Apa Itu Anabul? Simak Penjelasan Serta Cara Merawat yang Tepat

| 23 Feb 2023 07:05
Apa Itu Anabul? Simak Penjelasan Serta Cara Merawat yang Tepat
Apa itu anabul? (Foto: Pixabay)

ERA.id - Apakah Anda memahami apa itu anabul? Istilah anabul menjadi kata yang kerap diucapkan para animal lovers atau pecinta hewan. Biasanya istilah ini diberikan untuk hewan peliharaan rumah seperti anjing, kelinci, kucing, dan hamster.

Istilah ini populer sejak tahun 2018 dan merupakan singkatan dari “anak bulu”. Diberikan dengan istilah demikian sebab hewan peliharaan ini ditumbuhi bulu halus di seluruh tubuhnya.

Banyak orang yang menyukai hewan peliharaan ini karena bentuknya yang menggemaskan. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang memutuskan untuk memelihara atau mengadopsi anabul di rumah.

Bagi Anda yang juga memutuskan untuk memelihara anabul, sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu cara merawatnya dengan tepat. Ikuti penjelasannya di bawah ini.

Bagaimana Merawat Anabul di Rumah?

Ilustrasi anabul jenis kucing (Foto: Pixabay)

Bagi komunitas pecinta hewan, istilah anabul tentunya lebih identik dengan anjing dan kucing. Istilah ini cukup populer dan banyak dipakai kebanyakan orang untuk menamai hewan peliharaan yang lucu tersebut.

Pada platform media sosial seperti Instagram, Twitter, dan YouTube, banyak juga orang yang berbagi pengalaman ketika merawat anabul di rumah. Mulai dari tips pemberian makanan, latihan buang kotoran di litter box, dan sebagainya.

Dikutip dari laman Union Lake dan RSPCA, cara merawat anabul, khususnya kucing, dengan baik dan benar adalah sebagai berikut:

Suguhkan makanan terbaik

Berikan kucing Anda makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang seimbang. Hal ini perlu dilakukan agar kesehatannya tetap terjaga. Sebaiknya hindari memberikan susu sapi untuk mencegah permasalahan pada pencernaan si anabul.

Pastikan anabul mempunyai akses menuju air bersih yang segar setiap saat. Sebaiknya, cegah kucing Anda saat hendak memangsa binatang liar seperti tikus, kecoa, dan cicak sembarangan.

Sediakan tempat tidur yang nyaman

Ketersediaan tempat tidur yang nyaman bagi anabul adalah salah satu hal yang cukup penting. Untuk mencegah pertumbuhan jamur, jangan biarkan alas tidurnya lembab dan basah. Berikan tempat tidur yang aman, mudah untuk dibersihkan, serta jauh dari risiko gangguan binatang pemangsa.

Melatih kucing menggunakan litter box

Semua orang tentunya menginginkan agar kucing peliharaan mereka bersih.  Untuk mendapatkan hal ini, latihlah kucing Anda untuk membuang kotorannya di litter box. Jangan biarkan dia kencing dan membuang kotorannya di lantai rumah.

Selanjutnya, pastikan litter box bertempat di sudut yang tenang. Selanjutnya, jangan ganggu kucing Anda saat sedang membuang kotoran. Karena hal ini akan menjadikannya tidak nyaman.

Anda juga harus rutin untuk membersihkan litter box secara berkala. Pastikan tidak ada bakteri atau virus yang bersarang. Hal ini penting untuk dilakukan agar kesehatan anabul Anda tetap terjaga.

Perlakukan kucing dengan tindakan yang penuh kasih sayang

Kucing yang mendapatkan perawatan dengan sepenuh hati pada umumnya cenderung lebih sehat dan bahagia. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan si anabul sudah mendapatkan kasih sayang yang cukup. Anda dapat menganggap anabul sebagai teman, sahabat, bahkan anak sendiri. Hal ini diharapkan agar dapat meningkatkan bounding antara Anda dengan hewan peliharaan.

Nah, demikianlah penjelasan tentang apa itu anabul dan beberapa cara yang harus dilakukan untuk merawatnya. Semoga ulasan ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi