Mengenal Anjing Ras Alaskan Malamute yang Mirip dengan Siberian Husky

| 18 Jul 2023 18:05
Mengenal Anjing Ras Alaskan Malamute yang Mirip dengan Siberian Husky
Anjing ras alaskan malamute (pexels)

ERA.id - Belum banyak orang yang mengenal anjing ras alaskan malamute. Anjing ini mirip dengan serigala. Tak heran jika beberapa orang mengira anjing ini sebagai jenis siberian husky.

Jika dilihat sepintas, alaskan malamute memang memiliki ciri-ciri yang mirip dengan siberian husky. Namun, kedua anjing ini adalah dua ras yang berbeda. Untuk lebih mengenal alaskan malamute, simak penjelasan berikut yang dikutip Era.id dari hewanee.

Anjing ras alaskan malamute hitam-putih (pexels)

Mengenal Anjing Ras Alaskan Malamute

Berikut ini adalah ciri-ciri fisik yang bisa digunakan untuk mengenal anjing alaskan malamute.

·         Panjang badan antara 58—65 cm.

·         Berat badan sekitar 34—38 kg.

·         Pundak yang terbilang kuat dan dada lebar.

·         Bulu bagian luar tebal dan kasar (membuat alaskan malamute tahan terhadap cuaca dingin), sedangkan bulu bagian dalam berminyak dan halus.

·         Telinga berdiri tegak dengan bentuk segitiga.

·         Moncong sedang.

·         Bagian wajah bisa berwarna putih secara menyeluruh atau terdapat warna lain yang tampak seperti memakai topeng.

·         Warna bervariasi, dari abu-abu muda hingga kehitaman. Ada pula yang berwarna merah kehitaman.

·         Warna dominannya adalah putih, terutama bagian bawah tubuh, bagian tungkai, kaki, dan wajah.

Sifat Anjing Alaskan Malamute

Keistimewaan dari anjing alaskan malamute adalah bentuk yang mirip dengan serigala dan sifat yang bisa sangat bersahabat dengan manusia. Berikut ini adalah sifat dan kebiasaan dari anjing alaskan malamute.

1. Komunikatif

Anjing ini tidak terlalu suka menggonggong, tetapi termasuk bawel dan komunikatif. Beberapa pemilik bahkan mengajari hewan ini untuk bernyanyi.

2. Butuh teman

Alaskan malamute termasuk anjing yang terbiasa hidup berkelompok. Oleh sebab itu, anjing ini sebaiknya tidak ditinggalkan sendirian agar tidak kesepian dan kebosanan. Ketika kesepian, anjing ini suka melolong dan cukup mengganggu. Mereka butuh teman untuk bermain atau setidaknya berinteraksi.

3. Sangat Bersahabat

Anjing ini sangat bersahabat, bahkan kepada orang asing. Oleh sebab itu, alaskan malamute kurang cocok dijadikan anjing penjaga.

4. Bersemangat

Anjing ini termasuk energik dan butuh banyak gerak. Berbagai kegiatan yang membuatnya sibuk bisa membuat alaskan malamute terhindar dari penyakit dan berbagai masalah.

5. Tempat Terbuka

Anjing ini dikembangbiakkan untuk terbiasa mengangkut barang dengan jarak yang jauh. Oleh sebab itu, anjing ini butuh tempat terbuka yang cukup luas sehingga bisa bergerak aktif dengan leluasa.

6. Cerdas

Anjing ini tergolong cerdas, tetapi keras kepala. Alaskan malamute butuh pemilik yang tegas yang mampu mengarahkan. Jika tidak, anjing ini susah diatur dan melakukan berbagai hal sesuka hatinya.

Harga Anjing Alaskan Malamute

Harga anjing alaskan malamute tergantung warna, jenis kelamin, dan usia. Secara umum, alaskan malamute dengan warna abu-abu dan putih lebih mahal dibandingkan hitam dan putih. Harga anak anjing biasanya Rp8 juta, sedangkan dewasanya Rp6 juta. Sementara, anak anjing yang telah memiliki kejuaraan bisa mencapai Rp40 juta, sedangkan anjing dewasa bisa mencapai Rp30 juta.

Rekomendasi