10 Strategi Mencari Jodoh dengan Relationship Goals yang Sama di Momen Valentine

| 13 Feb 2023 08:00
10 Strategi Mencari Jodoh dengan Relationship Goals yang Sama di Momen Valentine
Ilustrasi pasangan kekasih (Unsplash/Matt Nelson)

ERA.id - Februari adalah bulan penuh kasih sayang dan romansa. Untuk mempermudah para lajang menyambut bulan ini, para member aplikasi kencan online sekarang bisa memperbaharui fitur Tujuan Hubungan atau Relationship Goals pada profil, yang baru saja diluncurkan pada awal tahun ini, untuk memberikan pilihan tujuan yang mereka cari.

Di bulan yang identik dengan kehadiran Cupid, baik itu mencari teman baru, mencari hubungan jangka pendek, atau hubungan serius, sekarang para member punya lebih banyak kendali dengan siapa mereka terhubung, dengan mengetahui  tujuan atau intensi dari calon match mereka.

Tidak hanya mengubah budaya berkencan dengan memperhitungkan situationship sebagai status hubungan yang valid, menurut Tinder Year in Swipe 2022, para anak muda saat ini juga memastikan bahwa calon match-nya tahu apa yang mereka cari.

Ilustrasi pasangan kekasih (Unsplash)

Uji awal fitur ini pada pasar terpilih menunjukkan, bahwa lebih dari 50% 3 member telah menambahkan Tujuan Hubungan atau Relationship Goals  ke profil mereka, karena terbuka tentang tujuan kita itu menarik.

“Fitur ini dikembangkan untuk merespon perubahan yang dialami oleh para member. Para anak muda lajang yang menjadi mayoritas dari member Tinder, telah berubah menjadi lebih bijaksana dengan siapa mereka ingin menghabiskan waktu bersama. Faktanya, 72%4 dari member Tinder mengatakan bahwa mereka mencari seseorang yang mengetahui hubungan apa yang mereka inginkan,” kata Kyle Miller, Vice President of Core Product di Tinder.

Bagaimana Cara Kerjanya:  

Member bisa membuka pengaturan profil untuk memilih salah satu dari enam opsi tujuan hubungan: Pasangan hidup/serius; Serius, santai juga boleh; Santai, serius juga boleh; Hubungan santai; Teman baru; Belum tahu.

Sebagai member, mereka juga bisa melihat Tujuan Hubungan  yang sudah dipilih oleh calon match di profilnya dan menjalin koneksi dengan alasan yang lebih tepat

Dan, Tinder juga memahami bahwa setiap hal bisa berubah dengan cepat, maka dari itu para member akan menerima pemberitahuan setiap minggunya untuk memastikan pilihan Tujuan Hubungan mereka masih sesuai dengan apa yang mereka cari.

Tips terbaik untuk sukses di hari Valentine, dan kehidupan berkencanmu di tahun ini:

Ilustrasi lambang hati (Unsplash)

1. Tentukan Tujuan Hubunganmu!

Terbuka tentang hubungan yang sedang kamu cari sangatlah menarik. Hal ini juga bisa menghindari kamu dari pertanyaan canggung seperti “Kamu pakai dating app buat cari apa?” Jadi baik sekedar mengawali tahun dengan mencari pasangan serius atau sekedar teman baru, sampaikan saja ke calon match kamu.

2. Sedang mencari

Gak ada yang mau menyia-nyiakan waktunya, maka dari itu pilih 1-3 tag gaya hidup yang mewakili kamu supaya kamu bisa terhubung secara natural dengan mereka yang vibes-nya nyambung sama kamu. 

3. Kerja keras untuk match yang lebih banyak

Lagi cari temen pejuang skripsi? Atau sosok buat jadi inspirasi kreatif kamu? Menambahkan nama kampus dan pekerjaan pada bio bisa ngasih kesempatan lebih besar buat bertemu sama match yang klop banget, atau memperkecil pilihan match yang kurang cocok sama kamu.

TIP TINDER: Kita pasti punya keinginan untuk cerita pengalaman buruk, tapi coba hindari. Match-mu bakal bersyukur disaat kamu bisa menjaga suasananya.     

4. Tentukan lokasi kamu

Jangan biarkan calon match menebak-nebak lokasi kamu, pasang lokasi kamu di Tinder untuk match dengan member lain di sekitar kamu, terutama jika kamu nggak suka LDR. Tinder paham untuk beberapa orang jarak Kemang-Bekasi saja sudah termasuk  jauh, makanya perlu mengatur radius jarak untuk bertemu dengan member di area kamu atau sekitarnya.

Kalau kamu tertarik dengan hubungan di tingkat internasional, coba gunakan fitur Paspor Tinder atau Tinder Passport untuk bertemu si manis dari Brazil, atau belahan dunia lainnya.    

5. Minat kamu bikin kamu lebih menarik  

Mencari kesamaan minat memang bisa jadi cara gampang untuk akrab dengan seseorang. Minat adalah hal yang membuatmu unik, makanya tunjukan sisimu yang paling otentik, dengan menjadi diri sendir, dan nantinya kamu bisa match dengan member yang energinya serupa sama kamu.

6. Profil yang belum terverifikasi itu red flag

Lakukan foto verifikasi supaya match kamu tahu bahwa profil kamu itu beneran. Jangan lupa untuk swipe member dengan profil yang sudah terverifikasi untuk menghindari penipuan.

TINDER TIP: Profil Tinder dengan centang biru akan mendapatkan lebih banyak match.

7. Tunjukan Love Language-mu

Banyak cara untuk menunjukan kasih sayang, mulai dari perhatian, hadiah, kontak fisik, pujian, dan menghabiskan waktu bersama. Semua itu menggambarkan energi yang kamu harap bisa dapatkan dari match kamu. Tunjukan Bahasa Cinta atau Love Style di profilmu! Bukankah lebih mudah disaat orang lain punya love language yang sama denganmu?

8. Musik adalah love language ke 6

Setuju kan, kalau selera musik sangat penting untuk hubungan yang solid? Pastikan kamu terhubung dengan orang-orang yang selera musiknya setipe, dengan menambahkan lagu favoritmu, dengan fitur Lagu Spotify atau Spotify Anthem.

TINDER TIP: 40% dari member berusia 18-25 tahun memasang lagu pilihan pada profil mereka dan mengalami 10% kenaikan jumlah match.

9. Tunjukkin kalo kamu jago jaga obrolan   

Semakin aktif kamu di Tinder, semakin sering kamu akan ditampilkan dan dilihat oleh para member lain. Tidak ada adrenalin yang lebih terasa selain dapetin match dan segera memulai obrolan dengan seseorang yang mungkin atau mungkin bukan jadi seseorang baru yang kamu sukai, jadi jangan takut untuk mengirim pesan duluan. Kemungkinan besar kamu akan menerima balasan, karena 75% para member dari kalangan Gen Z cenderung membalas pesan dalam 30 menit atau kurang.

“Tujuan Hubungan (Relationship Goals) memberikan lebih banyak kontrol terhadap interaksi yang dibangun oleh para member dan memungkinkan mereka untuk match dengan tujuan masing-masing, tanpa melewatkan koneksi yang mungkin tidak didapatkan di tempat lain."

Rekomendasi