Kaya Mendadak Jika Memilikinya, 6 Tanaman Termahal di Dunia pada 2021 Hingga Mencapai Rp18 Miliar!

Tim Editor

Variegated Monstera (Foto: Instagram/@cyrilcybernated)

ERA.id - Banyak orang-orang kaya mendadak berkat menjual beberapa tanaman yang sedang hits dan diburu. Namun, tak semua tanaman diburu orang karena tidak unik dan harganya tergolong masih murah. Salah satu tanaman harga paling mahal adalah old pine bonsai yang dijual hingga tembus Rp18 miliar.

Selain itu, ada juga tanaman yang dibanderol ratusan hingga miliaran rupiah. Dilansir dari The Spruce, berikut 6 tanaman hias paling mahal di dunia pada 2021 hingga menembus miliaran rupiah yang wajib kamu miliki.

1.  Mature Fiddle Leaf Fig Tree (Rp1,1 juta hingga Rp4,2 juta)

Mature Fiddle Leaf Fig Tree (Foto: The Spruce)
Mature Fiddle Leaf Fig Tree (Foto: The Spruce)

Mature fiddle leaf fig tree mampu tumbuh hampir 15 meter di hutan hujan tropis hingga tiga meter dalam kondisi dalam ruangan yang tepat. Dedaunannya yang disukai oleh banyak desainer interior ini menjadi primadona dalam dekade terakhir. Permintaan mature fiddle leaf fig tree terus diminati hingga harganya menjadi naik.

Tanaman daun biola sangat sensitif terhadap kualitas udara. Mereka tidak menyukai udara kering atau angin. Tanaman ini tidak merespon dengan baik terhadap sinar matahari yang terlalu atau tidak cukup.


Memilikinya akan menjadi tantangan kecuali kamu mengetahui cara merawatnya. Pertimbangkan untuk membeli pelembab udara demi tambahan baru ini pada interior rumah demi tumbuh dengan baik.

2. Variegated Monstera (Rp9,9 juta hingga Rp71,2 juta)

Variegated Monstera (Foto: Instagram/@leaves.impression)
Variegated Monstera (Foto: Instagram/@leaves.impression)

 

Variegated monstera atau 'tanaman keju Swiss', seperti monstera deliciosa  dijual hingga 5000 USD atau Rp71,2 juta. Monstera adansoni yang langka telah terjual seharga 700 USD atau Rp9,9 juta, dan M. aurea terjual seharga 3726 USD atau Rp53 juta di situs lelang Trade Me.

Dicintai di Selandia Baru dan di bagian lain dunia, Variegated Monstera adalah salah satu tanaman paling populer di tahun 2020. Namun, tingkat perbanyakan tanaman yang lambat membuatnya sangat langka.

Ditampilkan oleh influencer media sosial yang tak terhitung jumlahnya, blogger tanaman dan vloggers, tanaman ini hadir dalam berbagai bentuk dan corak. Varietas hijau biasa dijual seharga 20 USD atau Rp284 ribu di pusat taman.

3. Hoya carnosa 'compacta' (Rp569 ratus hingga Rp92 juta)

Hoya carnosa 'compacta' (Foto: Shopee)
Hoya carnosa 'compacta' (Foto: Shopee)

Tanaman lain dengan variasi unik adalah Hoya carnosa compacta 'Hindu Rope' yang jadi tanaman hias termahal yang pernah dijual di Trade Me pada Juni 2020. Anggota situs menjualnya seharga 6500 USD atau Rp92 juta. Tanaman yang sudah dewasa memiliki warna krem atau kekuningan di bagian dalam daun.

4. Philodendron Minima (Rp712 ratus ribu hingga Rp116 juta)

Philodendron minima (Foto: Shopee)
Philodendron minima (Foto: Shopee)

 

Nama umum untuk Rhaphidophora Tetrasperma tropis adalah Philodendron Minima. Tanaman ini juga dikenal sebagai 'Mini Monstera' atau 'Piccolo.'

Ketika hasrat Selandia Baru untuk tanaman hias tumbuh, spesimen beraneka ragam yang sangat langka dijual pada Agustus 2020 seharga 8150 USD atau Rp116 juta di situs perdagangan terbesar di negara itu, Trade Me.

Apa yang membuat penjualan ini lebih mengejutkan adalah bahwa minima kecil itu hanya memiliki empat daun. Dijual sederhana dalam pot plastik hitam enam inci. Tanaman ini memang sangat langka dengan variasi kuning yang menakjubkan di setiap daunnya.

5. Shenzhen Nongke Orchid (Rp2,8 miliar)

Shenzhen Nongke Orchid (Foto: Instagram/@jo_cubano)
Shenzhen Nongke Orchid (Foto: Instagram/@jo_cubano)

 

Anggrek nongke shenzhen atau shenzhen nongke orchid adalah tanaman yang benar-benar buatan manusia. Selama delapan tahun, para ilmuwan bekerja dengan susah payah untuk membudidayakan bunga ini. Para pecinta tanaman kini memiliki tingkat kesabaran yang sama saat menanam anggrek ini, karena dibutuhkan waktu antara empat hingga lima tahun untuk mekar.

Jika sudah mekar, maka tanaman ini sangat mempesona indra dengan estetika dan aroma tertentu. Anggrek Nongke Shenzhen dilelang hingga 200000 USD atau Rp2,8 miliar.

6. Old Pine Bonsai (Rp711 ratus ribu hingga Rp18,5 miliar)

Pohon bonsai menarik perhatian pecinta tanaman yang mencari spesimen dalam ruangan yang unik. Bonsai paling mahal adalah old pine bonsai berusia berabad-abad, yang dijual seharga USD 1,3 juta atau Rp18,5 miliar di Bonsai Asia-Pasifik dan Konvensi dan Suiseki Asia Pasifik ke-11 di Takamatsu, Kagawa, Jepang.

Tag: Monstera Tanaman hias Langka tanaman termahal tanaman termahal di dunia

Bagikan: