4 Keutamaan Zakat Fitrah dan Golongan yang Berhak Mendapatkannya

| 03 Apr 2023 22:05
4 Keutamaan Zakat Fitrah dan Golongan yang Berhak Mendapatkannya
Ilustrasi zakat fitrah (Baznas Yogyakarta)

ERA.id - Salah satu kewajiban umat Islam saat sebelum salad Id adalah zakat fitrah. Terdapat beberapa keutamaan zakat fitrah yang perlu diketahui, termasuk golongan masyarakat yang berhak mendapatkannya.

Zakat fitrah merupakan zakat wajib umat muslim untuk diberikan kepada orang-orang tidak mampu dan orang-orang yang berhak mendapatkannya. Zakat ini juga menjadi penyempurna ibadah puasa yang dijalankan selama Ramadan. Ketentuan zakat fitrah berdasarkan hadis berikut.

“Rasulullah saw. telah mewajibkan zakat fitrah sebanyak satu sha’ kurma atau gandum atas orang muslim, baik budak maupun orang biasa, laki-laki maupun wanita, anak-anak maupun orang dewasa, beliau memberitahukan membayar zakat fitrah sebelum berangkat (ke masjid) Idulfitri.” (HR Bukhari dan Muslim).

Keutamaan Zakat Fitrah

Hikmah dari zakat fitrah adalah kita sebagai umat muslim berbagi kepada sesama manusia. Selain itu, zakat tersebut juga menjadi pembersih diri dari hal-hal yang bisa mengotori pahala ibada puasa yang kita lakukan. Dikutip Era.id dari situs resmi Baznas Kalbar, berikut ini informasi lebih lengkap mengenai keutamaan zakat fitrah.

·         Membersihkan diri dan menyempurnakan puasa Ramadan

Zakat fitrah membersihkan diri dari dosa dan perbuatan keji, serta menyempurnakan ibadah puasa yang sudah dilakukan salam satu bulan pada Ramadan. Manusia tak luput dari dosa sehingga sangat mungkin masih bulan Ramadan terkotori oleh dosa, baik yang sengaja maupun tidak.

Oleh sebab itu, kita perlu membayar zakat fitrah untuk membersihkan diri dari perbuatan dosa yang kita lakukan saat Ramadan, misalnya karena berkata kotor, berdusta, hasut, iri, sombong, dan sebagainya. Zakat fitrah melengkapi kekurangan kita saat Ramadan.

·         Berbagi dengan sesama

Ilustrasi kepedulian kepada sesama (pexels)

Keutamaan zakat fitrah selanjutnya berkaitan dengan hubungan sosial. Zakat fitrah secara ikhlas menjadi bukti sederhana bahwa kita punya kepedulian terhadap sesama, terutama kaum fakir dan miskin yang sangat butuh uluran tangan.

Ini juga tidak terlepas dengan Idulfitri. Hari tersebut menjadi hari kemenangan dan hari yang penuh kebahagiaan. Hari tersebut terasa menyakitkan jika sampai ada saudara muslim kita yang masih kelaparan. Idulfitri menjadi lebih bermakna ketika kita bisa berbagi kebahagiaan dengan sesama.

·         Pengampunan dosa

Zakat yang dilakukan oleh muslim akan membuatnya diampuni oleh Allah Swt. Selain itu, salat dan zakat menjamin seorang muslim masuk surga. Hal tersebut terdapat dalam firman Allah berikut ini.

“Dan sesungguhnya Allah telah mengambil perjanjian (dari) Bani Israil dan telah Kami angkat di antara mereka orang pemimpin dan Allah berfirman, ‘Sesungguhnya aku beserta kamu, sesungguhnya jika kamu mendirikan salat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasul-Ku dan kamu bantu mereka dan kamu pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik sesungguhnya Aku akan menutupi dosa-dosamu. Dan sesungguhnya kamu akan Ku-masukkan ke dalam surga yang mengalir air di dalamnya sungai-sungai. Maka barang siapa yang kafir di antaramu sesudah itu, sesungguhnya ia telah tersesat dari jalan yang lurus’."(QS. Al-Ma’iddah: 12).

·         Mendapatkan petunjuk

Muslim yang memakmurkan masjid, mendirikan salat, dan menunaikan zakat termasuk golongan yang mendapat petunjuk dari Allah Swt.

“Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari Kemudian, serta tetap mendirikan salat, menunaikan zakat, dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. At-Taubah: 18).

Golongan Penerima Zakat Fitrah

Zakat fitrah tidak hanya diberikan kepada orang fakir dan miskin. Terdapat delapan golongan yang ditetapkan sebagai penerima (mustahiq). Berikut adalah kedelapan golongan tersebut.

1.    Fakir

2.    Miskin

3.    Amil

4.    Mualaf

5.    Budak

6.    Orang yang terlilit utang

7.    Orang yang sedang dalam jalan Allah Swt.

8.    Orang yang sedang dalam perjalanan jauh (bukan maksiat)

Itulah berbagai keutamaan zakat fitrah dan berbagai golongan yang berhak mendapatkannya. Semoga tahun ini kita bisa menyambut Idulfitri dengan kebahagiaan bersama. 

Rekomendasi