Apa Itu Self Care dan Apa Saja Manfaatnya?

| 18 Feb 2023 08:05
Apa Itu Self Care dan Apa Saja Manfaatnya?
Apa itu self care (unsplash)

ERA.id - Tujuan dari self-care adalah untuk menjaga keseimbangan hidup dan meningkatkan kualitas hidup. Lantas apa itu self care dan mengapa tren tersebut banyak dilakukan orang-orang?

Self-care sendiri adalah tindakan sadar dan terencana untuk merawat kesehatan jiwa , fisik, emosional, dan mental diri sendiri. Tindakan ini juga mencakup pengaturan waktu dan prioritas aktivitas untuk menghindari kelelahan dan stres berlebihan.

Apa Itu Self Care?

Dilansir dari Global Self-Care Federation, berikut ini definisi self care menurut WHO adalah :

"Kemampuan individu, keluarga dan masyarakat untuk meningkatkan kesehatan, mencegah penyakit, menjaga kesehatan, dan mengatasi penyakit dan kecacatan dengan atau tanpa bantuan penyedia layanan kesehatan".

Self care adalah praktik individu yang merawat kesehatan mereka sendiri dengan menggunakan pengetahuan dan informasi yang tersedia bagi mereka.

Aktifitas ini adalah proses pengambilan keputusan yang memberdayakan individu untuk menjaga kesehatan mereka sendiri secara efisien dan nyaman, bekerja sama dengan tenaga kesehatan dan perawatan sosial sesuai kebutuhan.

Self care meliputi:

●        Membuat pilihan gaya hidup sehat - aktif secara fisik dan makan dengan sehat

●        Menghindari kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat - menghindari merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan

●        Menggunakan obat resep dan non-resep secara bertanggung jawab

●        Mengenali gejala secara mandiri - menilai dan menangani gejala, bekerja sama dengan tenaga kesehatan profesional jika diperlukan

●        Pemantauan diri - memeriksa tanda-tanda kemunduran atau perbaikan

●        Manajemen diri - mengelola gejala penyakit, baik sendiri, bermitra dengan tenaga kesehatan profesional, atau bersama orang lain yang memiliki kondisi kesehatan yang sama

apa saja manfaat self care (Unsplash)

Manfaat self care ada delapan yaitu:

  1. Pilihan yang lebih baik

Self care memberi orang lebih banyak pilihan perawatan kesehatan yang efektif. Hal ini menghemat waktu dan tenaga individu, dengan memungkinkan mereka untuk mengelola berbagai kondisi kesehatan dengan nyaman dan berhasil sendiri.

Perawatan mandiri memungkinkan individu untuk memenuhi kebutuhan dasar tanpa komplikasi dan upaya tambahan untuk pergi ke dokter.

  1. Perawatan yang lebih baik

Self care memberdayakan orang untuk mengambil alih kesehatan dan kesejahteraan mereka sendiri, dan memberi mereka insentif untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Perawatan mandiri memainkan peran kunci dalam pencegahan kondisi tertentu dan meningkatkan waktu pemulihan ketika pencegahan total gagal. Ini adalah bagian penting dari kesejahteraan di semua tahap kehidupan.

  1. Nilai yang lebih baik

Perawatan diri membantu memerangi kenaikan biaya perawatan kesehatan di seluruh dunia. Investasi jangka pendek dalam perawatan diri menghasilkan penghematan jangka panjang yang nyata bagi pemerintah dan industri perawatan kesehatan di seluruh dunia.

Selain itu, self care meringankan beban kerja sistem perawatan kesehatan yang tegang dengan memungkinkan mereka mengalokasikan sumber daya secara lebih efisien dan efektif.

  1. Meningkatkan Kesehatan Fisik

    sefl care berpengaruh pada kesehatan fisik (Unsplash)

Melakukan self-care, seperti olahraga, makan makanan sehat, dan tidur yang cukup, dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mengurangi risiko terkena penyakit.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mental

Self-care dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan kesejahteraan mental, dan membantu seseorang untuk menghadapi masalah dan tantangan hidup dengan lebih baik.

  1. Meningkatkan Produktivitas

Dengan melakukan self-care, seseorang dapat memperbaiki fokus, konsentrasi, dan energi, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari.

  1. Meningkatkan Kualitas Hidup

Self-care membantu seseorang untuk menikmati hidup lebih baik, mengurangi stres, meningkatkan kesejahteraan, dan menemukan kesenangan dan kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Mencegah Burnout

Melakukan self-care secara teratur dapat membantu mencegah burnout dan kelelahan fisik dan mental, sehingga seseorang dapat menjaga keseimbangan hidup dan kesehatan secara menyeluruh.

Dengan demikian, melakukan self-care secara teratur, seseorang dapat memperbaiki kualitas hidup dan meningkatkan kesehatan fisik, emosional, dan mental. Oleh karena itu, self-care sangat penting untuk dilakukan sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

Selain apa itu self care, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi