Bongkar Trik Pengobatan Ida Dayak Wanita Sakti Asal Kalimantan Timur, Pesulap Merah: Ahli Pijat Tulang Pada Umumnya

| 05 Apr 2023 15:00
Bongkar Trik Pengobatan Ida Dayak Wanita Sakti Asal Kalimantan Timur, Pesulap Merah: Ahli Pijat Tulang Pada Umumnya
Pesulap Merah dan Ida Dayak (Foto: Instagram)

ERA.id - Marcel Radhival atau lebih dikenal Pesulap Merah menanggapi viralnya sosok Ida Dayak, wanita sakti asal Kalimantan Timur. Ia bahkan membongkar trik pengobatan yang dilakukan Ida Dayak.

Sosok Ida Dayak menjadi perbincangan publik lantaran kesaktiannya yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit tanpa harus pengobatan medis. Banyak orang yang rela bertahan menunggu pengobatan tradisional dilakukan oleh Ida Dayak di Cilodong, Depok.

Dari video yang beredar luas di media sosial, Ida Dayak melakukan penyembuhan dengan ritual menari dan mengurut pasiennya. Ia juga terlihat mengoleskan minyak yang diberi nama Ida Dayak Minyak Bintang. Saat melakukan pengobatan, Ida selalu mengenakan pakaian adat dan aksesori khas suku Dayak.

Ida Dayak terlihat mengobati pasien yang bermasalah dengan tulang, seperti dislokasi hingga lumpuh. Sembari menari, Ida Dayak mengobati pasiennya.

Melalui Instagram pribadinya, Pesulap Merah membongkar kesaktian Ida Dayak yang dipercaya bisa menyembuhkan segala penyakit. Ia menegaskan bahwa Ida Dayak hanyalah ahli pijat tulang.

"Tentang IDA DAYAK, pengobatannya ya ahli pijat tulang pada umumnya, semua ahli perbaikan tulang juga memang begitu keahliannya (Contoh ahli patah tulang lainnya adalah = HAJI NAIM)," tulis Pesulap Merah, dikutip dari akun Instagram @marcelradhival1 pada Rabu (5/4/2023).

Kabarnya, minyak yang dipakai Ida Dayak sangat sakti dan bisa mengeluarkan darah kotor pasien. Akan tetapi, Pesulap Merah membantahnya dan yakin minyak yang digunakan hanya minyak urut biasa.  

"Terus kalau tentang cairan minyak yang katanya bisa ngeluarin darah kotor (*beberapa kali Ida Dayak pernah mempraktekkan) itu udah lama gw bongkar kebohongannya di ILMU MERAH (*Cek slide 2)," katanya.

Unggahan Pesulap Merah (Foto: Instagram stories)
Unggahan Pesulap Merah (Foto: Instagram stories)

"Tapi Alhamdulillah belakangan ini IDA DAYAK udah nggak pernah lagi praktekin trik itu dan lebih fokus ke keahlian membetulkan tulang yang geser/tidak sesuai tempatnya," lanjutnya.

Sebelum membongkar trik pengobatan Ida Dayak, Pesulap Merah mengungkapkan kekesalannya lantaran banyak yang mengedit dan membuat judul di konten YouTube hoaks.

"Semakin diem semakin banyak CHANNEL SAMPAH yang asal edit foto dan bikin berita se-enak jidat, di slide 1 ini adalah daftar channel YouTube SAMPAH yang tidak layak untuk dipercayai, blokir channel tersebut dari YouTubemu agar anak/keluarga tidak dapat berita hoax / salah dikemudian hari," lanjutnya.

Unggahan itu dibanjiri respon netizen. Sebagian netizen sependapat dengan Pesulap Merah. Namun sebagian netizen membela Ida Dayak yang dianggap sudah menyembuhkan pasien dengan berbagai penyakit. 

"Yang penting ibu Ida Dayak nggak nyuruh orang bayar berjuta-juta dalam pengobatannya. Ibu Ida cuma menolong orang-orang yang kesusahan yang pengen sembuh dari penyakitnya," komentar akun @fazriie_anf****.

"Awalnya gue respect ke lu Cel karena bongkar ilmu receh perdukunan, tapi kok semakin kesini gue ngelihatnya lu sendiri merasa paling hebat sendiri, yang lu anggap orang lain lebih rendah daripada lu CHUAAAKKSSSSSSS," tulis akun @maim****.

"Sayang sekali pengobatan nggak jelas malah didukung institusi negara," kata akun @ksatria*****.

"Saya dari awal juga nggak percaya dengan pengobatan-pengobatan gitu," ungkap akun @ahmed.*****.

Rekomendasi