Gegara Penasaran dan Akses Data Pribadi RM BTS, Karyawan Kereta Api Dipecat

| 29 Mar 2023 18:25
Gegara Penasaran dan Akses Data Pribadi RM BTS, Karyawan Kereta Api Dipecat
RM BTS (instagram/rkive)

ERA.id - Korporasi Kereta Api Korea atau KORAIL, memutuskan untuk memecat karyawan yang secara lancang mengakses data pribadi RM BTS. Karyawan itu terbutki melakukan pelanggaran berat dan melanggar aturan di tempat kerja.

Menurut laporan EDaily, KORAIL memutuskan untuk memecat karyawan tersebut pada Rabu (29/3/2023). Keputusan ini sebelumnya sempat diminta dewan inspeksi untuk dilakukan penangguhan. Namun kasus ini berakhir dengan hukuman berat.

Staf bagian IT khususnya bagian backend dipecat karena melanggar tugas mempertahankan tanggung jawab mereka di tempat kerja. Ia pun meminta maaf atas perbuatannya.

"Aku hanya melihatnya karena aku penasaran. Saya merenungkan kesalahan saya," kata karyawan kereta api itu.

Kejahatan dari karyawan kereta api itu tergolong serius karena ia telah mengakses data secara konsisten selama tiga tahun sejak 2019. Mereka telah mengakses informasi sebanyak 18 kali, mencuri informasi pribadi seperti tiket dan tempat duduk, nomor telepon, alamat, dan lain-lain.

Terkadang mereka juga mengakses informasi untuk memuaskan rasa ingin tahu rekan mereka dan menyebarkannya.

Pelaku pun telah mengakui perbuatannya dan mengatakan bahwa ia mengakses data pribadi RM BTS untuk menemuinya di kehidupan nyata. Bukan hanya itu saja, pelaku juga mengaku telah memberi tahu rekannya tentang nomor kursi yang dipesan oleh RM BTS.

Rekomendasi