Apa Arti Taqabbalallahu Minna wa Minkum dan Minal Aidin Wal Faizin? Simak Penjelasan Berikut

| 18 Apr 2023 23:05
Apa Arti Taqabbalallahu Minna wa Minkum dan Minal Aidin Wal Faizin? Simak Penjelasan Berikut
Ilustrasi ucapan selamat Idulfitri (pexels)

ERA.id - Idulfitri atau Lebaran sudah di depan mata. Saat bertemu sanak saudara, orang biasanya mengucapkan “minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin”. Terkadang, ada yang melengkapinya dengan kalimat “taqabbalallahu minna wa minkum”. Sebenarnya apa arti taqabbalallahu minna wa minkum?

Selain itu, jika kita mendapatkan ucapan tersebut dari seseorang, apa yang perlu kita sampaikan sebagai jawaban? Ini adalah hal sederhana, tetapi kadang membuat kita mati kutu di hadapan orang yang mengucapkan karena tidak paham artinya.

 Ilustrasi orang silaturahmi saat Lebaran (pexels)

Memahami Arti Taqabbalallahu Minna wa Minkum

Kalimat taqabbalallahu minna wa minkum adalah kalimat berbahasa Arab. Dikutip Era.id dari situs resmi Kementerian Agama (Kemenag), arti harfiah taqabbalallahu minna wa minkum adalah 'semoga Allah menerima amalanku dan amalan kalian'.

Menurut hadis, maksud dari amalan adalah amal dan ibadah kita selama bulan Ramadan. Beberapa sahabat Nabi Muhammad saw. menambahkan frasa shiyamana wa shiyamakum yang artinya adalah 'puasaku dan puasa kalian' dalam kalimat taqabbalallahu minna wa minkum.

Jadi, ini merupakan ucapan doa yang baik bagi kita dan saudara kita saat Iduliftri. Lalu, jika kita mendapatkan ucapan tersebut dari orang lain, apa jawaban yang tepat dari kita?

Cara Menjawab Taqabbalallahu Minna wa Minkum

Jika kita mendapatkan ucapan tersebut secara online, kita bisa mencari maksud dan cara menjawabnya terlebih dahulu di internet. Namun, bagaimana jika kita mendapatkan ucapan tersebut secara langsung saat bertemu di jalan atau melakukan kunjungan silaturahmi?

Taqabbalallahu minna wa minkum merupakan doa agar amal ibadah kita diterima oleh Allah Swt. Jadi, kita bisa menjawabnya dengan ucapan yang sama dengan maksud kita memohon hal yang sama dengan lawan tutur kita.

Arti Minal Aidin Wal Faizin 

Masih terkait dengan ucapan saat Idulfitri, Anda mungkin juga bingung dengan arti dari minal aidin wal faizin. Tak jarang orang mengira arti dari kalimat ini adalah “mohon maaf lahir batin”. Ini adalah pemahaman yang salah.

Dilansir situs Diskominfo Kabupaten Bengkalis, arti harfiah dari minal aidin wal faizin adalah 'termasuk dari orang-orang yang kembali (ke fitrah) sebagai orang yang menang'.

Maksud dari “kembali ke fitrah” adalah kembali ke (ajaran) Islam atau kembali kepada kesucian. Ucapan tersebut disampaikan saat Idulfitri karena dianggap sebagai titik awal baru bagi manusia untuk menjadi pribadi yang lebih baik setelah menjalankan puasa dan ibadah-ibadah lain selama bulan Ramadan.

Bisa dibilang, arti dari minal aidin wal faizin adalah doa kepada seseorang agar menjadi orang yang lebih baik. Jadi, artinya bukanlah permohonan maaf.

Kemudian, bagaimana cara menjawab minal aidin wal faizin secara tepat? Karena ini bukan permohonan maaf, jadi Anda sebaiknya tidak menjawab dengan “Saya juga minta maaf ya”.

Minal aidin wal faizin bisa dimaknai sebagai doa agar kembali ke fitrah dan meraih kemenangan. Jadi, kita bisa menjawabnya dengan mengamini hal tersebut.

Anda tetap bisa menggunakan kalimat ini saat Idulfitri, tetapi bukan untuk menggantikan ucapan permohonan maaf kita. Jika Anda tidak tahu bahasa Arab dari “mohon maaf lahir dan batin”, Anda bisa mengucapkan itu dengan bahasa Indonesia saja. Ucapan tersebut bisa dilengkapi dengan minal aidin wal faizin dan taqabbalallahu minna wa minkum.

Rekomendasi