Prospek Kerja Jurusan Desain Komunikasi Visual, Salah Satunya Profesi yang Didambakan Banyak Perusahaan

| 27 Jul 2023 18:06
Prospek Kerja Jurusan Desain Komunikasi Visual, Salah Satunya Profesi yang Didambakan Banyak Perusahaan
Ilustrasi (Pixabay)

ERA.id - Jurusan desain komunikasi visual atau yang biasanya disingkat DKV merupakan salah satu jurusan yang diminati oleh banyak orang. Pada umumnya, di beberapa kampus jurusan ini masuk ke dalam bagian Fakultas Seni Rupa dan Desain. Jurusan ini dapat dikatakan memiliki persaingan yang cukup tinggi karena prospek dan peluang kerja yang menjanjikan. Lantas apa saja prospek kerja jurusan desain komunikasi visual? Dirangkum dari beberapa sumber, simak 6 prospek kerja jurusan DKV di bawah ini.

Web Designer

Prospek kerja DKV yang pertama yaitu Web Designer. Pekerjaan Web Designer ini dapat dikatakan sangat populer dan banyak perusahaan yang mencarinya. Anda dapat bekerja sebagai seorang Web Designer freelancer atau karyawan kantoran yang menjadikan bidang ini sangat populer. Dengan sentuhan dari seorang Web Designer, para klien perusahaan akan mempunyai sebuah website sendiri dengan tampilan yang keren dan menarik.

Pada umumnya, kisaran gaji yang akan diberikan setiap bulannya berkisar Rp 5.000.000/per bulan, tergantung dari pengalaman kerja Anda.

Graphic Designer

Ilustrasi Desainer Grafis. (Pixabay)

Prospek kerja DKV selanjutnya yaitu Graphic Designer. Tugas Graphic Designer adalah membuat desain grafis dengan memanfaatkan aplikasi desain grafis yang ada. Pendapatan yang bisa Anda dapatkan sebagai seorang pekerja graphic designer berkisar Rp5.000.000 per bulan. Apakah Anda tertarik mencobanya?

Visual Designer

Prospek kerja DKV yang lain yaitu menjadi seorang Visual Designer. Anda yang menguasai keahlian dalam visual designer dapat memanfaatkan berbagai peluang dari kemampuan ini.

Pekerjaan Visual Designer mempunyai tugas kerja yang mirip dengan Web Designer. Hal yang membedakan adalah lingkup kerja Visual Designer yang lebih luas dari sekadar mendesain sebuah website. Sebab Anda akan bekerja untuk mendesain sebuah brand atau produk. Adapun penghasilan yang bisa Anda terima dari profesi Visual Designer adalah Rp5.000.000/per bulan. 

Illustrator

Bekerja sebagai seorang ilustrator juga berpeluang memegang berbagai peranan yang tentunya sangat penting untuk para klien.

Dengan bantuan dari seorang ilustrator, Anda akan mudah melihat ilustrasi dari sebuah rancangan yang ingin dibuat. Anda bisa menjadi ilustrator buku atau ilustrator di sebuah perusahaan media. Dengan berkarier di bidang ini, Anda bisa menerima penghasilan mulai dari Rp4.500.000 per bulannya.

Art Director

Prospek kerja DKV yang lain yaitu menjadi seorang Art Director, dimana Anda akan bekerja sebagai seorang pengarah di bidang kreatif. Anda juga dapat berkarier di banyak sekali bidang, khususnya di bidang kreatif dan industri periklanan, perfilman, hingga di bagian seni teater. Sebagai Art Director, Anda bisa menerima kisaran pendapatan sekitar Rp4.000.000 – Rp5.000.000 per bulan.

Demikianlah prospek kerja jurusan desain komunikasi visual yang bisa Anda coba. Tentunya semua peluang di atas bisa Anda pilih dengan terlebih dulu mempertimbangkan minat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi