Prospek Kerja Jurusan Biologi yang Penting untuk Disimak Calon Mahasiswa

| 10 Apr 2023 15:05
Prospek Kerja Jurusan Biologi yang Penting untuk Disimak Calon Mahasiswa
Ilustrasi dosen. (Pixabay)

ERA.id - Sebagian besar siswa yang saat ini duduk di kelas 12 SMA tentunya sudah memikirkan jurusan kuliah apa yang akan mereka ambil setelah lulus. Penentuan jurusan kuliah ini juga dipilih dengan mempertimbangkan prospek karier para alumnusnya. Salah satu jurusan kuliah tersebut adalah kurusan biologi. Jurusan biologi merupakan salah satu jurusan yang tersedia dalam fakultas MIPA dan diminati banyak orang. Lantas bagaimana prospek kerja jurusan biologi?

Prospek Kerja Jurusan Biologi

Pada umumnya, kampus di Indonesia mempunyai dua jenis jurusan Biologi, antara lain Biologi Murni dan Pendidikan Biologi. Prospek kerja atau peluang dari kedua jurusan tersebut tentunya sama-sama menjanjikan. Berikut beberapa prospek kerja jurusan biologi yang bisa Anda dapatkan:

Guru

Lulusan sarjana Biologi juga dapat menentukan karier sebagai seorang guru di SMP atau SMA. Anda dapat mengawali langkah sebagai guru honorer atau lembaga bimbingan belajar. Jika Anda mengikuti tes CPNS dan berhasil, gaji pokok dan tunjangan senilai jutaan akan menanti Anda. Namun, saingan Anda juga sangat banyak.

Dosen

Jika Anda hendak mengembangkan karir dan mendapatkan ilmu yang lebih luas lagi, Anda dapat menentukan karier sebagai dosen. Mengajar sebagai dosen di Perguruan Tinggi bisa menjadi pilihan masa depan Anda yang cukup cemerlang. Untuk meraih pencapaian ini, tentunya Anda harus melanjutkan pendidikan hingga jenjang S2 atau S3, sebab dosen dituntut menguasai wawasan yang luas. Itulah yang membuat gaji, tunjangan dan insentif profesi dosen sangat menggiurkan.

Penulis

Peluang atau prospek kerja biologi selanjutnya adalah penulis. Jika Anda senang menulis, Anda dapat memilih karier sebagai penulis artikel lepas maupun jurnal ilmiah. Anda dapat mengisi kolom tulisan di majalah sains atau penulis konten di berbagai website. Semakin berkualitas hasil tulisan, maka Anda pun berpeluang meraih penghasilan hingga jutaan rupiah.

Ilmuwan Medis

Ilustrasi ilmuwan medis. (Pixabay)

Lulusan Biologi juga dapat menjalani karir di bidang pekerjaan medis, khususnya di bidang analisis kesehatan atau biomedis. Anda juga dapat menjadi ilmuwan ahli serangga, mamalia atau burung yang dimanfaatkan untuk pemetaan penyakit yang berasal dari hewan.

Wirausaha

Anda dapat memilih karier di dunia bisnis dengan menjadi pengusaha. Tentunya tidak semua alumni jurusan Biologi akan menjadi orang yang sibuk dalam dunia medis atau penelitian. Anda dapat mengubah pandangan tersebut dengan menjadi wirausahawan. Anda tentunya tetap dapat menggunakan ilmu yang diterima selama di bangku sekolah, misalny budidaya jamur, budidaya tanaman dan lain-lain.

Ilmuwan

Lulusan sarjana biologi juga bisa menjadi seorang ilmuwan. Anda dapat menjadi seorang ilmuwan yang berkarier di lembaga milik negara maupun perusahaan swasta. Gaji yang diberikan kepada seorang ilmuwan sangatlah besar tergantung dari tugas yang diterima. Lulusan Biologi dapat menjadi ilmuwan yang bekerja di laboratorium maupun lapangan.

Teknisi Laboratorium

Ilustrasi teknisi laboratorium. (Pixabay)

Bagi Anda yang menjadi alumnus Jurusan Biologi dapat memilih karir sebagai teknisi laboratorium. Tugas seorang teknisi laboratorium yaitu menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan dalam pekerjaan di institusi pendidikan tinggi atau sekolah. Salah satu tugas laboran adalah memeriksa alat-alat laboratorium secara berkala.

Konsultan

Prospek kerja Biologi berikutnya adalah menjadi seorang konsultan, baik secara full time atau freelance. Anda dapat berkarier sebagai konsultan untuk konservasi lingkungan, atau bisa juga pada bagian research and development suatu perusahaan. Bekal ilmu yang Anda miliki akan sangat bermanfaat dalam profesi ini.

Ilmuwan Internasional

Peluang atau prospek kerja biologi dapat semakin cemerlang bagi Anda yang hendak melebarkan sayap ke tingkat internasional. Anda bisa berkesempatan menerbitkan sebuah jurnal ilmiah yang berlandaskan riset mendalam. Jika hendak menjadi ilmuwan internasional, Anda dapat mengawalinya dengan mengikuti program pertukaran pelajar, aktif menjadi mahasiswa dan sebagainya.

Demikianlah penjelasan mengenai prospek kerja jurusan biologi. Setelah mengetahui apa saja jenis pekerjaan yang akan dijalani lulusan biologi, tentunya Anda sudah memiliki perencanaan bukan?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi