggunakan ayat yang dipercaya untuk menentang pernikahan beda agama. Padahal menurutnya pernikahan beda agama bisa saja dilakukan dengan syarat tertentu.

"Di banyak contoh pun, perkawinan campuran antara Muslim dan non-Muslim berlangsung baik-baik saja, tanpa keributan dalam rumah tangga mereka," ungkapnya di unggahan berikutnya.

"Tetapi masih banyak orang Muslim yang menggunakan ayat yang mereka percaya untuk mempertahankan pendapat bahwa pernikahan berbeda agama dilarang. Padahal, juga terdapat mazhab besar Islam yang mengizinkannya dengan syarat tertentu," lanjutnya.

Diakhir unggahannnya, Awkarin bertanya kepada netizen apakah boleh menikah beda agama.

"Menurut kamu sendiri, bolehkah kita menjalin hubungan dan nantinya menikah dengan orang beda agama?" tutupnya.

Unggahan itu dibagikan ulang oleh netizen di Twitter. Banyak netizen yang memberikan komentar pedas usai melihat unggahan tersebut. Mereka juga membawa-bawa kekasih baru Awkarin, Jonathan Alden. Awkarin dan Jonathan Alden diketahui memeluk agama yang berbeda. Jonathan Alden memeluk agama Kristen dan Awkarin merupakan seorang Muslim.

"Awkarin kau tinggal bilang lebih milih pacarmu daripada Tuhanmu. Udah gitu aja. Repot kali," tulis akun @hae*****.

"Coba tulis awkarin, mazhab besar Islam yang mengizinkan dengan syarat tertentu itu siapa? Siapa orangnya? Kalau bisa tuliskan juga kitab nya yah. Kamu kalau bawa2 mazhab harus jelas yah, jangan separoh². Ditunggu jawabannya. Soalnya saya juga belum tau ni," ujar @iskasyahda****.

"Awkarin kenapa sih? iya tau lu cinta banget mungkin sama pasangan lu, tapi kenapa harus bilang begitu dan menantang hal yang dilarang sama agama?" kata akun @be****.

"Non Muslim menolak, Muslim jg garis keras tidak pernah membenarkan pernikahan beda agama! Kalo frustasi sendiri aja nggak usah ngajak-ajak mbak," komentar akun @chyka****.

"Awkarin nulis tentang pernikahan beda agama karena dia lagi pacaran sama orang yang beda agama, lucu juga orang bucin," lanjut akun @iki****.

Rekomendasi