Dua Anak Pangeran Harry dan Meghan Markle Resmi Bergelar Pangeran dan Putri

| 11 Mar 2023 13:20
Dua Anak Pangeran Harry dan Meghan Markle Resmi Bergelar Pangeran dan Putri
Anak pangeran harry (Dok: Istimewa)

ERA.id - Dua anak Pangeran Harry dan Meghan Markle, Archie Mountbatten-Windsor dan Lilibet Mountbatten-Windsor resmi mendapat gelar baru dari kerajaan Inggris. Keduanya menyandang gelar Pangeran dan Putri yang kini sudah diperbarui di situs resmi kerajaan. 

Istana memperbarui situs web resmi keluarga kerajaan pada Kamis (9/3/2023) pagi waktu setempat. Hal ini untuk mencerminkan gelar Pangeran Archie Harrison dan Putri Lilibet Diana. Mereka sebelumnya disebut sebagai Master Archie Mountbatten-Windsor dan Miss Lilibet Mountbatten-Windsor. 

Gelar pangeran dan putri Archie dan Lili sejalan dengan preseden yang ditetapkan oleh Raja George V setelah dia mengeluarkan Paten Surat pada tahun 1917, yang menganugerahkan gelar pangeran atau putri kepada cucu laki-laki dari penguasa.

Setelah kematian Ratu Elizabeth pada bulan September, ayah Harry menjadi Raja Charles III dan sebagai cucu raja, Archie yang berusia 3 tahun dan Lili yang berusia 1 tahun diberi gelar pangeran dan putri.

“Gelar anak-anak telah menjadi hak kesulungan sejak kakek mereka menjadi raja," kata juru bicara Duke dan Duchess of Sussex dikutip People. 

“Masalah ini telah diselesaikan selama beberapa waktu sejalan dengan Istana Buckingham,” lanjutnya. 

Pangeran Harry dan Meghan pertama kali menyebut gelar kerajaan anak-anak mereka saat mengonfirmasi berita tentang pembaptisan Lili pada 3 Maret lalu di California. 

Diketahui Archie dan Lili tidak menerima gelar ketika mereka lahir lantaran mereka adalah cicit dari Ratu Elizabeth, yang kala itu masih berkuasa. 

Akan tetapi sepupu mereka, anak Pangeran William dan Kate Middleton, Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis mendapatkan gelar sebagai anak dari putra tertua Raja Charles.

Ketika Pangeran Harry dan Meghan menikah pada Mei 2018, Ratu Elizabeth memberi mereka gelar Duke dan Duchess of Sussex. Archie berhak atas "gelar kesopanan" dari Earl of Dumbarton setelah kelahirannya, tetapi pasangan itu tidak memberinya gelar kesopanan pada saat itu.

Archie nantinya bisa diberi gelar Sussex sekunder sebelum mewarisi pangkat seorang duke.

Diketahui situs web keluarga kerajaan membutuhkan waktu hampir lima minggu untuk menambahkan gelar putri untuk anak Putri Beatrice, Sienna Elizabeth, ke garis suksesi setelah kelahirannya pada September 2021.

Sementara untuk menambahkan gelar anak kedua Harry dan Meghan dibutuhkan waktu tujuh minggu setelah kelahirannya pada Juni 2021. Ketika Putri Eugenie menyambut putranya August pada Februari 2021, situs web tidak menambahkannya selama hampir dua bulan.

Rekomendasi