Pasangan Punya Wajah Mirip Apakah Jodoh? Simak Penjelasan Berikut Ini

| 24 Feb 2023 12:15
Pasangan Punya Wajah Mirip Apakah Jodoh? Simak Penjelasan Berikut Ini
Ilustrasi pasangan dengan wajah mirip (pexels)

ERA.id - Sepasang kekasih dengan wajah mirip apakah jodoh? Ini merupakan pertanyaan yang cukup sering muncul di masyarakat, apalagi setelah melihat beberapa pasangan memang punya wajah yang mirip.

Selain wajah, pasangan yang disebut berjodoh juga biasanya punya kepribadian, sifat, perilaku, dan kebiasaan pun seringkali tidak berbeda jauh. Apakah hal-hal tersebut memang pertanda jodoh?

Pasangan dengan Wajah Mirip Apakah Jodoh?

Para peneliti telah cukup lama melakukan penelitian terhadap fenomena ini. Salah satu kesimpulan yang didapat adalah terdapat unsur kecenderungan yang membuat seseorang memilih lawan jenis yang punya kesamaan dengan dirinya sebagai pasangan.

Ini terjadi karena manusia tertarik pada orang lain yang mirip dengannya. Ini merupakan proses alami manusia yang terjadi di alam bawah. Manusia lebih tertarik pada orang dengan kesamaan tertentu, seperti fisik, hobi, sifat, kebiasaan, dan lain sebagainya. Hal ini membuat manusia merasa lebih mudah akrab satu sama lain.

Ilustrasi pasangan tertawa bersama (pexels)

Dikutip Era.id, University of Liverpool melakukan penelitian dengan meminta beberapa partisipan memilih dua foto yang berbeda, satu adalah foto pria dan satu lagi foto wanita. Para partisipan kemudian memberikan penilaian terkait kepribadian dari orang di foto-foto tersebut.

Terdapat keunikan dalam penelitian ini. Sebagian besar partisipan ternyata memilih sepasang foto yang merupakan sepasang suami istri yang sudah menikah cukup lama.

Para partisipan melakukan pemilihan foto berdasarkan penilaian mereka bahwa kedua orang dalam foto itu punya kepribadian yang cenderung mirip. Setelah itu, diambil kesimpulan bahwa memiliki kepribadian yang serupa membuat sepasang kekasih punya wajah yang tampak mirip.

Dalam penelitian yang lain disebutkan, baik pria maupun wanita cenderung memilih pasangan yang punya kemiripan wajah dengan orang tuanya yang berlainan jenis kelamin. Dengan kata lain, anak perempuan mencari pasangan yang mirip dengan ayahnya, sedangkan anak laki-laki mencari pasangan yang mirip dengan ibunya.

Tak berbeda jauh, alasan dari hal tersebut adalah manusia lebih tertarik terhadap sesuatu yang familiar. Tak heran jika kemudian sepasang kekasih dengan wajah yang mirip disebut sebagai pertanda jodoh.

Apakah Wajah Tidak Mirip Tidak Berjodoh?

Jika wajah Anda dan pasangan Anda tidak mirip, bukan berarti kalian tidak berjodoh. Berdasarkan studi oleh peneliti dari University of Michigan, pasangan yang telah lama menikah memiliki wajah yang semakin mirip dengan pasangannya dari waktu ke waktu.

Analisis dilakukan dengan membandingkan foto-foto saat sepasang kekasih masih menjadi pengantin baru dengan foto-foto setelah usia pernikahan keduanya 25 tahun. Hasilnya, semakin lama pasangan menjalin hubungan asmara, semakin mirip pula kepribadian, cara berekspresi, dan kebiasaannya. Faktor kebahagiaan bersama juga bisa memicu kesamaan fisik sepasang kekasih.

Sepasang kekasih tampak lebih mirip setelah lama berhubungan karena tanpa disadari keduanya saling meniru ekspresi wajah pasangannya. Contoh sederhana dari fenomena ini adalah orang yang humoris dan banyak tertawa biasanya punya garis-garis halus pada wajah. Hal tersebut juga bisa dialami oleh pasangan karena setelah menajdi sepasang kekasih, keduanya kerap tertawa bersama.

Jadi, terkait pasangan dengan wajah mirip apakah jodoh, hal tersebut tidak bisa dipastikan. Namun, ada kemungkinan hal tersebut terjadi karena beberapa sebab seperti telah dijelaskan di atas. 

Rekomendasi