Daftar Makanan Manusia yang Tidak Boleh Dimakan Kucing Demi Cegah Keracunan

| 16 Apr 2023 07:25
Daftar Makanan Manusia yang Tidak Boleh Dimakan Kucing Demi Cegah Keracunan
Ilustrasi kucing menunggu makanan (pexels)

ERA.id - Secara umum, kucing termasuk binatang yang suka pilih-pilih soal makanan. Namun, ada pula kucing yang mau memakan apa pun yang ada. Oleh sebab itu, Anda pelru tahu makanan manusia yang tidak boleh dimakan kucing.

Ini adalah hal yang penting sebab beberapa jenis makanan bisa berbahaya atau beracun bagi kucing. Menariknya, beberapa makanan tersebut adalah makanan yang kerap diberikan oleh manusia kepada kucing. Dirangkum Era.id dari berbagai sumber, berikut adalah rinciannya.

Berbagai Makanan Manusia yang Tidak Boleh Dimakan Kucing

·         Cokelat

Cokelat termasuk makanan yang beracun bagi kucing, bahkan bisa sebabkan beberapa masalah serius. Biasanya kucing tidak tertarik pada cokelat, tetapi berbagai makanan yang mengandung cokelat atau serpihan cokelat tetap bisa berdampak buruk bagi kucing.

Beberapa gangguan yang bisa muncul jika kucing memakan cokelat adalah sering muntah dan diare, masalah jantung, masalah tekanan darah, dan kadang dispnea.

·         Alpukat

Kucing memang karnivora, tetapi ada pula kucing yang mau memakan buah atau sayuran. Oleh sebab itu, Anda perlu mengawasi kucing Anda. Kulit alpukat mengandung persin, senyawa yang umumnya beracun bagi kucing dan anjing.

Beberapa efek yang bisa terjadi jika kucing memakan buah ini adalah muntah, diare, atau mengembangkan pankreatitis akut akibat lemak yang dikandung.

·         Tuna

Tuna adalah salah satu ikan yang biasa diberikan kepada kucing. Sebaiknya, kucing tidak sering diberi makanan ini sebab tuna tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian kucing.

Selain itu, konsumsi tuna terlalu banyak meningkatkan risiko keracunan merkuri. Anda bisa memberikan tuna sesekali dan harus dalam keadaan matang.

·         Makanan mengandung alkohol

Alkohol berbahaya bagi kucing. Jika kucing tanpa sengaja mengonsumsi alkohol atau makanan beralkohol (dan turunannya), dia bisa mengalami masalah pencernaan, masalah pernapasan, dan linglung. Keracunan alkohol bisa menyebabkan koma, bahkan kematian. Jadi, jika kucing Anda tampak keracunan alkohol, sebaiknya segera membawanya ke dokter.

·         Daging, telur, dan ikan mentah

Ilustrasi daging mentah (pexels)

Beberapa makanan mentah tersebut bisa saja mengandung bakteri E. coli dan salmonella yang bisa menyebabkan diare, muntah, dan kelesuan. Efeknya bahkan bisa bersifat fatal sehingga Anda perlu bijak terkait hal tersebut.

Putih telur mentah juga memiliki kandungan protein yang disebut avidin. Kandungan ini bisa mencegah kucing mengonsumsi vitamin B biotin dengan benar. Hal tersebut bisa menyebabkan kulit dan bulu kucing menjadi kusam.

·         Roti beragi

Terkadang kucing aman-aman saja saat memakan roti. Namun, roti tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing, yaitu protein dan lemak.

Selain itu, adonan roti mentah yang mengandung ragi tidak aman bagi kucing. Di dalam perut kucing, adonan tersebut bisa mengembang dan menyebabkan masalah pencernaan yang berbahaya.

·         Bawang putih

Bawang putih juga berbahaya bagi kucing. Bawang putih mengandung tiosulfat yang bisa menghancurkan sel darah merah dan memicu anemia hemolitik. Umumnya, kucing tidak menyukai rempah ini, tetapi Anda perlu memastikan kucing tidak mencobanya karena penasaran.

·         Anggur dan kismis

Anggur dan kismis bisa membuat kucing sakit, bahkan dalam porsi kecil. Salah satu bahaya dari makanan ini adalah risiko perkembangan gagal ginjal secara cepat. Muntah kadang bisa terjadi 12 jam setelah kucing menelan anggur atau kismis.

Tanda-tanda lain yang bisa terjadi (dalam 24 jam) adalah lesu, diare, penurunan nafsu makan, masalah pencernaan, dan buang air kecil berkurang. Muntah dan hiperaktif secara berulang menjadi tanda awal saat kucing keracunan anggur.

Itulah beberapa makanan manusia yang tidak boleh dimakan kucing. Jika Anda tidak ingin kucing Anda sakit, sebaiknya beberapa hal tersebut mulai diperhatikan. 

Rekomendasi