Cara Agar Tidak Salah Pilih Jurusan Kuliah dan Menyesal di Kemudian Hari

| 17 Jan 2024 14:03
Cara Agar Tidak Salah Pilih Jurusan Kuliah dan Menyesal di Kemudian Hari
Cara agar tidak salah pilih jurusan kuliah (unsplash)

ERA.id - Memilih jurusan kuliah adalah keputusan penting yang akan membentuk jalur akademis dan karir seseorang. Untuk itu Anda atau orang tua murid harus paham betul bagaimana cara agar tidak salah pilih jurusan kuliah.

Artikel ini akan membahas berbagai tips dan pertimbangan yang dapat membantu calon mahasiswa membuat keputusan yang tepat sesuai dengan minat, bakat, dan tujuan karir mereka.

Cara Agar Tidak Salah Pilih Jurusan Kuliah

  1. Ketahui Minat Anda

Minat dan bakat setiap individu bersifat unik. Jika seseorang tidak memiliki minat dalam aktivitas tertentu seperti menonton, memasak, atau menulis, mungkin hal tersebut belum tergali saja.

Setiap orang memiliki kelebihan yang mungkin belum disadari, seperti kemampuan mendengarkan dengan baik dan memberikan saran yang berharga. Untuk itu, mengidentifikasi minat dan bakat dapat membantu menentukan pilihan jurusan yang sesuai, seperti Psikologi atau Pendidikan Guru BK.

  1. Riset Jurusan

Selain itu, riset jurusan menjadi langkah penting dalam menghindari penyesalan. Gali informasi sebanyak mungkin tentang program studi yang diminati, berkonsultasilah dengan guru BK, kakak alumni, dan baca artikel tentang jurusan.

Penting untuk menghindari dari perangkap dalam mitos dan stereotip mengenai suatu jurusan, dan cari tahu tentang mata kuliah, tantangan, dan prospek kerja di masa depan.

  1. Menyusun Rencana Masa Depan

Menyusun rencana masa depan adalah tindakan penting. Tuliskan apa yang diinginkan kedepannya, seperti memiliki bisnis pecel lele sendiri. Rencana masa depan memberikan pegangan dan membantu dalam pemilihan jurusan yang sesuai dengan tujuan tersebut.

Anda harus menyusun rencana masa depan dengan jelas (unsplash)
  1. Bicarakan dengan Ahlinya

Konsultasi dengan guru, konselor sekolah, orang tua, atau kerabat dapat memberikan pandangan yang berharga. Mereka dapat memberikan wawasan tentang kemampuan dan minat seseorang, membantu mengidentifikasi jurusan yang sesuai.

  1. Jangan Ikut-Ikutan Teman

Selain itu, hindari mengikuti tren atau terpengaruh oleh orang lain dalam memilih jurusan, tetapi fokus pada kemampuan dan minat pribadi. Jangan biarkan ego mempengaruhi keputusan, dan pertimbangkan dengan cermat sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

  1. Jangan Cuma Terpaku Jurusan Tertentu

Jangan terpaku pada satu jurusan saja dengan sikap "Pokoknya, harus Kedokteran, titik." Meskipun ambisi itu sah-sah saja, perlu diingat untuk tidak melupakan rencana B. Khususnya jika jurusan pilihan memiliki passing grade yang tinggi.

Jika menyadari bahwa jurusan di bidang Saintek dan Soshum memiliki persaingan ketat dalam UTBK, pertimbangkan untuk memiliki jurusan cadangan dengan mata kuliah yang mirip.

Misalnya, jika tidak diterima di Kedokteran, Anda bisa mencoba mendaftar di jurusan Farmasi, Biologi, atau Kimia. Jika masih belum diterima, Anda bisa mempertimbangkan jurusan lain, seperti Sastra atau Filsafat.

  1. Terbuka dengan Pandangan Lain

Selain itu, tetaplah bersikap terbuka terhadap saran orang lain. Meskipun sudah menentukan jurusan sesuai kemampuan, terkadang ada rasa penasaran terhadap jurusan lain.

Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan, dan jika ada saran dari orang lain, hargailah pendapat tersebut. Ingatlah bahwa keputusan akhir tetap menjadi hak Anda sendiri.

Selain cara agar tidak salah pilih jurusan kuliah, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi