Alasan Mengapa Kucing Berisik saat Kawin, Tidak Sekadar Mengeong Keras

| 09 Jul 2023 09:01
Alasan Mengapa Kucing Berisik saat Kawin, Tidak Sekadar Mengeong Keras
Ilustrasi kucing saat kawin (Freepik)

ERA.id - Pernahkah terganggu suara kucing yang berisik saat sedang kawin? Kucing yang sedang birahi maupun kawin akan mengeluarkan suara yang keras seperti mengerang dan berteriak. Mengapa kucing berisik saat kawin?

Suara kucing yang sedang kawin memang sangat mengganggu ketenangan. Apalagi jika sepasang sepasang hewan peliharaan ini bercinta di malam hari. Banyak cat lovers yang bertanya-tanya mengapa kucing berisik saat kawin. Kenapa kucing harus mengeong keras-keras?

Mengapa Kucing Berisik saat Kawin

Saat sedang birahi, kucing betina akan mengeluarkan suara ngeongan keras untuk memikat pejantan. Kucing jantan yang tertarik kemudian akan membalas ngeong si betina. Saat keduanya sudah mulai bersenggama, kucing akan mengeong lebih keras seperti terdengar menjerit atau sedang ribut. 

Suara kucing yang berisik saat sedang kawin keluar dari mulut kucing betina. Kucing betina menjerit karena menahan sakit saat vaginanya dimasukki oleh penis pejantan. Penis kucing jantan ditutupi dengan duri-duri keratin kecil. 

Ilustrasi kucing saat kawin (Freepik)

Adanya duri pada penis kucing berfungsi untuk merangsang ovulasi kucing betina. Selain itu, duri keratin tersebut juga berfungsi agar penis pejantan tidak terpeleset saat kawin. 

Meski penis kucing jantan berduri, tapi tidak membuat kucing betina mengalami pendarahan. Duri tersebut hanya sebagai pemicu stimulus neuroendokrin yang menyebabkan syok hormonal (LH). Hormon tersebut bekerja pada rentang 24 sampai 36 jam setelah kedua pasang kucing melakukan kawin. 

Sepasang kucing akan melakukan perkawinan dalam durasi waktu 11 menit hingga 90 menit. Kucing betina juga akan mengerang keras saat pejantan mencabut penisnya. Saat penis pejantan lepas, pupil mata si betina akan membesar.  Beberapa kucing betina bahkan bisa sampai menangis atau mengeluarkan suara lebih keras setelah kawin. 

Usai selesai bersenggama, kebanyakan kucing betina akan menyerang si pejantan dengan sikap agresif. Mereka bakal berputar kemudian menjilati bagian genitalnya selama beberapa menit. 

Demikianlah ulasan mengapa kucing berisik saat kawin. Saat kucing betina baru kawin, jangan mendekat karena mereka juga bisa agresif menyerang manusia. Kucing biasanya akan kawin setiap tahun pada musim kawinnya. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi