6 Tanda Kucing Keracunan, Segera Beri Pertolongan

| 13 Jul 2023 07:05
6 Tanda Kucing Keracunan, Segera Beri Pertolongan
Ilustrasi kucing keracunan (Freepik)

ERA.id - Pemilik anabul pastinya tidak ingin kucing kesayangannya sakit atau menderita. Salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami oleh hewan peliharaan satu ini adalah keracunan. Kondisi ini jika dibiarkan maka akan bisa mengakibatkan kucing meninggal. Untuk mengantisipasinya, cat lovers wajib tahu tanda-tanda kucing keracunan. 

Mungkin selama ini Anda sudah merawat kucing Anda dengan baik agar kesehatannya terjaga. Namun namanya kucing, hewan yang banyak tingkahnya, seringkali ada kondisi tidak terduga yang membahayakan nyawa si kucing seperti keracunan. Lantas apa tanda-tanda kucing keracunan yang perlu diketahui pemiliknya?

Tanda-Tanda Kucing Keracunan

Ada sejumlah hal yang menyebabkan kucing mengalami keracunan, yakni mengonsumsi barang atau makanan berbahaya dan ada pula yang memang sengaja diracun oleh orang jahat. Jika anabul kesayangannya menampakkan tanda-tanda keracunan, maka Anda pelru segera memberikan pertolongan.

ilustrasi kucing keracunan (Freepik)

Tanda-tanda kucing keracunan bisa bervariasi sebagai berikut ini:

Tremor dan Kejang

Kucing yang keracunan akan menunjukkan gejala tremor dan kejang, yang terkadang diserti dengan mata terbalik dan pupil membesar. Jika kucing Anda tiba-tiba kejang dan gemetar, bisa jadi karena keracunan. 

Mengeluarkan Air Liur Banyak

Tanda lain yang biasa terjadi pada kucing keracunan adalah mengeluarkan air liur berlebihan atau diluar normal. Kondisi ini terjadi karena tubuh kucing melemah sehingga tidak dapat mengontrol keluarnya air liur dari mulut. 

Muntah dan Diare

Kucing yang keracunan umumnya juga mengalami muntah dan diare. Sistem pencernaan kucing akan terluka atau bermasalah ketika ada zat beracun yang masuk ke dalam tubuh dan tidak bisa dicerna oleh lambung.

Sulit Bernapas

Kucing yang kesulitan bernapas juga bisa menjadi tanda dirinya keracunan. Sejumlah zat beracun memiliki dampak membuat saluran pernapasan kucing terganggu. 

Sering Buang Air Kecil

Reaksi lain saat kucing keracunan adalah sering buang air kecil. Jika kucing Anda kencing dengan intensitas yang sering, coba cek kondisi urinenya. Jika urinenya berwarna pekat, berbau, atau bercampur darah, maka bisa jadi tanda ia keracunan. 

Badan Membengkak

Kucing yang keracunan karena gigitan atau sengatan serangga akan menunjukkan tanda badannya yang membengkak. Pembengkakkan biasanya terjadi di sekitar perut atas dan bawah. 

Demikianlah sejumlah tanda-tanda kucing keracunan yang perlu diketahui pemilik anabul. Jika kucing Anda menunjukkan tanda-tanda di atas, maka segera berikan pertolongan dengan membawanya ke klinik hewan. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi