Cara Mengubah Perilaku Manusia dalam Mengelola dan Memanfaatkan Sampah Plastik

| 06 Mar 2023 17:30
Cara Mengubah Perilaku Manusia dalam Mengelola dan Memanfaatkan Sampah Plastik
Konferensi pers (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)

ERA.id - Keberadaan sampah plastik harus diakui tidak dapat terhindarkan, hampir di setiap penjuru lingkungan sekitar kita. Sampah plastik yang menumpuk dari tahun ke tahun, perlahan menjadi masalah yang harus dituntaskan dengan kolaborasi berbagai pihak.

Di balik banyaknya kegunaan dari plastik ternyata plastik juga mempunyai dampak sangat berbahaya apabila dibuang secara sembarangan dan tidak diolah terlebih dahulu. Penggunaan plastik harus mulai dikurangi karena membawa banyak masalah bagi lingkungan.

Masyarakat yang telah terbiasa membuang sampah tanpa memilahnya terlebih dahulu, ternyata cukup sulit untuk mengubah kebiasaan tersebut. Lantas cara mengubah perilaku manusia dalam mengelola dan memanfaatkan sampah plastik?

Didi Kaspi Kasim, Editor in Chief National Geographic Indonesia membeberkan cara agar mengubah perilaku manusia dalam mengelola dan memanfaatkan plastik. Ia merasa masyarakat Indonesia harus sadar dengan pemilahan sampah.

Konferensi pers (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)
Konferensi pers (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)

"Bagaimana mengubah perilaku? Bagaimana jadi bijak keseharian, lebih baik dalam memilah. Perilaku keseharian jadi persoalan yang berjalan," kata Didi, saat ditemui Cibubur Junction, Jl Jambore, Cibubur, Jakarta Timur pada Jumat (3/3/2023).

Didi Kaspi mengatakan bahwa pemilahan sampah tidak bisa berjalan jika hanya sendiri. 

"Perbaikan-perbaikan korporasi, pada akhirnya kita melihat belum bisa semua sampah mengurai, dengan dijalankan sendiri memang nggak mampu," ujarnya.

Selain itu, para penggiat sampah harus membuat narasi yang kreatif guna mengajak orang-orang lebih peduli tentang sampah.

"Mau nggak mau butuh narasi. Buang sampah pada tempatnya narasinya sudah lama, dan harus dibuat narasi baru," ucapnya.

Rekomendasi